PENYEBAB SUARA HANDPHONE KECIL ATAU HILANG

Suara menjadi salah satu bagian dari handphone yang sangat penting. Karena banyak aktifitas handphone yang memerlukan adanya suara, misalnya saat menyetel video, mendengar lagu, melakukan panggilan telpon, video call, dan masih banyak lagi.

Dan permasalahan yang paling sering terjadi adalah suara handphone kecil atau hilang. Nah apa saja penyebabnya? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Speaker Handphone Kotor

Resiko dari seringnya menaruh handphone sembarangan salah satunya adalah dapat membuat speaker handphone menjadi kotor dan cepat rusak. Untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membersihkan speaker menggunakan kuas kecil. Sebelum membersihkan speaker, buka casing hp agar mudah untuk membersihkannya.

Jika casing hp sudah dibuka, selanjutnya buka dudukan serta perekat speaker secara perlahan. Bersihkan bagian yang kotor pada speaker dengan kuas kecil tadi. Kemudian, tutup kembali dudukan, perekat, kemudian casing handphone. Ingat lakukan cara yang tadi dengan hati-hati agar komponen handphone tidak cepat rusak.

2. Gangguan Kecil Pada Handphone

Penyebab suara handphone kecil atau hilang yang kedua adalah karena adanya gangguan kecil pada handphone. Gangguan kecil ini biasanya tidak berdampak pada bagian-bagian pada handphone, akan tetapi beberapa aplikasi sering menimbulkan masalah pada speaker. Untuk mengatasi gangguan kecil ini adalah dengan cara yang sangat sederhana yaitu restart handphone anda.

Setelah melakukan restart, maka handphone akan terasa segar kembali dan tidak ada masalah sama sekali. Namun jika setelah restart masih saja bermasalah, alangkah baiknya untuk melakukan factory reset atau reset pabrik. Tapi ingat sebelum melakukan factory reset, anda harus memback-up data yang ada miliki di handphone tersebut lebih dahulu. Karena cara ini kan membuat data anda terhapus.

3. Equalizer Handphone Bemasalah


Pada beberapa handphone, biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi equalizer. Equalizer memiliki fungsi yaitu untuk mengatur besar kecilnya suara yang keluar melalui speaker. Selain aplikasi equalizer, preset atau pengaturan untuk equalizer juga biasanya sudah tersedia. Jika suara speaker hp yang keluar kecil, bisa jadi setting equalizernya bermasalah.

Apabila suara speaker bermasalah ketika menggunakan equalizer, caranya adalah mengganti preset equalizer ke Small Speaker. Akan tetapi jika masih menggunakan preset Small Speaker masih bermasalah, nonaktifkan aplikasi equalizer. Dengan menonaktifkan aplikasi equalizer, maka suara speaker handphone terdengar seperti handphone baru.

4. Rusak Dibagian Speaker

Jika dengan beberapa solusi di atas belum bisa memecahkan masalah suara handphone kecil atau hilang, itu artinya tandanya speaker hp sudah rusak. Apabila sudah rusak, tentu yang harus dilakukan adalah membawanya ke service center terdekat. Orang-orang di service center akan lebih ahli dalam menangani hal ini sehingga tidak boleh untuk mengganti speaker handphone sendiri.

Sebenarnya ada beberapa solusi lain selain dari solusi di atas, yaitu dengan cara flashing ulang handphone. Untuk melakukan flashing ulang secara resmi, silahkan bawa handphone ke tempat service resmi.

5. Banyak Chache Pada Handphone

Dan penyebab suara handphone kecil atau hilang yang terakhir adalah karena banyak chache pada handphone. Adanya cache pada handphone ini dihasilkan dari beberapa aplikasi seperti misalnya sosial media, chatting, dan lain-lain. Keberadaan cache ini apabila dibiarkan akan membuat handphone terasa penuh padahal data hp sering dibersihkan. Ibaratnya rumah yang sering disapu, namun sampahnya tidak dibuang.

Solusi yang terbaik untuk mengatasi banyaknya cache pada handphone adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih cache. Tapi sekarang, kebanyakan handphone keluaran baru sudah memiliki fitur untuk membersihkan cache. Namun untuk handphone keluaran lama, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang bisa dicoba adalah C-Cleaner.

Itulah beberapa penyebab suara handphone kecil atau hilang sekaligus cara mengatasinya. Selamat mencoba cara-cara diatas dan semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENYEBAB SUARA HANDPHONE KECIL ATAU HILANG"

Post a Comment