CARA MEMPERBAIKI REDMI NOTE 8 CEPAT PANAS

CARA MEMPERBAIKI REDMI NOTE 8 CEPAT PANAS
 Kasus hp android cepat panas tentu sudah sering kita temui. Salah satunya adalah Redmi Note 8. Android cepat panas tersebut menyebabkan perangkat lemot dan cepat habis baterai. Tentu saja keadaan ini sangat mengganggu. Tidak menutup kemungkinan pula, keadaan ini dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Penyebabnya tentu saja beragam dan umumnya dikarenakan oleh faktor bawaan sistem, karena sistem android yang dipakai tidak stabil. Penyebab lainnya adalah karena faktor pemakaian pengguna yang terlalu berlebihan dan fitur yang dipakai menguras memori android.

Berikut ini beberapa penyebab dan cara memperbaiki redmi note 8 cepat panas.

1. Batasi Pemakaian App yang Berlangsung di Latar Belakang

Pemakaian App di latar belakang yang terlalu banyak tentu akan menyebabkan android cepat panas. Untuk itu kamu perlu membatasi pemakaian app tersebut di latar belakang. Karena meskipun aplikasi tersebur tak terbuka, namun sebenarnya aplikasi tersebut akan tersebut berlangsung dilatar belakang. Artinya adalah sumber daya perangkat akan terus dipakai oleh app tersebut dan menyebabkan baterai cepat panas.

Untuk perangkat Xiaomi terdapat fitur khusus yang bisa digunakan untuk mengelola aplikasi latar belakang. Caranya adalah sebagai berikut.

a. Masuk ke halaman setelan / pengaturan
b. Pilih menu Baterai dan Kemampuan, dan akan muncul pengaturan berikut : Penghemar Baterai, Konsumsi Baterai, Penghemat Baterai Apl
c. Lalu pilih daya  dan silahkan aktifkan penghemat daya.
d. Pilih menu penghemat baterai apl, pada daftar app silahkan pilih app yang berlangsung di latar belakang (app yang memberikan info notifikasi), semacam facebook, twitter, bb, dan lain sebagainya.

Klik pada app yang ingin dinonaktifkan latar berlakangnya, lalu pilih batasi aktivitas latar belakang. Dengan hal semacam ini maka app tersebut akan dinonaktifkan ketika daya sedikit jadi dapat menurunkan temperatur perangkat.

2. Terlalu Banyak Widget

CARA MEMPERBAIKI REDMI NOTE 8 CEPAT PANAS

Widget yang terpasang sebagian besar biasanya dalam keadaan aktif serta bakal rutin uptodate membagi info terakhir terhadap pemakai, oleh sebab itu widget yang terpasang bakal tak sedikit menguras sumber daya processor serta memori jadi menyebabkan hp android kamu cepat panas. Solusinya, batasi pemakaian widget, apabila keberadaannya tak terlalu dipakai serta tak terlalu penting lebih baik dihapus agar beban perangkat menjadi bertidak lebih.

3. Jangan Memakai Data Seluler Ketika Sinyal Lemah

Saat sinyal sedang lemah, akan lebih baik jika kamu tidak menggunakan perangkat tersebut. Karena ketika data selular aktif, maka perangkat akan rutin melakukan scanning untuk menemukan jaringan aktif di sekitar area hp. Apabila sinyal lemah, maka beban perangkat akan terus berat untuk menemukan jaringan yang tepat dan menyebabkan hp cepat panas dan baterai lebih boros,

Maka dari itu, jika sinyal lemah atau bahkan tidak ada sinyal, lebih baik kamu menonaktifkan data seluler agar perangkat bekerja terlalu keras dan akhirnya menyebabkan handphone cepat panas serta baterai cepat habis.

4. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar juga menjadi salah satu penyebab handphone cepat panas. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka konsumsi baterai akan semakin tinggi pula. Oleh karena itu kamu bisa mengurangi tingkat kecerahan tersebut sesuai kenyamanan mata kamu juga tentu saja.

5. Gunakan Smartphone Sewajarnya Saja

CARA MEMPERBAIKI REDMI NOTE 8 CEPAT PANAS

Perlu diingat bahwa kamu harus menggunakan smartphone mu dengan sewajarnya. Jangan menggunakannya dengan jangka waktu yang terlalu lama. Apalagi jika aktivitas tersebut seperti bermain game, browsing, dan berbagai aktivitas lain yang memakan baterai dengan cepat.

6. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Live Wallpaper atau Animasi bergerak yang ada pada Home Screen memang terlihat cukup keren. Namun sebenarnya Live Wallpaper sangat boros pada baterai dan memori RAM Android. Untuk itu, hindari penggunaan Live Wallpaper pada smartphone Xiaomi yang anda miliki.

7. Matikan Smartphone Saat Proses Charging

Cara ini sebenarnya sudah diketahui oleh banyak pengguna smartphone. Namun selalu saja diabaikan, padahal cara ini sangat baik untuk smartphone kamu. Mematikan smartphone saat sedang charging mampu membuat baterai lebih cepat penuh. Selain itu, panas yang dihasilkan pada saat mengisi daya juga tidak berlebihan.

Dan jika kamu menggunakan smartphone bersamaan dengan charging pasti akan membuat baterai lebih cepat panas. Dampak buruk dari hal tersebut adalah kerusakan pada dua komponen, yakni baterai dan charger.

Itulah beberapa cara memperbaiki Redmi Note 8 cepat panas. Namun cara ini juga berlaku untuk berbagai smartphone lainnya. Selamat mencoba.

Comments