CARA MEMILIH EARPHONE YANG BAGUS

Ulasan menarik kali ini adalah mengenai cara memilih earphone yang bagus. Earphone adalah salah satu aksesoris gadget yang populer di kalangan pengguna smartphone. Dengan bantuan earphone anda bisa mendengarkan musik tanpa menimbulkan kebisingan di sekitar anda. Dengan earphone juga anda bisa mendengarkan audio dengan lebih jelas dan jernih.

Dalam memilih sebuah earphone, tidak hanya material yang harus diperhatikan banyak hal lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Misalnya kejernihan dan kejelasan suara yang dihasilkan, kenyamanan, dan lain sebagainya.

Untuk itu, agar mendapatkan earphone yang berkualitas, mari simak ulasan tentang cara memilih earphone yang bagus yang ada dibawah ini.

1.  Beli Earphone Sesuai Kebutuhan dan Aktivitas

Hal yang pertama adalah sebaiknya beli earphone yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas anda. Karena saat ini earphone sudah mulai banyak muncul sesuai dengan aktivitas yang anda lakukan atau dengan kata lain menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Selain itu, sebaiknya hindari memilih earphone dengan kabel yang terlalu panjang jika anda melakukan aktivitas yang menuntut anda bergerak lebih banyak misalnya olahraga. Karena kabel yang terlalu panjang akan membuat ruang gerak anda terbatas.

2. Jangan Terlalu Berpatokan Pada Harga

Cara memilih earphone yang bagus yang berikutnya adalah sebaiknya jangan terlalau berpatokan pada harga. Apa artinya? Nah anda pasti berpikir bahwa barang yang mahal selalu berkualitas baik. Memang pernyataan seperti itu bisa saja berlaku pada suatu barang tertentu. Mungkin dari segi bahan akan memiliki kualitas yang sangat baik. Namun hal itu saja tidak cukup dalam memilih earphone.

Sebaiknya anda lebih memprioritaskan kualitas suara yang baik. Karena memang fungsi sebenarnya adalah sebagai alat untuk mendengarkan suara. Ada banyak kasus earphone mahal yang justru memiliki kualitas suara sama dengan earphone standar pada umumnya.

3. Pilih Earphone Dengan Kualitas Suara Yang Baik
Nah sama seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa sebaiknya pilih earphone dengan kualitas suara yang baik bukan dari desain yang indah. Dan lagi-lagi harga tidak selalu menjadi jaminan. Harga mahal belum tentu berarti earphone tersebut nyaman anda gunakan. Untuk apa membeli earphone dengan harga tinggi, namun suara yang dihasilkan justru dalam kualitas yang jelek. Ini juga merupakan cara memilih earphone yang bagus.

Seperti yang telah diketahui bahwa format musik digital yang paling populer dan sering digunakan adalah mp3. Mp3 memberikan beragam variasi bitrate untuk mengatur seberapa bagus suara yang dihasilkan, berbanding lurus dengan ukuran file (lossy). Jika anda punya earphone dengan harga jutaan rupiah namun mendengarkan mp3 dengan bitrate yang kecil, maka semua fitur keren yang dimiliki oleh earphone tersebut sama sekali tidak berguna.

4.  Jangan Tertipu Dengan Produk Abal-Abal


Cara memilih earphone yang bagus adalah jangan mudah tertipu dengan produk abal-abal. Jangan salah, harga yang tinggi di pasaran juga belum tentu menyajikan produk asli. Ada banyak sekali kasus yang muncul ketika seseorang membeli sebuah produk earphone dengan harga tinggi melalui toko online namun akhirnya mendapatkan produk palsu. Produk abal-abal tersebut biasanya mencatut merek-merek paling terkenal dengan kualitas packaging yang tidak kalah bagus dengan aslinya.

Biasanya produk yang sering dipalsukan adalah merk terkenal seperti Apple dan Beats Audi yang memang mudah untuk ditemui di pasaran dalam bentuk yang bermacam-macam, dengan tingkatan kualitas KW yang variatif. Dan sebaiknya anda lebih cermat dalam memilih

5. Earphone dengan Noice-Cancelling Tidak Selalu Bagus

Cara memilih earphone yang bagus yang terakhir adalah dengan menekankan bahwa earphone dengan noice-cancelling tidak selalu bagus. Meski istilah tersebut terdengar sangat bagus, namun ternyata noice-cancelling terkenal karena dapat menurunkan kualitas audio dan menghilangkan beberapa detil dari lagu. Selain itu, fiturnya yang dapat menghilangkan suara sekitar akan sangat berbahaya jika digunakan saat berkendara karena akan menurunkan tingkat waspada dan reflek. Jadi fitur ini tidak terlalu banyak berguna bagi anda.

Subscribe to receive free email updates: