CARA MEMBUAT ANDROID MENJADI REMOTE TV DAN AC

Cara membuat Android menjadi remote TV dan AC bukanlah perkara yang sulit. Di era yang semakin maju ini, tentunya akan ada sejumlah pembaruan yang akan kita temuui. Salah satunya adalah perkembangan yang pesat di dunia smartphone. Bahkan kini smartphone banyak menggantikan beberapa alat yang kita butuhkan. Salah satunya adalah remote.

Terkadang kita lupa menaruh remote TV dan AC, sehingga kesulitan untuk dapat mengoperasikan TV dan AC. Dengan kemajuan teknologi yang ada, Android kini dapat menjelma menjadi remote serbaguna yang dapat membantu pekerjaan kita.

Sebenarnya beberapa smartphone sudah ada yang dibekali dengan fitur remote untuk beberapa perangkat elektronik seperti DVD, TV, Sound system bahkan AC, salah satunya adalah Sony Xperia Z2. Nah Cara membuat Android menjadi remote TV dan AC di smartphone tersebut dapat menggunakan bantuan WiFi, bluetooth atau infrared. 

Namun bagi anda pemilik smartphone android yang belum dibekali oleh fitur remote ini jangan berkecil hati, karena anda bisa mengubah Android menjadi remote TV atau AC dengan menggunakan Aplikasi sejenis yang bisa anda dapatkan gratis di google play store. Bahkan saking dahsyatnya, beberapa brand perangkat elektronik sudah menyediakan software yang bisa menghubungkan smartphone android anda ke perangkat elektronik buatan mereka.

Nah untuk anda yang ingin tahu Cara membuat Android menjadi remote TV dan AC dengan bantuan aplikasi bisa melihat caranya seperti yang ada di bawah ini. Salah satunya aplikasi yang dapat digunakan adalah IR Remote. Ini dia ulasannya.

  • Cara membuat Android menjadi remote TV dan AC menggunakan aplikasi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah ambil dan Instal aplikasi IR Remote di google play store melalui smartphone android anda.
  • Kemudian tunggu sampai proses selesai dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Jika berhasil, maka Anda akan menemui beberapa menu, pilih IR Database dan kemudian pilih brand atau merek Televisi anda. Misalnya Panasonic, atau LG.
  • Cara membuat Android menjadi remote TV dan AC yang selanjutnya adalah anda akan dibawa pada sebuah interface layaknya sebuah remote TV.
  • Melalui interface atau antarmuka tersebut anda bisa mengganti chanel TV atapun mengubah volume suaranya.
Selain IR Remote, ada juga aplikasi Samsung IR-Universal Remote. Menariknya aplikasi buatan Power7 ini tidak hanya bisa digunakan untuk remote TV saja melainkan beberapa perangkat elektronik seperti AC, DVD player, media player, xbox 360, hifi dan masih banyak lainya. 

Untuk aplikasi Samsung IR-Universal Remote sendiri tersedia dalam dua pilihan yakni yang gratis dan berbayar. Aplikasi ini menggunakan infraRed sebagai koneksinya. Interface yang disediakan Samsung IR-Universal Remote akan menyesuaikan dari tipe produk perangkat elektronik. Aplikasi remote yang satu ini berukuran 1,9 mb dan sudah kompatibel dengan OS Android 2.2 ke atas. Jadi anda bisa memilih untuk menggunakan yang mana.

Tak hanya itu, ada juga aplikasi LG TV Remote yang bisa mengubah android menjadi remote TV. Namun aplikasi remote yang dikembangkan oleh LG Electronic ini menggunakan wifi untuk koneksinya. Dan aplikasi ini juga hanya bisa digunakan pada Smart TV saja. Aplikasi remote kontrol yang satu ini berukuran 10 mb dan juga kompatibel dengan sistem operasi Android versi 2.2 ke atas.

Itulah Cara membuat Android menjadi remote TV dan AC dengan bantuan aplikasi yang bisa kami sampaikan. Anda sudah menjatuhkan pilihan ke aplikasi yang mana? Selamat memilih dan selamat mencoba ya,,

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "CARA MEMBUAT ANDROID MENJADI REMOTE TV DAN AC"