APLIKASI BENCHMARK (UJI KINERJA ANDROID) TERBAIK 2016

Sudah pernah mendengar istilah Benchmark?. Aplikasi benchmark (uji kinerja Android) terbaik 2016 adalah aplikasi yang berfungsinya untuk menguji performa hardware yang ada smartphone. Awalnya, aplikasi ini hanya digunakan untuk PC saja, namun seiring dengan perkembangan zaman maka aplikasi ini mulai bisa digunakan untuk smartphone.

Dalam smartphone aplikasi ini berguna untuk menguji performa hardware seperti prosesor, GPU, RAM, storage, layar, baterai, dan lain sebagainya. Dengan kata lain aplikasi ini sangat bermanfaat untuk menguji kinerja android secara keseluruhannya. 

Nah dibawah ini adalah beberapa Aplikasi benchmark (uji kinerja Android) terbaik 2016 yang bisa anda coba di smartphone kesayangan anda.

1. GFXBench

Aplikasi benchmark (uji kinerja Android) terbaik 2016 yang pertama adalah GFXBench. Di dalam aplikasi ini terdapat sepuluh jenis pengujian grafis termasuk pengujian baterai. Pengujian grafis yang ditawarkan GFXBench pun patut diacungi jempol serta dilengkapi beragam pilihan resolusi. Output yang dihasilkan dari aplikasi ini bukan berupa skor, namun angka frame per second yang biasa dijadikan tolok ukur kelancaran saat menjalankan game.

2. GeekBench

GeekBench adalah Aplikasi benchmark (uji kinerja Android) terbaik 2016 yang berikutnya. Aplikasi ini berfungsi untuk mengukur kinerja prosesor. Metode pengujian pada aplikasi ini pun terbagi dua, yakni pengujian kinerja prosesor single-core dan multi-core. Yang lebih menarik perhatian adalah GeekBench juga menawarkan mode Stress Test untuk menguji ketahanan dan kestabilan smartphone saat menjalankan beban komputasi sangat berat. Benar-benar aplikasi yang sangat bagus ya.

3. AnTuTu Benchmark


Aplikasi benchmark (uji kinerja Android) terbaik 2016 sekaligus yang paling populer ini bernama AnTuTu Benchmark. Dengan aplikasi ini anda bisa mengukur performa hardware secara detail, terutama untuk mengukur kemampuan prosesor. Output yang dihasilkan dari aplikasi AnTuTu Bencmark ini berupa angka atau skor dan bisa langsung dibandingkan antar smartphone. Maka anda bisa mengetahui sebatas mana performa ponsel anda.

4. 3DMark for Android

Aplikasi benchmark (uji kinerja Android) terbaik 2016 yang keempay adalah 3DMark for Android. Adanya kata “3D” dalam aplikasi ini sudah dapat menggambarkan bahwa aplikasi ini dirancang secara khusus untuk menguji performa GPU smartphone dalam mengolah grafis. 
Ukuran aplikasi Benchmark ini tergolong cukup besar yaitu hingga mencapai 235 MB. Namun ukuran yang demikian rasanya terbayarkan dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Di dalam 3DMark for Android ini ada tujuh scene pengujian grafis 3D dengan visual yang sangat menarik. Namun aplikasi ini hanya dirancang untuk smartphone menengah ke atas saja dengan OS Android 4.0 dan RAM 1 GB ke atas.

5. PCMark for Android

Aplikasi benchmark (uji kinerja Android) terbaik 2016 yang terakhir ada PCMark for Android. Sama seperti aplikasi benchmark lainnya, aplikasi ini juga masih berfungsi untuk menguji kinerja Android. Namun yang membedakan aplikasi ini dengan yang lainnya adalah PCMark for Android menggunakan pengujian yang dirancang mirip dengan penggunaan sehari-hari, contohnya seperti membuka foto, video, browser, hingga aplikasi office. Dengan demikian, menurut beberapa pendapat bahwa aplikasi bisa memberikan hasil pengujian yang lebih relevan. Tak hanya performa, namun PCMark for Android juga menyediakan pengujian ketahanan baterai di dalamnya.

Nah itulah ulasan mengenai Aplikasi benchmark (uji kinerja Android) terbaik 2016 yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat menguji kinerja Android anda ya. Sampai berjumpa di ulasan yang berikutnya.

Subscribe to receive free email updates: