MEMBEDAKAN HEADSET, HEADPHONE, EARPHONE, DAN HANDSFREE

Salah satu aksesoris untuk smartphone adalah perangkat yang digunakan sebagai alat bantu dengar. Dan ulasan kita kali ini adalah mengenai membedakan headset, headphone, earphone, dan handsfree. Karena pada umumnya orang-orang yang menggunakannya terutama yang awam dengan masalah ini selalu menyebutkan semuanya dengan kata headset.

Padahal dari segi bentuk dan desain serta kelengkapannya, keempat aksesoris tersebut memiliki perbedaan. Memang benda ini sudah sangat familiar di kehidupan sehari-hari. Tidak hanya bisa digunakan pada gadget, namun aksesoris ini juga bisa digunakan pada PC atau juga televisi canggih yang sudah mendukung fitur ini.

Nah langsung saja ya, dibawah ini adalah cara membedakan headset, headphone, earphone, dan handsfree. Dan disini kami akan menjelaskan secara satu per satu. Silahkan lihat ulasannya berikut ini.

1. Headphone

Yang pertama ada yang namanya Headphone. Sebenarnya dari segi desain dan bentuknya, headphone hampir mirip bahkan nyaris sama dengan headset. Hanya saja headphone tidak memiliki perangkat input (mikrofon) seperti halnya headset. Dan ini yang membedakan headset, headphone, earphone, dan handsfree. 

Desain yang menarik, membuat headphone mulai banyak digemari oleh para pengguna gadget. Pernah melihat orang jogging dengan menggunakan headphone di telinganya. Kelihatannya asik juga ya.

2. Headset


Selanjutnya ada Headset. Headset ini merupakan perangkat audio dimana dua device digabung menjadi satu. Yaitu perangkat input (mikrofon/microphone) dan perangkat output (speaker). Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa dari segi bentuk headset tidak berbeda jauh dengan headphone. Hanya yang membedakannya adalah pada headset terdapat mikrophone yang bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Fungsi dari speaker yang hampir menutupi atau bahkan menutupi telinga pemakainya ini adalah agar suara yang dihasilkan terdengar lebih maksimal. Dari segi penggunaan, headset lebih sering dipasangkan dengan PC ketimbang gadget seperti smartphone. Dan biasanya headset digunakan untuk video chat, video call, conference, skype dll. Dan satu lagi yang membedakan headset, headphone, earphone, dan handsfree adalah headset biasanya menggunakan 2 buah jack ukuran 3,5mm yang dihubungkan dengan soundcard di PC. Jack pertama sebagai input (mikrofon), dan jack satunya sabagai output (speaker). Dan kini headset juga ada yang memanfaatkan koneksi bluetooth dan ada pula yang menggunakan USB dengan soundcard yang terintegrasi di dalamnya.

3. Handsfree


Kemudian ada Handsfree, handsfree adalah earphone dengan tambahan beberapa alat tertentu, seperti mikrofon dan tombol fungsi. Untuk penampakannya, handsfree hampir sama dengan earphone. Yang membedakan headset, headphone, earphone, dan handsfree adalah handsfree selain bentuknya lebih kecil juga terdapat sebuah mikrophone di salah satu sisi kabelnya.

Tombol fungsi yang ada pada handsfree berguna untuk menerima atau memutus panggilan, dial beberapa nomor panggilan terakhir, memainkan atau menghentikan pemutar media, dan beberapa tipe tertentu menyediakan tombol audio seperti play, pause, next, prev dan stop. Biasanya handsfree diberikan secara cuma-cuma dan satu paket dengan smartphone. 

4. Earphone


Dan yang terakhir adalah earphone. Seperti yang sudah diungkapkan tadi jika earphone hampir sama dengan handsfree, Bentuknya yang kecil membuat aksesoris ini  lebih mudah dibawa. Dan yang membedakan headset, headphone, earphone, dan handsfree adalah earphone tidak memiliki tombol fungsi seperti handsfree.Aksesoris ini biasanya lebih disertakan dalam paket penjualan perangkat-perangkat pemutar musik ataupun video portable (MP3/MP4 player). Karena memang earphone tidak bisa dipakai untuk kepentingan panggilan atau kegiatan menelepon.

Subscribe to receive free email updates: