JENIS LENSA KAMERA TAMBAHAN UNTUK SMARTPHONE


Dengan segala kemajuan teknologi yang ada, kini fungsi smartphone tak hanya sebatas alat komunikasi saja. Jenis lensa kamera tambahan untuk smartphone juga menjadi suatu hal yang kini mendukung kerja berbagai kerja smartphone.

Seperti yang kita ketahui bahwa kini banyak smartphone yang telah dilengkapi kamera dengan resolusi yang tinggi. Jadi hasil dari kamera smartphone tersebut tak kalah dengan kamera DSLR. Apalagi saat ini kamera di smartphone merupakan salah satu penarik yang cukup berpengaruh penjualan smartphone. Maka tak heran jika banyak produsen smartphone yang berlomba menyematkan kamera dengan resolusi tinggi di produk terbaru mereka.

Untuk kamu yang belum puas dengan hasil kamera smartphone yang kamu punya, berikut ini adalah beberapa jenis lensa kamera tambahan untuk smartphone yang perlu kamu ketahui.

1. Lensa Macro


Jenis lensa kamera tambahan untuk smartphone yang pertama adalah Lensa Macro. Sebenarnya lensa macro bukan jenis lensa yang asing bagi penggemar fotografi. Lensa ini berfungsi untuk mengambil objek yang berbentuk kecil namun dengan detail yang tinggi.

Tak hanya itu, Lensa macro juga berfungsi untuk memberikan fokus dalam objek yang sangat dekat dengan lensa kamera. Lensa ini sangat cocok digunakan untuk mengambil foto objek-objek yang berbentuk kecil, seperti serangga. Sehingga akan memberikan hasil tangkapan gambar yang detail.

2. Lensa Fish Eye


Jenis lensa kamera tambahan untuk smartphone yang berikutnya adalah Lensa fish eye. Lensa Fish Eye adalah lensa wide angle (sudut lebar) berbentuk cembung yang bisa menangkap objek foto dengan sudut 180 derajat dan memiliki titik kedalaman (depth of field) yang hampir tidak terbatas.

Dan sesuai dengan arti namanya sendiri yang berarti “mata ikan”, lensa ini memberikan efek yang unik pada foto yang dihasilkan yaitu efek bulat sama seperti pandangan mata ikan. Karena menghasilkan foto yang berbentuk melingkar, lensa fish eye akan membuat objek foto seolah-olah seperti hidup dalam gelembung. Lensa ini sebelumnya sudah booming di tengah-tengah para penggemar selfie.

3. Lensa Wide


Bisa dibayangkan dari namanya, lensa ini bisa mencakup sudut gambar yang luas. Sehingga salah satu dari jenis lensa kamera tambahan untuk smartphone ini bisa memasukkan area yang luas dalam satu bidang foto.

Karena pada dasarnya lensa ini bisa menjangkau area yang lebar. Sesuai fungsinya, lensa ini sangat cocok digunakan untuk memotret foto pemandangan atau landscape. Pada penggunaan dan penjualannya, lensa wide sendiri biasanya disatukan dengan lensa macro.

4. Lensa Telephoto/Tele

Jenis lensa kamera tambahan untuk smartphone yang terakhir adalah Lensa Telephoto atau Tele. Lensa ini berfungsi untuk memotret objek berjarah jauh agar hasil foto tidak blur dan berkualitas tinggi. Lensa tele sendiri sering juga disebut lensa zoom. Fungsi utamanya adalah untuk mendapatkan fokus yang maksimal saat mengabadikan objek yang jangkauannya berada cukup jauh dari kamera. Lensa ini berbentuk teropong yang cukup panjang dengan kemampuan zoom yang bermacam-macam, mulai dari 8 kali zoom hingga 20 kali zoom. Meski dizoom sedemikian rupa, dijamin hasilnya tidak akan pecah dan blur.

Subscribe to receive free email updates: