CARA MENGATASI SIM CARD TIDAK TERBACA

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca
Ada Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca pada bahasan artikel kami kali ini. Bagi anda yang sedang mengalami masalah sim card tidak terbaca atau tidak terdeteksi, anda sekarang berada tepat untuk membaca ulasan kami. Mungkin saja saat ini anda sedang menggunakan smartphone anda untuk melakukan aktifitas menelpon tetapi gagal karena terdapat tulisan pada indicator sinyal bahwa smartphone anda tidak mendeteksi sim card. Wah rasanya kalian pasti akan jengkel. Setelah anda restart smartphone anda hasilnya tetap sama saja.

Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa sim card anda tidak terbaca atau tidak terdektesi dan oleh karena itu sebaiknya anda harus mencari penyebabnya lalu baru mencari Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca tersebut. Nah dibawah ini secara garis besar penyebab sim card tidak terbaca.

1. Sim Card Usang dan berkarat
Mungkin anda telah lama sekali memakai sim card anda untuk komunikasi anda selama ini. Nah tanpa anda sadari sim card anda sudah usang dan berkarat. Biasanya hal ini akan menggangu jalur arus di sim card ke jalur kuningan di smartphone anda.

2. Dudukan penghubung sim patah atau rusak
Jika hal ini terjadi ya sudah tentu sim card anda tidak bisa lagi digunakan.

3. Kesalahan sistem pada simcard
Adanya fitur keamanan PIN Dan PUK memberikan manfaat sendiri bagi penggunanya namun saat anda mengalami kesalahan dalam menginput PIN dan PUK tersebut hal ini akan membuat simcard anda tidak bisa digunakan

4. Jalur Kuningan Sim Card terputus
Ini juga menjadi salah satu pemicu sim card anda tidak bisa digunakan atau tida terbaca.Jangan tertipu sim card masih dalam terlihat bagus pastikan dahulu jalur kuningan pada sim card tersebut. Biasanya ada beberapa goresan halus yang memutuskan jalur kuningan pada sim card anda yang membuat sim card jadi tidak terbaca.


Beberapa penyebab diatas sebenarnya sudah bisa membuat anda mengetahui Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca pada smartphone. Ya intinya jika sim card sudah usang, rusak, terdapat kesalahan dalam input PIN dan PUK tentunya anda harus mengganti kartu tersebut dengan yang baru namun jangan takut nomor anda akan berganti anda tetap bisa menggunakan nomor yang lama. Anda kunjungi saja gerai sesuai kartu anda dan jelaskan permasalahannya. Sebagian gerai memberlakukan pelayanan gratis untuk penggantian kartu ini namun sebagian juga akan dikenakan biaya.

Nah secara garis besar Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca memang bisa anda lakukan sendiri asal tidak ada penyebab yang telah kami jelaskan diatas. Nah jika anda rasa tidak ada kerusakan pada fisik sim card anda coba anda ikuti petunjuk dibawah ini.

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca yang pertama adalah dengan cara mematikan terlebih dahulu smartphone anda, lalu lepaskan sim card dan bersihkan lalu lap kering dan halus terutama pada jalur lempengan kuningan pada sim card anda tersebut barangkali hal ini hanya di akibatkan kotoran atau debu yang menempel. Setelah dibersihkan pasang kembali sim card, lalu hidupkan kembali smartphone anda. Untuk memancing sinyal silahkan anda aktifkan mode pesawat sekitar beberapa detik lalu ke mode normal.

Kemudian Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca yang kedua adalah dengan melakukan test pada dudukan smartphone anda. Caranya dengan mengganti sim card lain apabila sim card lain terbaca berarti smartphone anda masih dalam keadaan baik coba bersihkan kembali sim card anda dan pastikan tidak ada kerusakan lalu pasanglah dengan posisi yang pas.

Jika ketika anda mengetest dengan beberapa sim card dan masih tidak terbaca berarti ada masalah pada dudukan sim card pada smartphone anda atau sistem dari smartphone anda mengalami error. Jadi alangkah baiknya anda cek dengan betul dudukan tersebut biasanya ada 6 jalur penghubungan dengan lempengan sim card perhatikan dengan seksama apakah ada yang patah, atau tinggi rendahnya tidak sama. Nah setelah memastikan baik-baik saja pada sim card anda namun sim card masih tidak terbaca cara terakhir adalah coba anda hard reset smartphone anda namun sebelum melakukan ini sebaiknya anda back up dulu data anda.

Nah mudah-mudahan Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca yang telah kami jelaskan diatas bisa membantu anda untuk mengatasi permasalahan pada sim card anda tersebut. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "CARA MENGATASI SIM CARD TIDAK TERBACA"

  1. makasih gan infonya


    Klik sekarang serbabayar.com beli apa aja secara online jadi mudah , tinggal klik tidak ribet langsung sukses.Di Dukung Sistem Pembayaran menggunakan Kartu Kredit dan tentu CS 24 Jam Siap Sedia Membantu. Jangan Ragu Lagi Klik Sekarang serbabayar.com

    ReplyDelete
  2. Samsung gt p3100 tab.tdk bisa deteksi simcard walaupun sdh ganti simcard lain.apakah ada solusinya utk peebaikan

    ReplyDelete
  3. Smsung note Mt n7000 ngga dapat membaca sim sard?? Solusinya bos

    ReplyDelete
  4. gan mau nanya. damsung galaxi note 8.0 yg tab. sinyal ada tapi hanya panggilan darurat saja. solusinya gimana gan ya. jafi gabisa pake paket data

    ReplyDelete