Atasi HP Layar Retak Tanpa Ganti LCD

Atasi HP Layar Retak Tanpa Ganti LCD! Masalah keretakan pada layar hp sering kali menjadi momok yang mengganggu aktivitas saat menggunakan ponsel itu sendiri. Terkadang merasa aneh, bukan? Layar yang semula mulus-mulus saja tahu-tahu retak dan kesulitan saat digunakan. Bahkan terpaksa mau tidak mau harus diservis. 

Khusus buat Anda yang ingin menghemat pengeluaran, maka cara-cara atasi hp layar Retak secara mandiri ini perlu dicoba. Namun, sebelum itu pastikan bahwa layar ponsel Anda jenis yang fullset, ya! Karena kali ini yang akan kami tunjukan adalah tutorial mengganti layar ponsel retak yang tidak bisa dipisah antara LCD dan touchscreennya.

1. Matikan HP terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah silakan Anda matikan hpnya terlebih dahulu. Jelas saja akan dimatikan, karena kalau tidak dimatikan maka ponsel Anda yang ada tambah rusak sebab dibongkar paksa. Setelah dimatikan, Anda bisa mulai memisahkan bagian layar dengan casingnya. Cara memisahkannya bisa menggunakan alat bantu sederhana dengan mencongkel tepian layar secara perlahan dan tidak perlu gunakan tenaga berlebih.

2. Pisahkan kedua bagian, antara layar ponsel dan casing


Jika sudah, silakan Anda pisahkan kedua bagian yakni antara layar ponsel dengan casing. Namun, sebelum itu jangan lupa untuk siapkan layar batu yang akan dijadikan penggantinya, ya! Pastikan layar yang baru sesuai dengan ukuran ponsel Anda yang akan diganti layarnya. Pastinya cara atasi hp layar retak ini sangat murah, apa lagi mengingat harga layar hanya kisaran 30.000an.

3. LCD, screen dan baterai

Langkah ketiga adalah pemisahan LCD dengan layar dan juga baterainya. Jelas saja karena jenisnya layar fullset, bisa dipastikan baterainya adalah baterai tanam. Maka untuk memisahkannya Anda perlu melepaskan baut-bautnya yang berukuran kecil. Pastikan Anda menempatkannya ke sebuah wadah agar terkumpul jadi satu dan tidak hilang.

4. Melepaskan fleksibel LCD

Kemudian, masuk ke langkah keempat setelah baterai dilepas, ada bagian yang disebut fleksibel LCD. Bagian ini menempel di bawah tempat baterainya tadi. Silakan Anda tarik untuk memisahkan dari tempelannya, lanjutkan melepas baut-baut yang menempel pada box bagian penguat sinyal dan speaker. Karena ukuran bautnya yang kecil, Anda bisa memudahkan proses atasi layar hp retak ini dengan menarik baut pakai magnet.

Lanjutnya Anda lepas bagian box kemudian silakan lepas pula bagian chargernya. Mengingat di tujuan awal tadi, yakni mengganti layar retak pada ponsel yang tak bisa dipisah dari LCDnya maka kita harus memisahkan beberapa komponen lagi yang menghubungkan layar dengan LCD. Jika sudah, silakan Anda pisah bagian touchscreen dengan LCDnya.

Cara memisahkannya juga cukup mudah, gunakan kawat LCD untuk memisahkannya. Untuk memudahkan proses pemisahan pada proses atasi layar hp retak ini bisa Anda sedikit hangatkan layar dengan cara digosok-gosokkan agar lemnya sedikit mengendur. Lanjutkan proses ini sampai touchscreen benar-benar terpisah dari LCDnya.

Jika sudah, akan ada lem yang tersisa pada LCD, maka Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kuku dan lakukan dengan pelan. Setelah itu, bersihkan bagian yang tergores pada layar LCD dengan tissue yang sudah diberi sedikit minyak kayu putih. Selanjutnya masuk ke proses pemasangan layar.

Untuk memasangnya setelah layar baru dipisahkan dari plastik dan segel, Anda bisa tempelkan Double tape ke tepian layar guna memudahkan pemasangan supaya pas. Tentu saja belum sepenuhnya menempel, lanjutkan dengan pemakaian lem LCD di tepiannya guna pemasangan secara permanen.

Sampai pada tahap ini, Anda hisa memasang kembali bagian-bagian ponsel yang semula dilepaskan ke tempat semula berikut baut-bautnya dan juga baterainya beserta casing hpnya. Nah! Sampai di sini, proses pemasangan alias atasi hp layar retak yang LCDnya menyatu sudah seleai! Bagaimana? Kalau bisa menerapkan cara ini pastinya biaya yang harusnya sampai ratusan ribu bisa buat jajan tuh!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Atasi HP Layar Retak Tanpa Ganti LCD"

Post a Comment