INGIN MELINDUNGI SMARTPHONE ANDA DARI ANCAMAN HACKING, INI CARANYA

Jika anda ingin melindungi smartphone anda dari ancaman hacking, ini caranya yang bisa anda lakukan. Di ulasan sebelumnya kita sudah membahas masalah ini. Sebagai informasi bahwa Hacking akan sangat merugikan dan berbahaya bagi anda. Mengapa begitu? Hal ini karena nantinya anda bisa saja akan kehilangan data, akun dan berbagai hal penting dalam smartphone anda.

Untuk itu sebaiknya anda lebih meningkatkan kewaspadaan akan hal ini. Karena Tanpa kita sadar bahwa terkadang para peretas tersebut bisa dengan mudah mengotak-atik data anda yang tersimpan pada smartphone misalnya akun yang terhubung ke bank, file penting, dan lain sebagainya.

Untuk itu jika anda ingin melindungi smartphone anda dari ancaman hacking, ini caranya yang lain yang mungkin bisa membantu anda. Berikut ulasannya.

1. Gunakan security lock

Yang pertama adalah Android memiliki beberapa pilihan pengaman pada lock-screen. Dengan memanfaatkan fitur ini anda bisa mendapatkan perlindungan yang lebih ketat pada smartphone anda. Dan sebaiknya segera gunakan dan aktifkan fitur ini jika ingin memberikan proteksi yang lebih pada smartphone kesayangan anda.

2. Baca user review sebelum memasang aplikasi

Apabila anda ingin melindungi smartphone anda dari ancaman hacking, ini caranya yang kedua. Silahkan baca user review sebelum memasang aplikasi pada smartphone anda. Karena banyak pengguna yang mengabaikan review atau komentar pengguna lain sebelum memasang aplikasi dari Google Play Store. Padahal hal ini bisa menjadi salah satu acuan dalam memasang suatu aplikasi. Atau dengan kata lain, dengan memperhatikan berbagai komentar dari pengguna lain, setidaknya bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebelum memasang aplikasi tersebut.

3. App Permissions

Jika ingin melindungi smartphone anda dari ancaman hacking, ini caranya yang selanjutnya. Perlu anda ketahui bahwa tidak semua aplikasi yang ada di Google Play Store aman digunakan oleh smartphone anda. Jika tidak teliti dan berhati-hati, maka ancaman dari aplikasi berbahaya tersebut bisa saja mengincar data penting anda.

Maka dari itu, sebaiknya baca dengan teliti app permissions yang ada sebelum proses instalasi dimulai. Apabila aplikasi tersebut meminta terlalu banyak permissions yang tidak diperlukan, maka lebih baik hindari dan cari aplikasi alternatif lain yang lebih aman digunakan.

4. Hapus internet history


Ingin melindungi smartphone anda dari ancaman hacking, ini caranya yang keempat. Sebaiknya pastikan untuk secara rutin menghapus internet history serta membersihkan cookies dan cache yang tersimpan setelah melakukan aktivitas browsing. Jika anda tidak menghapusnya, maka anda bisa saja memberi jalan bagi para hacker untuk meretas ponsel anda..

5. Gunakan VPN

VPN merupakan pilihan yang cukup bagus. Mengapa dikatakan demikian?. Karena tak hanya mampu memblokir akses ke suatu situs, namun juga melindungi ponsel saat sedang menggunakan WiFi di tempat umum. Banyak aplikasi VPN di Google Play Store seperti Hideninja VPN atau SuperVPN yang bisa anda gunakan.

6. Tambahkan aplikasi proteksi

Jika ingin melindungi smartphone anda dari ancaman hacking, ini caranya yang keenam. Sebaiknya anda menambahkan aplikasi proteksi pada smartphone anda. Karena dengan menambahkan aplikasi keamanan atau antivirus tentunya tingkat keamanan pada smartphone anda menjadi lebih tinggi.

Ada beberapa aplikasi gratis yang cukup bagus di Google Play Store. Namun perlu diingat bahwa, jangan lupa untuk memperhatikan rating yang dimilikinya. Hal ini berguna untuk menghindari hal-hal yang tadi sudah dijelaskan.

7 . Hindari menyimpan file penting di ponsel

Bagi anda yang ingin melindungi smartphone anda dari ancaman hacking, ini caranya yang terakhir. Sebisa mungkin anda menghindari untuk menyimpan file penting di ponsel. Karena hal ini berpotensi besar kehilangan data apabila ponsel anda di-hack. Apabila hal ini tidak bisa dihindari, maka gunakan aplikasi perlindungan pihak ketiga untuk mengunci file atau folder penting tersebut. Salah satu aplikasi yang cukup populer dalam menangani masalah ini adalah Folder Lock.

Subscribe to receive free email updates: