CARA MEMAKSIMALKAN KINERJA KAMERA PONSEL

Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel tentu banyak dicari oleh para pengguna ponsel berfitur kamera. Wajar saja jika mengingat bahwa zaman sekarang memang manusia seakan tak bisa dipisahkan dengan yang namanya kamera. Apalagi cara penggunaanya dan kepraktisannya saat ini sudah benar-benar mengikuti perkembangan zaman.

Jika dulu orang-orang harus membawa kamera untuk mengabadikan berbagai momen, namun sekarang cukup dengan membawa alat komunikasi berupa handphone saja. Tak hanya itu, kini banyak smartphone yang memiliki fitur kamera yang benar-benar canggih.

Bukan lagi sebagai sebuah barang langka yang sulit didapat, kini smartphone seakan menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Era yang semakin maju ini juga seolah memicu kebiasaan manusia yang kini gemar berselfie dan mengambil gambar gambar dengan kamera tersebut. Namun masalahnya adalah kadang hasil fotonya yang diambil kurang maksimal padahal kamera tersebut termasuk kamera beresolusi tinggi.

Nah berikut ini adalah Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel.

1. Gunakan fitur Panorama Sequence 

Panodash

Di setiap smartphone canggih saat ini pasti memiliki fitur panorama. Jika memang belum ada, anda bisa menginstallnya aplikasi kamera berfitur panorama secara manual. Dengan menggunakan fitur ini, anda bisa mengambil gambar yang lebih indah dan dramatis. Caranya adalah ganti menu kamera jadi panorama mode. Lalu mulai panning dengan model yang udah siap difoto. Model lalu berpindah tempat ke arah yang berlawanan dari arah panning dan berganti gaya.

Pano Drive–By

Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel berikutnya adalah dengan menggunakan Pano Drive-By. Anda bisa nih memotret dengan panorama di dalam mobil. Perbedannya dengan Panodash adalah cara memotretnya, yaitu dengan memutar smartphone, dengan posisi kamera depan ada di bawah dan dengan kondisi kendaraan berjalan. Hasil fotonya akan terlihat sangat menarik karena bisa dilakukan sambil berjalan. Namun detil foto jadi tidak maksimal karena objek ditangkap bergerak. 

2. Bikin Bumi Kecil Pakai Photo Sphere

Pernah melihat hasil foto yang bentuk fotonya bulat seperti Bumi kecil? Foto tersebut diambil dengan menggunakan fitur yang ada di Google Camera, yaitu Photo Sphere. Mirip dengan panorama, tapi bedanya kita mesti menyatukan foto dengan rapi dan urut ke titik-titik yang muncul di layar kamera sampai bentuknya menjadi bulat atau Bumi 3 dimensi dari dalam. Setelah jadi, kita bisa mengubahnya jadi bumi kecil yang datar dengan mengubahnya jadi flat.



3. Jadikan Headset sebagai Shutter

Saat menggunakan bantuan tongsis atau stand phone, anda pasti selalu menggunakan timer bukan?. Hal itu tentu saja akan merepotkan jika pengampilan foto dilakukan berulang kali. Nah ternyata, earphone atau headset yang anda miliki adalah salah satu Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel. Mengapa begitu? Karena sebenarnya anda  bisa menjadikan earphone sebagai shutter–nya. 

Caranya adalah Buka setting aplikasi kamera bawaan, Ubah pilihan Use Volume Key as menjadi shutter, Pasang earphone, arahkan kamera ke objek foto, lalu tekan tombol di earphone.

4. Manfaatkan Gelas untuk Foto di Dalam Air

Gunakan gelas bening untuk  memotret di dalam air. Dan yang perlu diingat jika ingin  menggunakan Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel yang satu ini adalah pastikan bagian depan gelasnya bersih dari cipratan air atau debu. Hal ini bertujuan untuk menjaga titik fokus. Karena jika ada bagian yang kotor, maka fokusnya pasti akan ke bagian kotor itu tersebut.

5. Foto Makro dengan Tetesan Air

Untuk menghasilkan foto yang lebih unik, cobalah cara Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel yang ini. Ide ini memang tergolong sederhana, namun sangat menarik. Karena hasil fotonya menjadi foto makro. Jadi anda bisa memotret objek kecil seperti semut atau laba-laba secara detail dengan teknik ini. Namun yang perlu diingat adalah airnya harus setetes. Pastikan tidak lebih dari setetes, tujuannya adalah agar air tersebut tidak jatuh atau tumpah karena akan mempengaruhi hasil fotonya nanti.

5. Gunakan Fitur HDR atau HDR+

Untuk smartphone canggih terutama Android dengan kamera 13 MP sampai 20 MP ke atas jangan sepelein fitur HDR (High Dynamic Range) atau HDR+ yang ada di aplikasi kamera bawaan. Karena fitur ini adalah fitur yang dapat digunakan sebagai Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel.

Fungsinya sendiri adalah untuk mempertajam dan menampilkan detail yang seringkali miss ketika memotret dengan fungsi seperti biasa. Fitur ini membuat kontras hasil gambar maksimal. Dan fungsi utamanya adalah untuk meminimalisasi cahaya foto sebenarnya.

Subscribe to receive free email updates: