CARA GAMPANG MEMPERBAIKI LAYAR ANDROID

Cara gampang memperbaiki layar Android kini banyak dicari oleh netizen. Karena memang mengingat saat ini semakin banyak pengguna smartphone di semua penjuru dunia. Dan tak menutup kemungkinan jika anda bisa saja mengalami kerusakan pada layar smartphone anda.

Dengan berpusatnya segala kegiatan pada layar smartphone, tentu membuat salah satu komponen penting dalam smartphone ini menjadi sangat rentan terkena kerusakan. Maka sebaiknya anda perlu memberi perhatian lebih serta perlu menjaga layar ponsel anda. Terlebih lagi jika smartphone anda menggunakan layar touchscreen.

Banyak, yang mengatakan bahwa saat Touchscreen tidak berfungsi walaupun sudah menyentuhnya berulang kali, kerusakannya terletak di LCD. Ternyata kerusakan Touchscreen hanya berpengaruh pada layar bagian atas saja, bukan pada bagian LCD didalamnya, karena sifatnya kedua komponen ini terpisah.

Untuk itu, dibawah ini adalah cara gampang memperbaiki layar Android yang bisa anda coba sendiri pada smartphone anda.
  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah buka penutup baterai dan bautnya, kemudian buka casing dan pisahkan dari mesinnya.
  2. Selanjutnya adalah pada saat mesin/PCB sudah dipisahkan dengan casing, maka Anda akan melihat layar LCD terdapat 2 lapisan. Nah lapisan paling atas itu merupakan bagian Touchscreen yang berfungsi ketika disentuh, maka bagian atas penutup layar ini adalah penyebab kerusakannya.
  3. Cara gampang memperbaiki layar Android yang ketiga adalah Anda tidak boleh langsung mencabut kaca touchsreen ini begitu saja, karena pada bagian bawah ada flexible yang terhubung dengan flexible LCD dan itu disolder. Untuk itu Anda harus membuka solder tersebut baru kemudian menggantinya. Sebaiknya lakukan ini dengan sangat hati-hati.
  4. Kemudian jika anda sudah berhasil mencabutnya, maka Anda bisa menggantinya dengan Touchscreen yang baru. Sebagai informasi bahwa harga kisaran Touchscreen tersebut lebih murah dari harga LCD. Jika Anda akan membelinya, sebaiknya bawa Touchscreen yang rusak sebagai contoh.
  5. Langkah selanjutnya, pasang Touchscreen kembali, dan dilas menggunakan solder
  6. Cara gampang memperbaiki layar Android yang berikutnya adalah perlu diingat bahwa jangan langsung memasang kembali casing dan semua bautnya. Namun akan lebih baik jika anda mencobanya dengan posisi tanpa casing terlebih dahulu,. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah touchscreen sudah berfungsi dengan baik.
  7. Jika sudah berfungsi dengan baik, yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah membuat settingan calibration layar agar bisa berfungsi dengan baik. Settingan Calibration ini ada di menu settingan-calibration dan ikuti tanda tanda silang dilayarnya. jika calibration masih failed, maka anda harus mengecek kembali pemasangannya.
Nah itulah beberapa langkah sebagai Cara gampang memperbaiki layar Android. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di ulasan yang berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "CARA GAMPANG MEMPERBAIKI LAYAR ANDROID"

  1. Eh lo udah bener belom hapenya? Hape gue baru kena nih. S7edge juga horizontal gitu garisnya lol

    ReplyDelete