CARA MENYALAKAN HP OPPO YANG MATI TOTAL

CARA MENYALAKAN HP OPPO YANG MATI TOTAL
Mati total adalah salah satu permasalahan yang sering menyerang smartphone. Tak peduli smartphone tersebut merupakan smartphone mahal atau murah, permasalahan ini bisa saja menyerang. Hal semacam ini tentu saja menjadi hal yang paling ditakuti oleh para pengguna smartphone.

Mati total sendiri merupakan sebuah kondisi dimana perangkat elektronik mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa menyala seperti semestinya. Kondisi ini dapat dibagi menjadi dua yaitu hard brick dan soft brick. Hard brick adalah kondisi perangkat yang rusak tidak menampakkan tanda-tanda kehidupannya. Sedangkan soft brick merupakan kondisi dimana ponsel masih menunjukkan tanda-tanda kehidupan seperti bootloop.

Penyebab hp Oppo kamu mati total bisa dari kerusakan fisik (hardware) maupun kerusakan perangkat lunak (software). Beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut :

1. Gagal Update, Flashing, atau Root.

Gagal update, flashing, atau root juga bisa menjadi masalah besar, karena bisa menjadi penyebab perangkat OPPO mati total. Kesalahan ini biasanya dipicu karena perangkat tidak bisa menyelesaikan prosesnya. Sebagai contohnya, kerusakan ini bisa terjadi karena baterai habis saat proses update firmware (meski melalui Over The Air (OTA), atau kabel data yang tercabut saat proses flashing atau rooting.

2. Malware.

Walaupun tidak secara langsung menyerang hardware, malware atau sejenisnya bisa menyebabkan kerusakan software atau firmware, sehingga menyebabkan perangkat OPPO menjadi mati total.

CARA MENYALAKAN HP OPPO YANG MATI TOTAL

Secara umum, malware biasa diciptakan untuk menyerang bagian tertentu dari sistem. Saat sistem rusak, maka perangkat akan berjalan secara tidak normal atau bahkan hanya akan melakukan booting secara berulang-ulang (bootloop).

Namun kabar baiknya, kesalahan sistem seperti ini biasanya hanya akan menyebabkan perangkat mengalami soft brick. Artinya, pengguna OPPO bisa mengatasinya dengan recovery maupun flashing ulang.

3. Kesalahan Firmware, Proses Flashing atau Proses Rooting.

Berbeda dengan kegagalan proses rooting maupun flashing, menggunakan firmware atau metode yang salah bisa berakibat lebih fatal. Yang mana, kesalahan seperti ini bisa menyebabkan perangkat OPPO mengalami hard brick.

4. Kerusakan Komponen

Dan penyebab mati total yang terakhir bisa saja karena adanya kerusakan pada komponen seperti eMMC. Untuk hal ini nampaknya solusi yang paling tepat adalah dengan membawanya pada ahli perbaikan smartphone.

CARA MENYALAKAN HP OPPO YANG MATI TOTAL

Berikut ini adalah cara menyalakan hp Oppo yang bootloop ringan melalui Recovery.

  1. Tekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan dalam kondisi mati untuk masuk ke modus Recovery.
  2. Kemudian kamu bisa melakukan navigasi dengan tombol volume untuk memilih menu yang ada.
  3. Pilih menu Wipe Data and Cache untuk mereset smartphone.
  4. Jika sudah, silahkan pilih Yes dalam layar konfirmasi.
  5. Tunggu hingga proses reset selesai.
Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan metode flash atau install ulang.
  1. Download lebih dahulu flashtool dan drivernya.
  2. Silahkan buka flashtool dan pilih scatter loading.
  3. Kemudian pilih tempat rom yang tadi didownload.
  4. Apabila hp kamu berada di recovery mode, silahkan pilih turn off, lepaskan baterai dan koneksikan hp ke PC tanpa baterai.
  5. Jika hp bergetar, silahkan anda tekan volume down + power secara bersama-sama. Dengan begitu, maka proses flashing akan dimulai.
  6. Jika sudah, maka proses selesai.
Demikianlah ulasan kami tentang cara menyalakan hp Oppo yang mati total. Semoga dapat membantu permasalahan ponsel kamu ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENYALAKAN HP OPPO YANG MATI TOTAL"

Post a Comment