FUNGSI TOMBOL POWER YANG PERLU ANDA KETAHUI

Tombol power juga merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah smartphone. Ada beberapa fungsi tombol power yang perlu anda ketahui. Karena sebenarnya tombol ini memiliki banyak fungsi yang pastinya akan membantu anda dalam beberapa pengoperasian.

Sama seperti namanya, fungsi utama tombol ini adalah sebagai media untuk menyalakan ataupun mematikan sebuah ponsel. Namun dibalik fungsi utamanya tersebut ada pula beberapa fungsi lainnya yang tak kalah pentingnya. Dan ini dapat dikatakan masih jarang diketahui oleh orang awam.

Dan berikut ini adalah beberapa fungsi tombol power yang perlu anda ketahui.

1. Menyalakan dan Mematikan Layar

Fungsi utama yang tentunya sudah diketahui oleh semua orang adalah untuk menyalakan dan mematikan layar ponsel. Untuk melakukannya, anda cukup perlu  menekan dan menahan tombol Power selama sekitar 3 detik. Cara ini merupakan cara termudah untuk dilakukan.

2. Mengambil Screenshot

Fungsi tombol power yang perlu anda ketahui yang kedua adalah untuk mengambil screenshot. Screenshot atau kegiatan mengambil tampilan layar di Android biasanya menggunakan kombinasi antara tombol Power dengan tombol lain. Rata-rata cara screenshot pada Android yang tidak dibekali tombol fisik Home menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume. Sementara jika memiliki tombol fisik Home seperti Samsung, adalah dengan kombinasi tombol Power dan tombol Home. Caranya tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan dalam beberapa detik, maka anda dapat mengambil screenshot dengan sangat mudah.

3. Mengunci Layar Android

Fungsi berikutnya adalah untuk mengunci layar android. Jika tidak ingin memasang kunci layar secara otomatis ataupun tak ingin menunggu lama agar layar ponsel cepat terkunci, anda bisa langsung menekan tombol power dengan satu kali tekan untuk dapat menguncinya.

4. Safe Mode

Fungsi tombol power yang perlu anda ketahui yang keempat adalah untuk masuk ke Safe Mode. Dengan masuk Safe Mode nantinya anda bisa membuat Android kesayangan anda berjalan lebih ringan dan lancar. Safe Mode juga bisa digunakan untuk menghapus virus di Android.

Pada kebanyakan Android, anda bisa masuk Safe Mode dengan cara menekan tombol Power dalam keadaan mati, lalu menekan tombol Volume atas dan bawah secara bergantian. Namun semuanya bergantung pada masing-masing perangkat Android yang anda punya.


5.  Mengakhiri Panggilan

Untuk mengakhiri panggilan adalah fungsi yang berikutnya. Jika sebelumnya anda biasa melakukan panggilan telepon, maka kali ini anda bisa mengakhiri panggilan telepon dengan menekan tombol Power dengan sedikit melakukan pengaturan di Android kamu. Caranya adalah dengan masuk menu Settings - Accessibility. Lalu cari opsi Power Button to Ends Call.

6. Airplane Mode

Untuk masuk ke Airplane Mode dengan mudah adalah salah satu fungsi tombol power yang perlu anda ketahui. Dengan menekan dan menahan tombol Power selama 3 detik, anda tak hanya bisa mematikan smartphone, tapi juga bisa masuk ke Airplane Mode. Jika anda tidak ingin menggunakan fungsi tombol Power untuk masuk Airplane Mode, maka anda bisa masuk lewat Quick Setting.

7. Recovery Mode

Anda sudah mengenal Recovery Mode?. Recovery Mode adalah sebuah mode spesial yang menyediakan banyak pilihan yang rata-rata pengguna lain tidak ketahui. Untuk masuk Recovery Mode, anda biasanya harus menekan tombol kombinasi antara tombol Power dan Volume atas, atau tombol Power + Volume atas + tombol Home. Tapi semuanya tergantung kombinasi dari masing-masing perangkat. Terkadang berbeda merk, berbeda pula cara mengoperasikannya.

Dengan Recovery Mode, anda dapat menghapus semua data, membersihkan cache, serta dapat juga menjalankan update dari Android Debug Bridge. Jika anda ingin menginstal Custom ROM, anda harus mengganti Recovery Mode bawaan dengan Custom Recovery terlebih dahulu.

8. Ambil Mode

Fungsi tombol power yang perlu anda ketahui yang terakhir adalah Ambil Mode. Mode ini biasanya dimiliki oleh perangkat Samsung dan digunakan untuk melakukan segala hal yang berkaitan dengan layanan software yang dimiliki oleh perangkat android. Ambil Mode dapat digunakan untuk melakukan restore sistem jika terjadi kerusakan yang disebabkan oleh software.

Untuk masuk Ambil Mode ini pada perangkat Samsung adalah dengan cara menekan tombol Power + tombol Home + Volume atas bersamaan dalam keadaan smartphone mati. Apabila berhasil maka akan muncul icon robot Android yang menunjukan beragam menu, yang sekaligus mengartikan bahwa anda telah sukses masuk Ambil Mode.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FUNGSI TOMBOL POWER YANG PERLU ANDA KETAHUI"

Post a Comment