SUDAH DICAS LAMA, BATERAI MALAH BERKURANG?


Pernah punya pengalaman tentang ponsel yang sudah dicas lama, namun baterai malah berkurang?. Tentu hal ini membuat kebingungan di benar para pengguna ponsel. Berharap handphone yang habis baterai dapt terisi, malah semakin berkurang dayanya. 

Yang harus dilakukan pertama jika mengalami hal ini adalah coba perhatikan dengan benar apakah charger telah terpasanga dengan benar. Jika sudah terpasang dengan benar namun masih tidak dapat mengisi baterai, namun malah berkurang, maka coba cas baterai ponsel anda dengan menggunakan desktop.

Setelah beberapa jam coba lihat apakah baterai terisi atau tidak. Jika baterai masih dapat terisi full seperti biasa dan ponsel pun dapat menyala hal tersebut berarti disebabkan oleh komponen ponsel bukan pada batrenya. Memang banyak komponen yang terdapat pada ponsel namun kita hanya perlu melakukan pengecekan pada komponen kenektor saja,karena dengan kasus seperti masalah pada saat pengecasan batre dan konektorlah yang berperan dalam ponsel kita.

Kita bisa melakukan pengecekan pada konektor ponsel. Konektor itu sendiri merupakan komponen penting yang terdapat dalam ponsel sebagai tempat masuk nya arus listrik pada saat melakukan pengecasan serta sebagai jalur penghubung jika ingin menggunakan kabel usb. Namun fungsi utama konektor ponsel yaitu berfungsi sebagai komponen penerima arus listrik dari charge ke ponsel kita.

Beberapa kondisi yang mungkin dapat menyebabkan konektor tidak berfungsi seperti port longgar sehingga colokan charger tidak dapat tertancap sempurna, port karatan dapat membuat arus listrik yang masuk terhambat, atau pun kondisi port yang rusak entah karena cara pencabutan yang kasar, benturan atau kemasukan air. Jika memang hal tersebut benar terjadi pada port ponsel, maka sudah bisa dipastikan bahwa penyebab sudah dicas lama, namun baterai malah berkurang terletak pada konektor ponsel anda.

Kerusakan konektor tersebut sebenarnya dapat kita hindari dengan cara berhati-hati saat akan menancapkan charger ataupun mencabutnya, karena sebagian orang menancapkan dan mencabut charger dengan cara kasar akibat terburu-buru yang nantinya hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab besar terjadinya kerusakan konektor seperti longgar hingga tidak bisa menerima arus sama sekali. 

Selain itu menjaga konektor agar tidak terkena air, kemasukan debu ataupun kotoran lainnya agar tidak merusak dan menggangu fungsi konektor itu sendiri juga perlu kita lakukan. Jika hal-hal diatas sudah kita lakukan pastinya kita bisa mencegah konektor kita rusak dan memperpanjang usia konektor ponsel itu sendiri.

Cara lain yang dapat dilakukan jika mengalami sudah dicas lama, namun baterai malah berkurang adalah dengan mengganti plugin. Cara ini selalu sukses dan telah dicoba di beberapa hp android. Untuk hp samsung bisa pengaruh dari chargernya juga. Jika masih tetap tidak bisa menyimpan silakan cek jalurnya,

Dan apabila advan T1J mengalami sudah dicas lama, namun baterai malah berkurang, dipastikan jalur vbus/ vcharge dan vbat nya tidak mengalami masalah. Jika  semua jalur bagus cobalah ganti resistor sense (biasanya besar 0,022 ohm).

Nah itulah beberapa cara mengatasi ponsel yang sudah dicas lama namun baterai malah berkurang. Selamat mencoba ya.. semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "SUDAH DICAS LAMA, BATERAI MALAH BERKURANG?"

  1. Kenapa ya.batre hp saya,saya copot,lalu saya pasang lagi.pas saya nyalakan malah berkurang.kadang malah bertambah
    Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  2. Solusi dari permasalahan diatas dapat diliat di SOLUSI BATERAI ANDROID https://youtu.be/RXekfidUCUU

    semoga dapat membantu...

    ReplyDelete
  3. Brown hp ku Di cas malah berkurang tiba2 0% udah gak bisa diisi/ mati, kerusakannya di mana bro?

    ReplyDelete