HAL WAJIB YANG HARUS DIKETAHUI OLEH PENGGUNA ANDROID

Ada beberapa hal wajib yang harus diketahui oleh pengguna Android. Hal ini bisa berupa fitur atau kecanggihan lainnya yang bisa diakses oleh semua pengguna android. Fitur dan kecanggihan serta trik ini tentunya akan sangat berguna bagi anda.

Sebagai informasi Android adalah sistem operasi dengan sumber terbuka, yang memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi.
Perkembangan dari android ini sendiri membuatnya semakin menarik untuk dibicarakan. Karena selalu ada pembaruan yang terus memanjakan para penggunanya. Nah berikut ini adalah beberapa hal wajib yang harus diketahui oleh pengguna Android.

1. Menyembunyikan File dengan Folder .nomedia

Menyembunyikan file dengan folder .nomedia adalah hal wajib yang harus diketahui oleh pengguna Android yang pertama. Setiap orang pasti mempunyai beberapa file pribadi dan bersifat rahasia, yang tidak boleh diketahui oleh sembarang orang. Untuk dapat menyembunyikan file tersebut ternyata tidak perlu memakai aplikasi. Yang harus anda lakukan hanyalah membuat folder baru dengan nama .nomedia dalam folder yang berisi file yang ingin kamu sembunyikan.

2. Nonaktifkan Notifikasi Rekomendasi Video YouTube

Hal wajib yang harus diketahui oleh pengguna Android yang selanjutnya adalah menonaktifkan notifikasi rekomendasi video Youtube. Jika anda sering menggunakan aplikasi YouTube, terkadang muncul notifikasi rekomendasi mengenai video berikutnya yang harus ditonton. Padahal anda sudah melihat video tersebut. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan anda. 

Nah jangan khawatir karena di update aplikasi YouTube terbaru, anda bisa menonaktifkan notifikasi tersebut. Berikut ini adalah caranya:
  • Pertama, buka aplikasi YouTube dan pastikan bahwa anda terhubung ke internet.
  • Kemudian tekan tombol tiga titik ke atas di sudut kanan atas dan pilih "Settings".
  • Selanjutnya pilih "Notifikasi", perlu diingat menu ini tidak akan muncul jika kamu tidak terhubung ke internet.
  • Terakhir matikan "Recommended videos" dan selesai.
3. Safe Mode

Safe Mode, anda sudah mengetahui perihal fitur yang satu ini. Nah fitur Safe Mode ini adalah juga termasuk hal wajib yang harus diketahui oleh pengguna Android. Sama seperti komputer, Android juga memiliki Safe Mode. Saat anda menemukan masalah-masalah tertentu, dengan ke Safe Mode anda dapat mengetahui masalah yang ada karena aplikasi yang anda install atau merupakan masalah pada perangkat lunak. 


Untuk masuk ke Safe Mode, anda dapat melakukan cara-cara dibawah ini :
  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mematikan ponsel terlebih dahulu.
  • Kemudia, tekan dan tahan tombol Power bersamaan dengan tombol volume (-).
  • Saat ponsel sudah mulai menyala, anda bisa langsung melepaskan tombol tersebut.
  • Jika sudah, Ponsel akan langsung masuk ke Safe Mode. 
  • Dan Fitur Safe Mode yang aktif akan memberikan tanda pesan bacaan pada layar smartphone anda.

4. Mengatur Tipe Koneksi USB

Kini Anda bisa mengatur tipe koneksi USB, jika smartphone anda sudah menggunakan Android 6.0 Marshmallow. Hal ini merupakan salah satu hal wajib yang harus diketahui oleh pengguna Android. Ketika anda menghubungkan ponsel ke PC melalui kabel data, pengaturan default hanyalah berupa pengisian daya saja. Untuk mentransfer file anda harus buka area notifikasi dan pilih mode MTP.

Nah untuk mengubah pengaturan default agar bisa langsung dalam mode MTP, anda bisa melakukannya  melalui pengaturan. Dan pastikan anda telah mengaktifkan opsi pengembang. Buka opsi pengembang > pilih konfigurasi USB > pilih MTP atau mode lain yang ingin anda gunakan sebagai default.

5. Menggunakan Pengingat Berbasis Lokasi

Hal wajib yang harus diketahui oleh pengguna Android yang kelima adalah menggunakan pengingat berbasis lokasi. Dengan pengingat ini anda akan mendapatkan pemberitahuan tentang aktivitas yang akan anda lakukan jika sudah mendekati lokasi tersebut. Maka anda tidak akan melewatkan aktivitas tersebut, apalagi jika hal itu merupakan hal yang penting. Untuk melakukannya anda bisa menggunakan Google Keep atau Google Now.
6. Matikan Autocorrect

Hal wajib yang harus diketahui oleh pengguna Android yang terakhir adalah mematikan Fitur Autocorrect. Fitur ini dibuat dimaksudkan untuk menghindari kesalahan saat melakukan pengetikan agar kata-kata yang anda ketik sesuai dengan ejaan yang benar. Namun sayangnya koreksi otomatis ini kadang memilih kata yang salah, sehingga maksud dan tujuan pesan pun melenceng.

Nah untuk dapat mengetik dengan nyaman, lebih baik matikan fitur koreksi otomatis tersebut. Sesuaikan bahasa ke Indonesia dan tetap aktifkan saran kata berikutnya. Untuk mematikan fitur koreksi otomatis ini anda bisa melihat pengaturan, pilih bahasa dan masukan, lalu atur sesuai jenis keyboard yang kamu gunakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HAL WAJIB YANG HARUS DIKETAHUI OLEH PENGGUNA ANDROID"

Post a Comment