CARA MEMPERBAIKI TOMBOL KEYPAD YANG TIDAK BERFUNGSI

Ulasan kita kali ini adalah mengenai cara memperbaiki tombol keypad yang tidak berfungsi. Meski kini pengguna ponsel sudah banyak yang memilih ponsel dengan layar sentuh, namun tak sedikit pula pengguna ponsel yang memilikih untuk tetap setia dengan ponsel keypadnya. Karena disamping memang belum bisa menggunakan ponsel touchscreen, namun juga karena masih nyaman menggunakan ponsel yang menggunakan keypad.

Jika anda mengalami tombol keypad anda tidak berfungsi, sebenarnya cara untuk memperbaikinya bisa dikatakan gampang-gampang susah. Mengapa begitu? Hal ini karena penyebab macetnya tombol itu pun beragam. Nah saran dari kami adalah sebaiknya anda cek lebih dahulu apakah penyebab sebenarnya, agar anda mengetahui langkah apa yang harus diambil. 

Nah sebelum mengetahui cara memperbaiki tombol keypad yang tidak berfungsi, berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab macetnya tombol ponsel anda.
  • Pemakaian yang sudah lama
  • Terjatuh ke dataran yang keras.
  • Adanya virus atau sistem aplikasi yang crash/ rusak.
  • Sering dipakai untuk bermain game, atau terlalu sering dipencet.
  • Terhimpit atau terjepit saat dimasukkan saku celana.
  • Terkena debu atau kotoran
  • Terlalu penuh memori HP
Itulah beberapa penyebab macetnya tombol ponsel, nah jika anda sudah mengetahui apa yang menyebabkan hal itu terjadi, berikut ini adalah cara memperbaiki tombol keypad yang tidak berfungsi. Apa saja langkahnya? Yuk kita simak penjelasannya.
  1. Jika keypad dipencet tidak muncul huruf (karakter) atau hanya beberapa yang berfungsi. Masalah ini bisa terjadi apabila tombol on off pada keypad berkarat, ada kotoran, dan ada jalur yang putus dibagian keypad. 
  2. cara memperbaiki tombol keypad yang tidak berfungsi karena hal diatas adalah sebaiknya bongkar casingnya.
  3. Jika sudah, kemudian ambil isolator keypad (yang biasanya terbuat dari karet atau plastik). 
  4. Selanjutnya dibawah isolator tersebut terdapat conector dari seng yang berfungsi sebagai saklar (tombol tekan) sehingga saat kita menekan tombol maka conector tadi akan terhubung dan jika dilepas akan terputus. 
  5. cara memperbaiki tombol keypad yang tidak berfungsi yang selanjutnya adalah pada bagian conector tadi kita buka pelan-pelan agar tidak sobek, dan perlu diingat jangan sampai konektor dari seng tadi hilang atau bergeser. 
  6. Kemudia bersihkan bagian kuningan dibawah bulatan seng penghubung tadi dengan kuas, berikan tinner A agar lebih bersih lalu keringkan. 
  7. Dan jika di bulatan seng tadi ada yang berkarat bersihkan juga bagian itu. 
  8. Jika sudah, cara memperbaiki tombol keypad yang tidak berfungsi yang berikutnya adalah uji coba sebelum di pasang casing. 
  9. Bila sudah berhasil pasang kembali casing, yang penting adalah jangan sampai bulatan seng bergeser.
  10. Jika bergeser maka tata lagi sambil dihidupkan.
Akan tetapi apabila ponsel anda sering mengalami kemacetan tombol, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh memori penuh, virus, atau kerusakan program. Maka sebaiknya kita lakukan reset ulang terlebih dahulu. Berikut ini cara memperbaiki tombol keypad yang tidak berfungsi karena hal-hal tersebut.
  • Untuk Motorola tekan pagar (#) lebih kurang 4 detik lalu tekan 57#
  • Untuk merk Sony kita masuk ke tab master reset dan masukkan kode standar jika blm diganti yaitu 0000, 12345 atau 000000 
  • Untuk Nokia coba tekan *#7370# atau *#7780# kemudian tekan OK/Yes
  • Untuk Sistem Operasi Symbian coba dengan menekan *, 3 dan Call bersamaan dengan menekan tombol On/off.
  • Untuk merk samsung coba dengan menekan *2767*3855# atau *2767*2878#
Perlu diingat bahawa kode perintah tersebut hanya berfungsi jika kerusakan bukan di bagian perangkat kerasnya. tapi pada Sistem Operasi atau OS nya. Baiklah sampai disini dulu perjumpaan kita, selamat mencoba ya..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "CARA MEMPERBAIKI TOMBOL KEYPAD YANG TIDAK BERFUNGSI"

  1. Hoax 2767 3855 utk factory reset yg baca jgn diikutin

    ReplyDelete
  2. Gan saya punya Nokia 3200. Kendala kalo dia dimasukan sim card tombol berfungsi cuman sekali tapi kalo ga dimasukin sim card malah mau. Kendalanya dimana trs cara atasinnya gimana gan. Dijawab ya...

    ReplyDelete