TIPS MENGATASI KAMERA NOISE


Banyak yang mencari tips mengatasi kamera noise. Memang hal ini sering terjadi pada kamera disaat anda mengambil foto dalam keadaan kurang cahaya. Dalam dunia fotografi noise adalah bintik-bintik warna palsu yang ada pada foto yang di ambil pada cahaya rendah yang disebut artefak dan bisa menurunkan kualitas foto. 

Misalnya anda mengambil gambar dibawah cahaya lampu yang redup, maka objek yang kamu foto akan dilapisi bintik-bintik warna yang membuat kualitas gambar tersebut di bagus. Dan tentu saja hal ini sangat mengganngu anda bukan. Apalagi jika momen yang ingin diabadikan tersebut tak bisa diulang kembali.

Sebelum melihat tips mengatasi kamera noise, lebih baik anda kenali lebih dulu Noise itu sendiri. Noise sering terjadi pada gambar yang di ambil pada situasi cahaya rendah. Hal ini sulit untuk di stabilkan jika kamera smartphone kamu tidak memiliki pengaturan ISO atau menggunakan ISO otomatis dimana kamera menafsirkan sendiri cahaya yang masuk ke lensa yang bekerja pada titik tertentu dan berakhir pada bintik-bintik yang tidak relevan dengan warna.

Tak sedikit dari mereka yang mengalami hal ini bertanya-tanya mengenai mengapa foto pada cahaya rendah menghasilkan noise? Dalam dunia fotografi noise tidak satu jenis saja karena situasi pengambilan gambar yang berbeda dan menghasilkan pola artefak visual yang berbeda pula. Hal ini bisa terjadi karena peran sensor terhadap objek yang sensitif dengan cahaya sekitarnya, jadi lensa menangkap sinyal dari sumber cahaya yang tidak relevan dengan warna disekitar objek. Untuk itu tips mengatasi kamera noise memang sangat diperlukan.

Dan perlu juga untuk diketahui bahwa salah satu penyebab terjadinya noise adalah tingginya piksel kamera. Ini tidak terlihat jika pengambilan gambar pada cahaya lebih, namun akan terlihat pada kondisi cahaya yang rendah.


Nah bagi anda yang mengalami hal ini, berikut ini tips mengatasi kamera noise. Diharapkan dengan tips ini akan membantu permasalahan yang tengah hadapi.

1. Yang harus anda lakukan adalah gunakan kamera sensor besar. Hal ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari noise pada foto. Sebuah kamera smartphone sensor besar biasanya juga memiliki piksel yang lebih besar dan mampu mengumpulkan banyak cahaya meski pada situasi cahaya kurang.

2.  Tips mengatasi kamera noise yang kedua adalah cari cahaya terang. Anda bisa untuk tidak memaksakan mengambil gambar pada cahaya kurang terang dan memilih untuk mengambil gambar pada cahaya terang. Dengan demikian hasil foto anda akan jauh lebih bagus.

3. Saat mengambil foto, jangan menggunakan zoom. Untuk menghasilkan gambar yang bagus, sebaiknya jangan menggunakan zoom saat pengambilan. Sebagus apapun kamera smartphone yang anda punya, menggunakan zoom akan membuat gambar tidak bagus dan kurang idah dipandang. Mengambil gambar pada cahaya redup akan menghasilkan banyak noise dan menggunakan zoom akan membuat noise lebih besar dan jelas.

4. Menggunakan filter noise juga menjadi salah satu Tips mengatasi kamera noise. Meski fitur ini kurang bekerja saat pengambilan gambar, tidak ada salahnya kamu menggunakan fitur ini untuk mengurangi noise pada foto. Setidaknya fitur ini dapat membantu anda dalam mengambil foto lebih baik.

5. Gunakan ISO sebagai Tips mengatasi kamera noise. Jika fitur kamera smartphone anda memungkinkan untuk mengatur ISO secara manual atau ada pilihan ISO, tidak ada salahnya anda mencoba menggunakan ISO, pilih nilai ISO yang kamu anggap menghasilkan gambar lebih baik. 


Dan yang harus diperhatikan juga jika kamu menggunakan ISO adalah saat memotret pastikan anda mengembalikan ISO keposisi otomatis. Karena, setelah kamu menggunakan ISO yang tinggi dalam pengambilan gambar dan kamu tidak mengembalikan ke posisi otomatis, hal ini akan menyulitkan ISO untuk kalibrasi ulang.

Nah itu tadi adalah beberapa Tips mengatasi kamera noise yang bisa anda coba dan terapkan pada smartphone kesayangan anda. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: