CARA MEMPERBAIKI HANDSFREE MATI SEBELAH

Handsfree, headset, headphone, dan earphone merupakan aksesoris handphone yang banyak digunakan para pengguna smartphone. Keempat aksesoris tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mendengarkan suara atau musik, namun yang membedakan adalah apakah bisa dipakai untuk komunikasi atau tidak dan bentuk dari keempat aksesoris tersebut.

Namun kali ini kami tidak akan membahas lebih jauh mengenai perbedaan dari handsfree dan saudara-saudaranya itu, tapi kami akan membahas mengenai bagaimana cara memperbaiki handsfree mati sebelah. Karena permasalahan semacam ini kerap kali ditemui. Jika anda mengalami hal semacam ini, jangan buru-buru dibuangnya handsfreenya, tapi coba perbaiki dulu dengan beberapa cara yang akan kami berikan dibawah ini. Yuk simak ulasan lengkapnya.

Cara Memperbaiki Handsfree Mati Sebelah Karena Speaker Rusak.

Penyebab matinya handsfree bisa saja karena speaker yang rusak. Mungkin karena jatuh, terlalu sering dipakai, atau berbagai penyebab lainnya. Untuk memperbaikinya, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Lepaskan Kepala Speaker

Pertama lepaskan dulu kepala speaker handsfree dengan membongkar plastik penutupnya. Pastikan tidak merusaknya karena nantinya anda akan menutupnya kembali. Kemudian, cek bagian dalam speaker handsfree, apakah ada bagian ujung kabel yang terputus atau tidak tersambung pada chip speaker handsfree.


2. Solder Bagian Terputus

Apabila ada, maka anda harus menyolder kabel terputus tersebut dengan sedikit timah agar dapat tersambung kembali. Hati-hati saat proses menyolder, jangan sampai terkena bagian yang lainnya. Kemudian tunggu hingga timah mengering dan pastikan kabel terhubung. Kemudian tutup kembali handsfree lalu coba putar audio kembali apakah sudah terdengar dengan baik.

Cara Memperbaiki Handsfree Mati Sebelah Karena Kabel.

Jika handsfree yang anda miliki ada kabelnya, maka coba cek juga bagian kabel. Apakah ada bagian kabel yang terkelupas atau terputus. Untuk memperbaikinya, berikut caranya :

1. Cek Posisi Kerusakan

Pertama coba sambungkan handsfree ke smartphone. Lalu putar musik atau yang lainnya untuk mengecek suara. Kemudian raba atau lekukkan kabel dari ujung colokan handsfree hingga mendekati telinga. Jika terdengar suara saat anda meraba bagian tertentu, maka kemungkinan dibagian tersebut kabel handsfree terputus. Namun jika bagian kabel memang sudah terbuka atau terkelupas, cara ini tidak perlu anda lakukan.


2. Gunting Permukaan Handsfree

Apabila anda sudah menemukan posisi kerusakan, gunting bagian permukaan luar handsfree, kira-kira memanjang 5 cm dari bagian yang rusak. Hati-hati saat mengguntingnya, jangan sampai memutuskan kabel bagian dalam. Jika sudah, akan terlihat 3 atau 4 jaringan kabel dengan berbagai warna yang lebih kecil dibagian dalamnya. Lalu carilah kabel yang putus diantara kabel-kabel tersebut.

3. Sambung Kabel Dengan Selotip

Kemudian sambungkan bagian kabel yang terputus dengan kabel yang berwarna sama menggunakan selotip. Jangan sampai mengenai kabel lainnya karena dapat berakibat merusak jaringan di dalam handsfree tersebut. Jika sudah, coba kembali handsfree apakah sudah kembali berfungsi dengan baik.

Nah mudah bukan untuk memperbaikinya, selamat mencoba ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMPERBAIKI HANDSFREE MATI SEBELAH"

Post a Comment