Cara Flashing Pada Samasung Galaxy S7 Dan S7 Edge

Cara Flashing Pada Samasung Galaxy S7 Dan S7 Edge - Samsung Galaxy S7 dan S7 edge merupakan salah satu smartphone terbaik dari keluaran Samsung, walau saudaranya sendiri Galaxy Note 7 mengalami gagal produk tapi tidak dengan Samsung Galaxy S7 ini. Namun walau tidak mengalami gagal produk seperti Galaxy Note 7 tetapi smartphone kelas atas ini juga bisa mengalami masalah.

Banyak masalah yang bisa menghampiri Samsung Galaxy S7 dan S7 edge dan harus di flashing seperti kinerjanya sangat lambat, banyak pesan error muncul pada notifikasi, bootloop dan atau brick. Nah untuk mengatasi permasalahan tersebut memang baiknya di flashing.

Lalu bagaimana caranya? nah jika sobat ragu untuk melakukan flashing sendiri mungkin sobat bisa membawa smartphone kesayangan anda tersebut ke tempat servis resmi Samsung atau ke konter smartphone terpercaya anda.  Dan jika kalian merasa mampu dan biasa melakukan flashing maka kalian bisa flashing sendiri.

Untuk melakukan flashing sendiri maka kalian harus mempersiapkan beberapa bahan dan perlatan. Di bawah ini beberapa bahan dan peralatan yang harus kamu siapkan namun kami tidak menyediakan link untuk bahan jadi sobat cari sendiri di google, jadi kami hanya sekedar memberikan caranya saja ya sob.


1. Komputer atau Laptop (Rekomendasi kami gunakan Laptop full baterai)
2. Kabel USB yang Original
2. Aplikasi ODIN (search Google), untuk flashing yang sudah terinstall di smartphone kamu.
3. Silahkan ambil firmware Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge (search Google).
4. Baterai harus diatas 50%

Setelah semuanya siap mari kita lanjut ke cara pengerjaannya. Berikut caranya :

1. Silahkan kalian instal terlebih dahulu USB Driver dan aplikasi ODIN di PC anda
2. Extract file firmware Samsung Galaxy S7 anda (sesuai buid number). Untuk mengecek build number silahkan buka Setting-About-Build. Jika smartphone kamu dalam keadaan bootlop atau unbrick maka kalian bisa melihat build number pada dus smartphone kamu.
3. Buka aplikasi ODIN dengan klik kanan Run As Administrator
4. Pilih lah menu AP lalu arahkan ke firmware (format .md5) dan selanjutnya lihat gambar dibawah ini


5. Selanjutnya matikan smartphone anda. Lalu tekan tombol volume down+home dan power secara bersamaan.
6. Silahkan koneksi smartphone anda via kabel usb ke PC anda. Pastikan device tersebut terkoneksi dengan indikasi ID:COM akan berubah warna, jika tidak ada perubahan warna kemungkinan ada masalah pada PC atau kabel usb anda.
7. Namun jika sudah terkoneksi dengan baik selanjutnya kalian tinggal flashing dengan menekan tombol start.
8. Tunggu sampai terdepat tulisan Done dan butuh beberapa menit untuk booting pertama perkiraan 5-10 menit jadi jangan panik ya.
9. Selesai.

Nah itulah cara flashing pada Samsung Galaxy S7 dan S7 edge. Sedikit catatan tambahan dari kami, yang pertama jangan otak-atik pengaturan dari software ODIN cukup gunakan pengaturan defaultnya saja. Selanjutnya pastikan firmware yang kamu ambil benar-benar firmware sesuai dalam hal ini firmware S7 dan S7 edge, dan terakhir jangan sampai kalian melepas kabel USB saat proses flashing berlangsung karena ditakutkan akan terjadi kerusakan lebih parah lagi.

Subscribe to receive free email updates: