MANA YANG LEBIH BAGUS DI ANTARA SEMUA JENIS RESOLUSI?

Mana yang lebih bagus di antara semua jenis resolusi?. Mungkin pertanyaan ini adalah pertanyaan yang mudah bagian orang. Karena jelas jawabannya adalah yang lebih bagus adalah yang jumlah pixelnya lebih banyak. Sederhana memang jawaban tersebut.

Nah mengapa demikian?. Memang semakin banyak pixel yang terdapat pada layar, maka akan semakin terlihat tajam pula gambar yang akan ditampilkan. Dan sebaliknya, apabila jumlah pixel pada layar ternyata lebih sedikit, maka dapat dipastikan pula bahwa layar akan nampak kurang cantik, kurang tajam dan jika dilihat lebih dekat akan terlihat jelas kotak-kotak pixelnya.

Seperti yang sudah dibahas pada ulasan sebelumnya mengenai beberapa jenis resolusi pada smartphone, maka mana yang lebih bagus di antara semua jenis resolusi pun semakin mudah diketahui. Jelas QHD adalah resolusi yang paling tajam gambarnya.

Namun perlu juga diingat bahwa resolusi layar yang terlalu tajam pada layar dengan ukuran kecil malah tidak bagus juga. Mengapa demikian? Hal ini karena kemampuan mata normal manusia yang terbatas. Kemampuan mata manusia hanya bisa melihat pada resolusi atau kepadatan pixel sekitar 300 pixel per inch (pada jarak pandang tertentu).

Setelah membahas mengenai mana yang lebih bagus di antara semua jenis resolusi, perlu anda ketahui juga bahwa semakin tajam resolusi pada layar, maka akan semakin tinggi pula biaya produksinya. Maka tak heran jika smartphone dengan resolusi layar yang tinggi dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi juga.

Salah satu keunggulan layar yang memiliki resolusi tinggi adalah ketika anda memainkan sebuah game ataupun melihat gambar, foto ataupun video, maka resolusi layar yang lebih tajam akan memberikan sudut pandang yang lebih luas. Hal ini disebabkan oleh karena layar memiliki jumlah pixel yang lebih banyak, sehingga bisa “menampung lebih banyak objek” di dalamnya. 

Maka dari itu dengan mengetahui Mana yang lebih bagus di antara semua jenis resolusi dan mendapatkan resolusi layar yang tinggi, maka anda akan mendapatkan keuntungan lebih ketika bermain game karena anda dapat melihat konten dengan sudut pandang yang lebih luas.

Namun untuk memilih resolusi yang terlalu tajam ada hal yang menjadi bahan pertimbangan. Yaitu untuk penggunaan sehari-hari sepertinya resolusi layar yang terlalu tajam akan sedikit tidak terlalu berguna. Karena tidak mungkin kan aktivitas anda pada smartphone hanya seputar bermain game saja. 

Mana yang lebih bagus di antara semua jenis resolusi, jelas sudah jawabannya. Namun resolusi layar yang lebih tajam juga akan membuat ponsel anda cepat kehabisan daya. Karena memang resolusi yang demikian akan membutuhkan suplai daya yang lebih tinggi, sehingga jelas, ketajaman layar yang berlebihan hanya akan membuat perangkat jadi lebih boros baterai.

Maka dari itu sebaiknya pilihlah resolusi smartphone dengan ukuran yang memang dibutuhkan dan tidak terlalu tajam.Untuk itu sebaiknya anda perhatikan ukuran layar berbanding resolusi layar,. Maka hasilnya anda akan mendapatkan kepadatan pixel (ppi / pixel per inch) dari layar tersebut.


Berikut ini adalah contohnya untuk menentukan mana yang lebih bagus di antara semua jenis resolusi :
  • Ukuran layar 4.6 inch, resolusi 1280 x 720 pixel (HD) = 319 ppi (ideal)
  • Ukuran layar 4.6 inch, resolusi 1920 x 1080 pixel (FHD) = 478 ppi (berlebihan)
  • Ukuran layar 5.5 inch, resolusi 1280 x 720 pixel (HD) = 267 ppi (cukup, meski agak kurang)
  • Ukuran layar 5.5 inch, resolusi 1920 x 1080 pixel (FHD) = 401 ppi (lebih dari cukup)
  • Ukuran layar 5.5 inch, resolusi 2560 x 1440 pixel (QHD) = 534 ppi (sangat berlebihan)
Demikianlah ulasan mengenai Mana yang lebih bagus di antara semua jenis resolusi, semoga bisa menambah pengetahuan dan informasi anda mengenai ketajaman layar ya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: