MEMPERBAIKI LAYAR SENTUH YANG RUSAK

 Mengenai urusan untuk memperbaiki layar sentuh yang rusak memang bukan hal yang mudah. Layar sentuh atau touchscreen yang rusak biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dan kebanyakan faktor penyebabnya bersal dari cara pemakaian yang kurang baik dan tidak hati-hati.

Maka sebaiknya jagalah cara pemakaian anda, karena bukan hanya layar, namun semua komponen pendukung bisa saja terkena dampak yang kurang baik jika digunakan sembarangan. Selain itu, hindari benturan-benturan yang bisa saja mengganggu fungsi dari ponsel anda.

Sebelum anda mengetahui cara memperbaiki layar sentuh yang rusak, perlu anda ketahui bahwa layar sentuh pada sebuah ponsel biasanya terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan pelindung dan lapisan dalam. Maka jika bagian luar posel terlihat pecah atau retak, belum tentu bagian dalamnya pun ikut rusak dan masih dapat digunakan. Maka lebih baik teliti dulu ponsel anda.

Nah berikut ini adalah cara memperbaiki layar sentuh yang rusak :

1. Jika layar sentuh tidak pecah dan hanya lambat merespon, cobalah cara ini. Masuk ke pengaturan – display – kemudian pilih kalibrasi, kemudian layar secara otomatis akan blank putih, itu tanda ponsel anda sedang melakukan kalibrasi.

Selanjutnya lalu klik layar yang blank putih tersebut, kemudian ikuti langkah yang terdapat pada setingan tersebut hingga kalibrasi selesai. Biasanya respon pada layar sentuh anda akan kembali normal seperti semula. Ini adalah cara memperbaiki layar sentuh yang rusak yang pertama.


2. Jika layar sentuh tidak dapat digerakkan sama sekali, cobalah anda lakukan cara memperbaiki layar sentuh yang rusak yang ini. Caranya factory reset / hard reset dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan.

Selanjutnya akan muncul perintah geser ke menu factory reset menggunakan tombol volume up atau down dan pilih menggunakan tombol power. Setelah itu anda tinggal menunggu hingga proses reset ulang selesai, dan anda bisa menggunakan layar sentuh anda lagi dengan normal.

3. Cara memperbaiki layar sentuh yang rusak yang terakhir adalah dengan mengganti komponen touchscreen yang sesuai tipe ponsel anda. Dengan begitu secara otomatis fungsi layar sentuh ponsel anda akan kembali normal.

Yang perlu diingat adalah faktor kerusakan pada ponsel tak hanya disebabkan oleh kerusakan dari dalam ponsel. Namun faktor penyebab terbesar adalah faktor dari pemiliknya sendiri. Oleh karena itu, agar ponsel anda berumur panjang, jangalah cara pemakaian anda dengan benar.

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "MEMPERBAIKI LAYAR SENTUH YANG RUSAK"

  1. Salam,mau tanya nich, bgmn cara memisahkan kalau lcd dgn layar sentuhnya lengket,layar sentuh berfungsi sebagian sj (atas). hp saya k-touch s100 titan,trims sblmx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemisahan lcd dan ts bisa menggunakan kawat khusus pemisah lcd dan ts dengan cara divacum dan dipanaskan, kemudian pemasangan kcd dan ts menggunakan lem oca, kerjaannya ribet mending ganti lcd sekalian

      Delete
  2. Gan,kalo yg factory reset,kira2 nunggunya brapa lama gan ?

    ReplyDelete
  3. Terikasih banyak sarannya. Hp A3 2017 saya sudah normal lagi yg tadinya layarnya sama sekali diam saja kalo disentuh skrg sdh normal kembali dgn menekan tombol power dan volume down secara bersamaan.

    ReplyDelete
  4. Gan apa layar touchscreen retak bikin batrai boros padahal g di pakai

    ReplyDelete
  5. Gan..apakah lcd dan touchscreen hp samsung grand duos itu serangkai ?
    Bantu jawab donk bagi yg tau 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terpisah, bisa cek diyoutube bnyk tutorial penggantian lcd

      Delete
  6. Gan saya ada tab a8 p355 with s pen, waktu s pen digunakan ada 1 area tidak bsa di tulis spen, seperti death spot gtu, tapi saya test layar sentuhnya tidak ada masalah, tapi waktu pengujian spen memang bagian yg tidak bsa disentuh spen ada tulisan dct off klo ga salah, arean death spotnya itu memanjang dari atas sampai bawah layar, tapi pakai jari bisa, hanya waktu pakai spen yg ga bsa... Kira2 apa yg harus diganti atau diperbaiki ya gan.. Makasih

    ReplyDelete
  7. touchscreen handphone samsung j8 saya tidak bisa di gunakan atau di sentuh solusinya apa ? terimakasih semga direspon

    ReplyDelete