TIPS SEDERHANA MEMBUAT FILM DENGAN KAMERA SMARTPHONE

Tips sederhana membuat film dengan kamera smartphone tentu saja sangat berguna bagi anda yang gemar membuat film dokumentasi. Tentu saja hal ini didukung dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih saja. Kamera smartphone kini tak bisa lagi dianggap remeh karena kualitasnya yang semakin baik, bahkan kualitasnya tak kalah dengan kamera DSLR.

Tak hanya untuk melakukan aktivitas foto memfoto saja. Namun juga untuk pengambilan video, kamera smartphone pun pantas diaungi jempol. Dengan adanya kamera smartphone berkualitas HD ini, semakin memacu minat para penggunanya untuk membuat film dengan bantuan kamera smartphone. Tak sedikit pula yang memanfaatkan kamera smartphone untuk membuat video klip.

Dengan menggunakan smartphone, tentu saja biaya produksi akan sangat terjangkau. Apalagi smartphone mudah dibawa dan terkesan praktis. Nah berikut ini adalah beberapa tips sederhana membuat film dengan kamera smartphone.

1.  Aksesori Tambahan


Sama seperti membuat film dengan kamera profesional, membuat film dengan bantuan kamera smartphone juga memerlukan beberapa aksesoris tambahan. Aksesoris yang diperlukan tersebut biasanya adalah tripod, lensa tambahan, dan mikrofon.

Tips sederhana membuat film dengan kamera smartphone yang satu ini digunakan untuk mendukung hasil film yang lebih bagus dan mendapatkan kualitas video lebih baik, serta membantu kinerja kamera smartphone. Untuk aksesoris perekam suara, kami rekomendasikan menggunakan iRig PRE. Aksesoris ini berfungsi untuk menghubungkan mikrofon langsung ke smartphone Anda. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir mengenai sinkronisasi dengan audio hasil rekaman eksternal.

2. Pilih Smartphone


Salah satu tips sederhana membuat film dengan kamera smartphone yang terpenting adalah pemilihan smartphone. Untuk menghasilkan hasil rekaman video yang bagus, tentu saja media yang digunakan juga harus mendukung hal tersebut. Dengan kata lain, pilihlah kamera smartphone yang memiliki kualitas kamera video yang baik. 

Untuk permulaan, Anda bisa menggunakan smartphone dengan kamera yang memiliki kemampuan merekam video HD. Jadi untuk anda yang mempunyai smartphone dengan kemampuan kamera yang demikian, bisa mulai digunakan.

3. Jangan Berhenti Belajar


Tips sederhana membuat film dengan kamera smartphone yang berikutnya adalah jangan berhenti belajar. Setiap kemampuan meskipun hal itu adalah bakat yang luar biasa, jika hal tanpa diiringi dengan kemauan untuk terus belajar tentu tak akan berkembang. Maka dari itu sebaiknya jangan berhenti untuk terus belajar dan berlatih. Karena yang namanya dunia teknologi itu selalu berkembang dan terus mengalami perkembangan, jadi jika anda tidak terus belajar, maka anda tidak akan berkembang.

Selain itu, anda juga harus terus mempelajari cara yang baik untuk membuat film yang berkualitas. Salah satu yang perlu diingat untuk membuat film dengan smartphone adalah sesuaikan cerita dengan perlengkapan dan peralatan yang anda miliki. Mulailah dengan menulisstoryboard singkat dan daftar adegan yang harus dilakukan serta elemen produksi yang minimal. Dengan begitu proses pengambilan gambar anda akan lebih terkontrol dan tertata.

4. Edit Film Langsung dari Smartphone


Tips sederhana membuat film dengan kamera smartphone yang terakhir adalah edit film langsung dari Smartphone. Setelah semua proses perekaman selesai dilakukan, hal terakhir yang biasanya dilakukan adalah pengeditan video hasil perekaman. Kebanyakan proses video editing menggunakan software yang ada di PC atau laptop.

Namun, kini proses editing bisa dilakukan di smartphone itu sendiri. Hanya dengan bantuan aplikasi video editing, maka proses editing video anda akan lebih mudah dan praktis. Karena saat ini, sudah banyak aplikasi video editing yang memiliki fitur lengkap layaknya software di PC atau laptop.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS SEDERHANA MEMBUAT FILM DENGAN KAMERA SMARTPHONE"

Post a Comment