MEMBEDAKAN USB TIPE-A, TIPE-B, DAN TIPE-C

Jika dulu anda hanya mengenal satu istilah untuk USB, kini USB terdiri dari bermacam-macam tipe. Dan kami akan memberikan informasi terkait membedakan USB Tipe-A, Tipe-B, dan Tipe-C. Sebenarnya istilah Universal Serial Bus (USB) bukan istilah baru lagi dalam dunia teknologi. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini USB sudah mendapatkan berbagai pembaruan. SAlah satunya adalah hadir dalam beberapa tipe.

Jika dulu USB hanya digunakan untuk berhubungan langsung dengan perangkat PC atau laptop, kini USB bisa langsung terhubungan dengan smartphone dengan bantuan OTG (On The Go). Dan anda mungkin sudah mulai mendengar istilah USB Tipe-A, Tipe-B, dan Tipe-C.

Membedakan USB Tipe-A, Tipe-B, dan Tipe-C sebenarnya tidaklah sulit. Hanya bentuk dan tempat digunakannya saja yang berbeda. Pada dasarnya fungsinya tepat sama. Akhir-akhir ini juga mungkin anda sudah banyak mendengar tentang USB tipe-C. Namun untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. USB Tipe A


Yang pertama adalah USB Tipe A. USB tipe ini sebenarnya menjadi tipe yang sudah lama dan paling sering anda jumpai. Sebab USB tipe A ini digunakan di berbagai perangkat PC yang anda gunakan, seperti USB Flashdrive, USB extender, USB Modem, USB Hub, dan masih banyak lagi. Membedakan USB Tipe-A, Tipe-B, dan Tipe-C adalah USB Tipe A menjadi standar USB yang digunakan pada perangkat PC saat ini.

Hingga saat ini, USB tipe-A telah sampai pada versi 3.0 yang menjanjikan transfer data yang cepat. Namun walau demkian pernyataannya, sampai sekarang USB 2.0 adalah USB yang paling banyak digunakan dan ditemui karena telah menjadi standar bagi perangkat komputer.

2. USB tipe-B


Kemudian ada USB tipe-B. Membedakan USB Tipe-A, Tipe-B, dan Tipe-C adalah USB tipe ini merupakan varian dari USB dipergunakan pada peripheral komputer, seperti pada Printer dan Scanner. Akan tetapi USB tipe-B juga bisa anda jumpai di beberapa smartphone yang biasa anda gunakan saat ini.

Selain jenis yang sering digunakan untuk jembatan penghubung komputer, USB tipe ini juga memiliki varian lain, yaitu MicroUSB 3.0. Varian lain USB Tipe B ini mempunyai dua kepala yang berbeda. Sebagai contoh dari jenis ini adalah anda bisa temukan di HardDisk Eksternal.

3. USB tipe-C

Tipe USB yang terakhir adalah USB Tipe C. USB Tipe ini adalah tipe USB yang sedang ramai diperbincangkan dan jenis terbaru dari USB. Membedakan USB Tipe-A, Tipe-B, dan Tipe-C ini adalah USB Tipe C memiliki keunggulan yaitu mampu digunakan secara bolak-balik. Artinya, anda tidak harus memikirkan bagaimana posisi port USB-nya. 

Jika smarphone anda menggunakan USB tipe B maka tentunya anda harus memasukan USB yang sesuai dengan port USB yang tersedia di ponsel anda tersebut. Namun berbeda dengan USB tipe-C, dengan USB tipe ini anda bisa memasukannya secara bebas tanpa harus menyesuaikan dengan port yang ada. Mengapa demikian? Hal itu karena USB tipe-C dibekali oleh sebuah sirkuit khusus yang akan memberitahukan jalur mana yang harus ditempuh.

Selain dapat bebas menggunakannya, kelebihan lain dari USB tipe-C ini adalah desainnya yang ramping. Meski ramping, USB tipe-C merangkum semua kemampuan port pada perangkat komputer, seperti menjadi jalur input/output data, jalur charging baterai, jalur penghubung display ke monitor lain, dan banyak lagi. Hal ini juga yang membedakan USB Tipe-A, Tipe-B, dan Tipe-C. 

Nah itulah cara Membedakan USB Tipe-A, Tipe-B, dan Tipe-C yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat ya dan sampai berjumpa lagi di ulasan berikutnya.

Subscribe to receive free email updates: