CARA MENGOPERASIKAN APLIKASI LINK2SD PADA ANDROID

Cara mengoperasikan aplikasi Link2SD pada Android tentu akan sangat berguna bagi anda yang memiliki smartphone dengan kapasitas memori internal yang kecil. Karena aplikasi yang satu ini akan sangat berguna disaat ada kekurangan memori saat akan mengambil aplikasi.

Sebenarnya fungsi utama dari aplikasi Link2SD ini adalah untuk memindahkan sebagian data aplikasi tersebut ke External Memory. Namun berbeda dengan metode memindahkan aplikasi yang seperti biasanya, Link2SD membutuhkan sebuah partisi khusus pada SD card untuk dijadikan tempat penyimpanan dari data aplikasi yang seharusnya disimpan di internal memory perangkat.

Dengan kata lain cara mengoperasikan aplikasi Link2SD pada Android akan membuat anda seolah-olah menambah kapasitas internal memory pada Android anda, sehingga memory internal akan lebih luas. Namun bukan berarti kapasitas memori anda bertambah ya, tapi melainkan seakan lebih luas.

Sebelum memulai menjalankan aplikasi ini, ada baiknya anda memperhatikan hal ini. Perangkat Android yang sudah di root dan Micro SD yang sudah di partisi adalah beberapa hal yang pelu anda persiapkan.

Jika sudah, silahkan downlod aplikasi Link2SD dan berikut adalah Cara mengoperasikan aplikasi Link2SD pada Android.

1. Jalankan aplikasi Link2SD.

Apabila muncul permintaan akses root atau SuperUser, silahkan pilih Allow. Dan saat pertama kali menggunakannya, maka akan muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microSD yang anda gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32). Perlu anda ingat bahwa SD card harus sudah dipartisi.Dan pastikan pula jika anda sudah memilih file system sesuai dengan ekstensi file system yang anda pilih ketika mempartisi SD card yang anda punya.

Contohnya : Jika anda mensetting partisi kedua dengan ekstensi ext2, maka kamu juga harus memilih ext2 pada Link2SD.


2. Cara mengoperasikan aplikasi Link2SD pada Android yang berikutnya adalah restart perangkat anda.

Setelah mempartisi MicroSD, silahkan restart perangkat anda dan jalankan kembali Link2SD. Apabila terjadi error mount script pada langkah ini, silahkan ulangi proses partisi dengan menggunakan file system yang berbeda

Contohnya : jika sebelumnya anda menggunakan file system ext2, maka silahkan ulangi partisi dengan menggunakan file sistem ext3 atau yang lainnya pada partisi kedua. Jika masih gagal, ulangi lagi partisi dengan menggunakan file system yang lain lagi.

3. Apabila pada proses kedua telah berjalan lancar, lmaka angsung jalankan cara mengoperasikan aplikasi Link2SD pada Android yang ketiga yaitu pilih aplikasi mana saja yang ingin kita pindahkan ke SD card. Jika sudah akan muncul pilihan menu, pilih Multi-select.

4. Kemudian langkah selanjutnya adalah silahkan klik icon “select all” yang berada di bagian atas untuk memilih semua aplikasi yang memungkinkan untuk dipindahkan. Anfa bisa menyeleksi kembali aplikasi mana saja yang anda rasa tidak perlu untuk dipindahkan.

5. Cara mengoperasikan aplikasi Link2SD pada Android yang berikutnya adalah setelah selesai menyeleksi aplikasi, silahkan sentuh icon yang berada di sebelah kanan atas. Kemudian pilih Link to SD card. Akan muncul menu konfirmasi seperti pada gambar dibawah ini. Pastikan kamu dan mencentang ketiga pilihan yang ada disana, lalu pilih OK. Perlu anda ingat, ada pilihan nomor 4 dan itu hanya bisa digunakan bagi yang menggunakan Link2SD versi berbayar

6. Terakhir tinggal tunggu hingga proses selesai. Untuk mengecek penggunaan memory, anda bisa lakukan dengan menyentuh icon yang berada di sebelah kanan atas lalu pilih storage info.

Nah itulah langkah-langkah yang bisa anda lakukan sebagai Cara mengoperasikan aplikasi Link2SD pada Android. Silahkan mengikuti cara diatas ya dan semoga berhasil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGOPERASIKAN APLIKASI LINK2SD PADA ANDROID"

Post a Comment