TIPS MEMILIH TIPE JARINGAN ATAU KUALITAS SINYAL SMARTPHONE ANDROID AGAR STABIL

Penggunaan smartphone berbasis android kini semakin hari semakin banyak. Dengan ribuan aplikasi dan fitur-fitur canggih membuat orang-orang sangat terbantu dengan samrtphone berbasis Android tersebut. Sama halnya dengan smartphone berbasis Ios juga banyak memberikan aplikasi-aplikasi dan fitur yang canggih hanya saja harga dari smartphone berbasis Ios ini harganya cukup mahal berbeda dengan smartphone Android yang harganya bermacam-macam dari yang murah hingga yang mahal.

Selain itu adanya fitur 3G atau 4G pada smartphone tentu dapat mempercepat laju koneksi sehingga orang-orang yang membutuhkan koneksi internet sangat terbantu, namun sayangnya saat ini walaupun jaringan 3G sudah menyebar luas tetapi untuk dipedesaan masih banyak yang kesulitan mendapat jaringan 3G apalagi 4G, mungkin lebih sulit didapatkan. Tetapi berkaitan dengan sinyal sebenarnya masih banyak orang-orang yang kurang memahami profil dari suatu sinyal provider yang diatur dismartphone Androidnya.

Berbicara tentang profil atau tentang tipe jaringan yang diprioritaskan ada beberapa macam seperti automatic TD-SCDMA only, GSM only, 3G, 4G. Sebagian orang banyak yang memilih tipe jaringan automatic dalam hal ini smartphone akan otomatis menangkap sinyal terkuat. Namun yang perlu diperhatikan jika kita telah mengatur untuk Automatic sebenarnya memilih tipe jaringan ini tidaklah dianjurkan karena ini juga yang kadang menjadi penyebab sinyal sering hilang tiba-tiba berbeda jika kita mengatur sendiri maka tidak akan ada perubahan jaringan meski tempat yang didatangi hutan hanya saja kita tidak bisa memaksakan harus memilih jaringan terkuat karena saat ini tipe jaringan yang paling kuat dan stabil adalah tipe GSM only.


Namun jika Anda berada disuatu tempat yang sinyal sangat strong untuk kualitas internet seperti 3G ataupun 4G sebaiknya Anda mengaturnya dengan pilihan tersebut hal ini dapat menstabilkan jaringan internet Anda. Namun untuk mengatur tipe jaringan ini terkadang orang-orang masih banyak bingung. Sebenarnya untuk mengatur yang versi biasa adalah kita tinggal menuju pengaturan/setting smartphone pilihlah jaringan dan ubah pada pengaturan provider yang Anda pakai. Biasanya terdapat tiga pilihan silahkan Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Selain itu ada juga cara lain yang masih banyak orang tidak mengetahui caranya. Berikut ini caranya :
Pertama – tama silahkan hidupkan ponsel Androidnya dan langsung menuju pada menu untuk menelpon
  1. Selanjutnya silahkan ketikkan nomor ini *#*#4636#*#* (lihat gambar diatas), maka otomatis akan menuju halaman baru.
  2. Lalu silahkan klik pada menu Informasi Telepon. skroll kebawah dan amati pada teks Setel jaringan yang disukai dan dibawahnya ada kolom, silahkan pilih GSM Only kalau Anda jarang menggunakan internet. Jika ditempat Anda jaringan internet sudah bagus misalnya 3G atau bahkan 4G maka Anda bisa memilih opsi 3G Only, LTE untuk 4G.
  3. Terakhir tinggal klik tombol Matikan Radio dan signal akan hilang, lalu klik sekali lagi tombol Hidupkan Radio
 

Nah dengan cara ini smartphone Anda akan lebih stabil dalam menerima sinyal, namun seperti yang kami bicarakan sebelumnya saat ini tipe jaringan GSM only lah yang memang sangat stabil termasuk diplosok desa. Jika kita tidak terlalu sering menggunakan aktifitas internet maka sebaiknya Anda memang memilih tipe jaringan GSM tersebut dan tipe jaringan ini juga dianggap bisa menghemat daya baterai dan juga cukup stabil, hanya saja adanya pengurangan kecepatan internet pada tipe jaringan GSM tersebut

Subscribe to receive free email updates: