CARA MEMBERSIHKAN LCD KEMASUKAN AIR

CARA MEMBERSIHKAN LCD KEMASUKAN AIR
Air menjadi salah satu musuh terbesar alat elektronik, salah satunya adalah handphone. Saat ini sudah sangat banyak kasus smartphone terkena air, mulai dari terkena hujan, jatuh ke toilet, dan lain sebagainya. Meski kini beberapa smartphone canggih sudah mengusung fitur water resistant atau anti air, namun untuk beberapa tipe smartphone tidak memiliki fitur tersebut.

Untuk kemungkinan kerusakan smartphone terkena air sangat besar. Karena pada dasarnya memang alat elektronik tidak boleh terkena air. Jika terlanjur terjatuh ke dalam air, maka kamu harus melakukan beberapa langkah yaitu :

1. Keluarkan Kartu SIM, Baterai, dan Kartu SD

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah lepaskan casing belakang. Lalu copot kartu SIM, baterai, dan kartu SIM. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korslet. Kemudian letakkan komponen tersebut diatas handuk kertas dan gosok secara perlahan.

2. Keringkan LCD Terlebih Dahulu

LCD adalah bagian yang sering terkena dampak smartphone yang terkena air. Mengeringkan air yang ada pada LCD sangat penting, karena jika tidak segera dikeringkan maka bekas air tersebut akan menimbulkan bercak putih pada LCD. Bercak tersebut tercipta karena filamen lunak yang terdapat dalam LCD terlalu lama terkena air. Oleh karena itu, jika hp terkena air, segera keringkan dengan lap halus atau tissue.

3. Kubur Handphone ke Dalam Beras

CARA MEMBERSIHKAN LCD KEMASUKAN AIR

Cara ini dilakukan karena beras bersifat menyerap air dan dapat menyerap semua air dalam handphone kamu yang tercelup air. Kubur handphone dalam beras selama lebih kurang 2-3 hari agar air dalam handphone benar-benar hilang sepenuhnya.

4. Gunakan Kipas Angin (Jika Tidak Menggunakan Beras)

Apabila kamu tidak ingin menggunakan beras untuk mengeringkan air di dalam handphone, maka kamu dapat menggunakan bantuan kipas angin untuk mengeringkannya. Namun cara ini dinilai kurang efisien, karena akan memakan waktu yang lama.

5. Jangan Terlalu Cepat Menyalakan Handphone

Kamu harus sabar menunggu hingga handphone benar-benar kering sempurna. Jangan terlalu cepat menyalakan handphone kembali. Karena jika air tersebut masih menggenang di dalam hp dan anda menyalakannya, maka akan menyebabkan korslet pada smartphone. Dan dapat dipastikan bahwa handphone kamu akan rusak total.

CARA MEMBERSIHKAN LCD KEMASUKAN AIR

Itulah hal yang perlu kamu lakukan jika handphone kamu terkena air. Namun layar handphone kamu terlanjur terdapat bercak putih, maka yang perlu kamu lakukan adalah :

1. Bongkar Kartu SIM, Baterai, dan Kartu SD
2. Setelahnya buka bagian LCD, lalu jika terdapat bekas bercak putih, maka kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan minyak kayu putih dan digosok perlahan dengan menggunakan kain lembut atau kertas tissue.
3. Ulangi cara diatas hingga benar-benar bersih.
4. Pasang kembali setiap komponen, dan handphone siap kembali digunakan.

Demikian ulasan kami tentang cara membersihkan LCD kemasukan air. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMBERSIHKAN LCD KEMASUKAN AIR"

Post a Comment