MANA YANG LEBIH BAGUS, LAYAR BERTEKNOLOGI IPS LCD, AMOLED DAN TFT?

MANA YANG LEBIH BAGUS, LAYAR BERTEKNOLOGI IPS LCD, AMOLED DAN TFT?
Sudah sejatinya jika semakin canggihnya sebuah smartphone ataupun tablet, maka akan semakin canggih pula layar yang dipasang pada perangkat tersebut. Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah melahirkan beberapa jenis layar. Jenis-jenis layar tersebut adalah IPS LCD, AMOLED dan juga TFT. Seberapa jauh Anda telah mengenal jenis-jenis layar tersebut, mana pula yang dianggap paling bagus. Nah oleh karena itu sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari jenis-jenis layar tersebut agar Anda tidak salah dalam membeli sebuah smartphone dengan layar yang Anda inginkan. Mari simak ulasannya dibawah ini.

MANA YANG LEBIH BAGUS, LAYAR BERTEKNOLOGI IPS LCD, AMOLED DAN TFT?

1. Layar Jenis IPS LCD

Jenis layar IPS LCD ini memang banyak Anda jumpai dalam smartphone kelas menengah ketas. Layar IPS atau lengkapnya disebut In Plane Swtiching. Jenis layar ini memiliki suatu panel teknologi LCD yang bisa menampilkan banyak perbedaan ketika dipandang mata secara normal. Layar ini juga dilengkapi teknologi yang bisa menawarkan hasil gambar yang sangat bagus dan banyak digunakan bagi orang-orang yang fotografi. Namun dibalik keunggulannya tentu ada saja kelemahannya. Layar jenis ini memiliki kelemahan dari segi konsumsi daya yang tergolong besar dan juga kecerahannya tidak bisa tampil sempurna.

2Layar AMOLED

Selain layar IPS LCD ada lagi jenis layar lain yang disebut AMOLED yang merupakan layar jenis terbaru untuk smartphone. AMOLED atau yang disebut Active Matrix Organic Light Emitting Diode adalah jenis layar yang menggunakan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode). OLED sendiri merupakan sebuah film yang sangat tipis yang terbuat dari benda padat yang juga mengandung molekul organik dan mampu menghasilkan cahaya apabila mendapat aliran listrik. Teknologi jenis OLED juga memiliki keunggulan dari segi ketajaman layar yang tergolong tinggi namun berbeda dengan IPS LCD karena OLED memiliki daya yang tergolong rendah. Layar AMOLED juga merupakan wujud transformasi dari OLED biasa yang mempu merubah setiap pixel secara langsung dan sangat efisien. Dibawah ini ada beberapa kelebihan lain dari layar jenis AMOLED ini.
  • Teknologi AMOLED memiliki pengaturan warna RGB, sehingga hasil video serta foto tampak begitu stabil.
  • Masih tetap terlihat jernih, meski digunakan saat berada dibawah sinar matahari langsung.
  • Mampu menghemat daya hingga 40%.
  • Memiliki kecerahan yang sangat tinggi.
Jika kita sudah berbicara tentang kelebihan tentu Anda harus mengetahui juga kelemahannya. Ya menurut kami saat ini hanya ada satu kelemahan dari jenis layar ini, tidak lain tidak bukan karena harga yang ditawarkan akan mahal karena layar ini merupakan teknologi baru.

3.  Layar TFT
 
Jenis layar yang terakhir adalah berjenis TFT yang merupakan kepanjangan dari Thin Film Transistor. Jenis layar ini menggunakan sebuah teknologi LCD. Keunggulan dari layar ini adalah dimana dengan menggunakan jenis layar TFT ini mampu memberikan resolusi yang cukup baik dan layar TFT juga mampu menampilkan gambar yang mengusung berjuta warna. Sama halnya dengan Layar jenis AMOLED ternyata layar TFT ini juga tergolong mahal. Hanya saja layar jenis TFT cenderung kuat dalam menyedot daya. Sehingga smartphone yang mengusung layar jenis TFT ini biasanya akan memiliki kekurangan yaitu boros baterai. 

Mungkin itulah penjelasan kami tentang tinggal jenis Layar yang saat ini telah diusung oleh smartphone kelas bawah, menengah maupun atas. Semoga bahasan kami kali ini bermanfaat bagi Anda untuk menentukan dalam membeli sebuah smartphone. Dengan demikian Anda bisa menyimpulkan sendiri mana yang menurut Anda lebih baik atau yang lebih bagus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANA YANG LEBIH BAGUS, LAYAR BERTEKNOLOGI IPS LCD, AMOLED DAN TFT?"

Post a Comment