JENIS PROCESSOR SMARTPHONE DAN KEUNGGULANNYA

Dalam sebuah smartphone tentu ada yang namanya processor. Nah kali ini kita akan membahas mengenai jenis processor smartphone dan keunggulannya. Sebelum membahas hal itu ada baiknya anda menyimak dulu tentang apa itu processor. Processor / prosesor adalah salah satu komponen yang paling utama dari rangkaian komputer atau smartphone.

Tanpa processor maka semua rangkaian dalam smartphone tersebut tidak akan berfungsi. Karena dapat dikatakan bahwa prosesor ini adalah otak dari smartphone itu sendiri. Maka secara jelasnya, prosesor pada smartphone adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem dalam smartphone dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Nah berikut ini adalah jenis-jenis processor smartphone dan keunggulannya.

1. Qualcomm snapdragon

Jenis processor smartphone dan keunggulannya yang pertama adalah Qualcomm Snapdragon. Processor ini merupakan processor yang paling banyak digunakan pada berbagai smartphone saat ini. Hal ini karena processor ini selalu menghadirkan teknologi terbaru yang terbukti bertenaga dan mampu bekerja secara baik dan di dukung berbagai keunggulan yang dimilikinya.

Beberapa keunggulan tersebut diantaranya adalah ketahanan terhadap konsumsi daya baterai serta pengolahan grafik yang tinggi, dan didukung juga dengan koneksifitas yang super cepat sekelas 4G LTE versi Cat.9 dan di dukung sampai tingkatan pemakain QUAD HD. Maka tak heran jika processor ini selalu hadir pada ponsel canggih dan terbaru saat ini.

2. Mediatek

Jenis processor smartphone dan keunggulannya yang berikutnya adalah prosesor Mediatek. Processor ini adalah processor yang banyak digunakan oleh smartphone lokal maupun produsen branded. Hal ini karena harganya yang relatif lebih murah dari prosesor lain.

Meskipun namanya tak terlalu terkenal seperti Qualcomm, namun jangan pernah menganggap remeh processor ini. Karena Mediatek mulai mengeluarkan seri terbaru mereka yang sangat cepat dengan versi MediaTek Helio P20 fiturnya sendiri juga tangguh tapi masih belum bisa menyaingi nama besar sekelas Qualcomm Snapdragon.

3. Intel


Intel adalah salah satu dari berbagai Jenis processor smartphone dan keunggulannya. Prosesor intel ini sendiri diprediksi akan bisa menjadi salah satu prosesor tingkat atas karena seperti yang sudah diketahui bersama processor intel ini sudah membuktikan kualitas dan kecepatan processor dan pengolahan grafik mereka yang mempunyai tenaga terbukti vendor sekelas Asus mempercayakan dapur pacu smartphone produksi mereka ke intel processor. Maka tak heran jika prediksi tersebut kian menyeruak hingga kini.

4. NVIDIA Tegra

Jenis processor smartphone dan keunggulannya yang satu ini adalah NVIDIA Tegra. Mungkin anda yang termasuk masih awam akan hal ini, tentunya kurang mengenal nama processor ini. Namun tahukah anda bahwa NVIDIA Tegra termasuk salah sebuah prosesor premium. Tak hanya itu, kemampuan yang dimilikinya pun pantas untuk di acungi jempol, karena prosesor ini benar-benar hebat dalam kinerjanya yang paling baik adalah kinerjanya dalam mengolah grafik dan multitasking. Dan namanya juga sudah tersohor buat produsen prosesor PC dan smartphone

5. Exynos

Jenis processor smartphone dan keunggulannya yang terakhir adalah Exynos. Ini juga termasuk dalam prosesor yang tangguh. Produsen dari prosesor exynos ini adalah samsung, jadi jangan heran jika banyak smartphone flagship premium samsung yang memakai prosesor ini. Untuk keunggulannya sendiri, smartphone ini tidak jauh berbeda dari qualcomm snapdragon karena exynos ini mampu memberikan pengalaman hebat bagi penggunannya dan yang paling utama adalah dari segi ketahanan konsumsi daya baterai dan pengolahan grafik yang tinggi dan versi Exynoss yang terbaru adalah berversi Exynoss 8990.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JENIS PROCESSOR SMARTPHONE DAN KEUNGGULANNYA"

Post a Comment