CARA MEMBUAT KONEKSI 3G JADI LEBIH CEPAT

Bahasan menarik kali ini adalah mengenai cara membuat koneksi 3G jadi lebih cepat. Saat ini memang koneksi internet yang banyak digunakan adalah koneksi internet 4G. Kecepatan yang ditawarkan pun tak perlu diragukan lagi.

Namun sayangnya, banyak smartphone yang belum mendukung koneksi internet 4G ini. Dengan kata lain, jaringan ini baru dapst digunakan oleh beberapa smartphone tertentu. Umumnya smartphone yang mendukung jaringan ini adalah smartphone keluaran terbaru.

Namun jangan khawatir, jika anda ingin menikmati kecepatan jaringan layaknya jaringan 4G, berikut ini adalah cara membuat koneksi 3G jadi lebih cepat.

1. Nonaktifkan Pemuatan Gambar di Peramban

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menonaktifkan pemuatan gambar di peramban. Dengan demikian untuk merasakan pengalaman internet yang lebih baik, anda dapat memasang peramban dalam mode 'Text Only'. Walaupun tak semua perangkat mendukung fitur ini, pada dasarnya kemampuan ini dapat dengan mudah ditemukan pada menu pengaturan.

Dengan mengubah peramban menjadi mode 'Text Only', maka akan mencegah proses pemuatan gambar. Fitur ini dapat memotong sebagian besar lalu lintas internet. Maka saat smartphone tak lagi memuat gambar, dapat dipastikan bahwa kecepatan koneksi internet pada smartphone pun akan bertambah.

2. Bersihkan Cache di Smartphone

Cara membuat koneksi 3G jadi lebih cepat yang kedua adalah dengan membersihkan cache di smaatphone. Sebaiknya anda rutin memeriksa kondisi perangkat, termasuk jumlah cache yang terkumpul. Karena cache yang terlalu menumpuk akan menurunkan kecepatan smartphone termasuk juga mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Maka dari itu, menghapus seluruh cache yang ada merupakan tindakan tepat untuk itu meningkatkan kinerja smartphone.

Untuk menghapus cache ini, caranya adalah anda masuk ke menu Settings, kemudian pilih Application. Jika sudah, silahkan tentukan aplikasi yang akan dibersihkan cache yang tersisa dengan memilih Clear Cache. Dengan begitu koneksi internet anda menjadi lebih cepat dan terasa lebih ringan.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah salah satu cara membuat koneksi 3G jadi lebih cepat. Hal ini termasuk cara yang paling mudah untuk dilakukan. Karena tanpa harus mengotak atik perangkat, anda sudah bisa mempercepat koneksi internet anda. Dan salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan adalah Opera Max.


Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat mengoptimalkan jalur lalu lintas internet khususnya koneksi 3G. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menghemat kuota internet melalui proses kompresi yang sudah diselipkan.

4.  Ganti Pilihan Modus Jaringan yang Digunakan

Cara membuat koneksi 3G jadi lebih cepat yang selanjutnya adalah dengan mengganti pilihan modus jaringan yang digunakan. Anda dapat memilih jaringan yang mungkin anda ingin gunakan, mulai dari 2G/GSM dan 3G/WCDMA atau memilih salah satu dari dua jaringan tersebut. Namun, perlu yang perlu anda ingat adalah jaringan ini juga dipengaruhi oleh kondisi jaringan di area sekitar itu sendiri.

5. Cari Peramban yang Lebih Baik

Yang berikutnya adalah carilah peramban yang lebih baik. Sebaiknya gunakanlah peramban yang memiliki fitur kompresi data. Salah satunya peramban yang bisa anda gunakan adalah peramban Opera Mini dari Opera. Bukan hanya merupakan aplikasi yang ringan, Opera Mini juga memiliki kompresi data sehingga tak terlalu banyak memakan kuota. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini juga dapat mempercepat proses pemuatan sebuah situs.

6. Uninstall Aplikasi yang Boros Memori

Cara membuat koneksi 3G jadi lebih cepat adalah dengan uninstall aplikasi yang boros memori. Hal ini dikarenakan aplikasi yang menghabiskan memori terlalu banyak ketika sedang berjalan, akan memperlambat kinerja smartphone yang digunakan.

Maka dari itu, akan lebih baik jika anda menghapus aplikasi tak terlalu berguna dan malah akan menghabiskan terlalu banyak memori. Dengan menghapus widget yang dipasang juga dapat menambah kecepatan kinerja sebuah smartphone.

Nah demikianlah beberapa cara membuat koneksi 3G jadi lebih cepat yang bisa kami sampaikan kepada anda. Kami tekankan bahwa kecepatan jaringan internet anda juga tergantung dengan kondisi jaringan di area sekitar anda. Namun cara ini setidaknya akan membantu anda menambah kecepatannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMBUAT KONEKSI 3G JADI LEBIH CEPAT"

Post a Comment