CARA MEMPERBAIKI HP OPPO TIBA-TIBA MATI

Setiap ponsel maupun perangkat lainnya tentu bisa saja mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada ponsel adalah tiba-tiba mati. Permasalahan semacam ini tentu saja akan membuat panik penggunanya. Apalagi jika ponsel tersebut tiba-tiba mati tanpa sebab. Nah untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini sebagai contoh kami akan memberikan beberapa cara guna memperbaiki hp Oppo tiba-tiba mati.

1. Lepaskan Casing atau Pelindung Ponsel.

Apabila ponsel kamu menggunakan casing atau pelindung ponsel, maka cobalah untuk melepasnya. Karena mungkin tombol daya tertekan oleh casing hp kamu.

2. Periksa Kartu SIM dan Kartu SD.

Hal yang perlu kamu lakukan saat hp mu tiba-tiba mati adalah memeriksa kartu SIM dan Kartu SD.
  • Keluarkan kartu SIM , lakukan pemeriksaan kerusakan atau karat, kemudian masukkan kembali kartu dan lihat apakah tetap ada masalah.
  • Lepaskan kartu SD, mungkin kartu SD Anda mendapatkan virus yang tak Anda ketahui dan virus tersebutlah yang menyebabkan kerusakan pada ponsel Anda.
2. Periksa Suhu Lingkungan.

Desain pada OPPO memang dapat mengalami gangguan jika terpapar suhu ekstrem (panas dan dingin). Oleh karena itu perhatikan juga suhu lingkungan sekitar Anda sangat dingin atau sangat panas sehingga dapat menyebabkan hp tiba-tiba mati atau restart sendiri.

3. Periksa pengaturan ponsel

Perlu Anda ketahui bahwa OPPO sudah menyajikan fitur pada ColorOS 3.2 keatas dimana terdapat pengaturan tambahan untuk menyetel hidup/mati otomatis. Nah bisa jadi Anda tanpa sadar telah mengaktifkan fitur Daya Otomatis Mati.

Untuk ColorOS 5.0 caranya buka Pengaturan+Pengaturan Tambahan+Hidup/Mati Otomatis+Mati Daya Pra-Atur.

Sedangkan untuk ColorOS 3.2 buka juga Pengaturan+Pengaturan Tamabahan+Prasetel Hidup/Mati Perangkat+Mati Daya Pra-Atur.

4.Periksa dan isi daya baterai

Silahkan Anda charger baterai Anda dengan daya sampai 30 menit lalu selanjutnya Anda restart paksa ponsel Anda dan lihat apakah masalah ini masih berlanjut. Jika masih berlanjut Anda bisa melepas baterai Anda dan perhatikan kondisi baterai kalian apakah sudah aus atau usang. Jika terjadi demikian maka sebaiknya Anda mengganti baterai OPPO Anda. Anda bisa menghubungi OPPO Service Center.

Selain keempat cara diatas mungkin Anda bisa juga mencoba untuk membersihkan cache dan data sampah yang sudah menguasai RAM Anda selain itu kalian juga bisa cek status perbarui ColorOS Anda ke versi yang lebih baru. Dan terakhir kami juga saran kepada Anda untuk tidak menginstall aplikasi asal-asal bisa jadi aplikasi yang terakhir Anda instal jadi penyebabnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya sob.

Comments