CARA AGAR BATERAI SMARTPHONE MENGISI LEBIH CEPAT SAAT DI CAS

Akan menyebalkan rasanya jika smartphone anda mengecas dengan waktu yang lama. Maka dari itu cara agar baterai smartphone mengisi lebih cepat saat di cas akan cukup berguna bagi anda. Memang cara ini bukan berarti membuat smartphone anda dapat mengisi dengan sekejap atau kecepatannya seperti smartphone yang memiliki fitur quick charge. Namun setidaknya dengan cara ini anda bisa lebih mempersingkat waktu pengecasan sehingga tidak terlalu lama.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa fungsi baterai disini sangat vital. Bayangkan jika baterai smartphone anda bermasalah, tentunya semua kegiatan pada smartphone terganggu fungsinya. Maka dari itu, dengan pengisian baterai lebih cepat setidaknya juga bisa memperpanjang usia baterai anda karena tidak terlalu lama dicas.

Nah berikut ini adalah cara agar baterai smartphone mengisi lebih cepat saat di cas. Silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Matikan smartphone

Nah bukan menjadi sebuah rahasia jika mematikan smartphone akan mempercepat proses pengisian baterai. Karena dengan dimatikan, maka smartphone sama sekali tak ada aktivitas. Maka dari itu smartphone akan lebih terfokus pada kegiatan pengecasan saja. Selain itu dalam kondisi mati, maka tidak akan ada daya yang dipakai oleh smartphone sehingga pengisian akan lebih cepat. Dengan mematikan smartphone anda saat mengecas, maka smartphone tidak akan mengeluarkan panas yang berlebihan. Hal ini juga yang akan membuat smartphone anda menjadi lebih tahan lama.

2. Jangan digunakan

Cara agar baterai smartphone mengisi lebih cepat saat di cas yang kedua adalah sebaiknya jangan digunakan dulu selama proses pengecasan berlangsung. Layar yang aktif menyedot daya paling besar pada smartphone. Sebaiknya jangan mengopersikan smartphone anda dalam kondisi mengisi baterai, apalagi jika untuk aktivitas berat seperti bermain game. Sepeti yang sudah diungkapkan sebelumnya, akan lebih baik jika anda mematikan smartphone anda selama mengisi baterai.

3. Gunakan charger yang tepat

Yang ketiga adalah sebaiknya gunakanlah charger yang tepat. Atau dengan kata lain, akan lebih baik jika anda menggunakan charger asli bawaan smartphone anda. Karena charger asli sesuai merk smartphone anda memang sudah dioptimalkan untuk mengisi baterai smartphone tersebut. Apabila akan menggunakan charger lain, maka gunakanlah charger yang memiliki output yang lebih besar.



4. Aktifkan mode Airplane

Mengaktifkan mode Airplane merupakan salah satu cara agar baterai smartphone mengisi lebih cepat saat di cas. Cara ini bisa anda pakai jika anda tidak ingin mematikan smartphone anda. Dengan menggunakan mode ini, maka pemakaian daya akan lebih kecil. Hal ini karena mode ini mematikan beberapa feature utama yang menggunakan daya besar, seperti jaringan telepon (3G), mobile data, GPS, serta WiFi.

5. Matikan feature/aplikasi

Berikutnya anda bisa mematikan sejumlah feature dan aplikasi. Apabila anda termasuk salah satu orang yang sibuk dan sering mendapat panggilan telepon, mungkin mematikannya saat pengisian baterai bisa membuat orang sulit menghubungi anda. Maka anda tidak perlu mematikan smartphone atau memutuskan sinyal internet. Namun anda cukup mematikan beberapa feature atau aplikasi yang kemungkinan besar banyak menguras baterai.

6. Gunakan colokan listrik

Cara agar baterai smartphone mengisi lebih cepat saat di cas yang selanjutnya adalah dengan menggunakan colokan listri langsung. Karena jika anda mengisi baterai lewat PC akan membuat pengisian baterai menjadi lebih alama. Hal ini disebabkan oleh daya yang diambil melalui port USB memiliki output lebih kecil (antara 0,5 – 0,9 Ampere), sedangkan menggunakan charger bawaan memiliki output 2 Ampere. Oleh sebab itu, mengecas melalui laptop atau PC merupakan salah satu cara yang kurang tepat untuk smartphone anda.


7. Dua port USB

Selanjutnya adalah menggunakan kabel yang memiliki dua port diujungnya. Hal ini bisa anda gunakan jika memang terpaksa harus mengecas melalui PC atau Laptop. Tancapkan dua port tersebut ke komputer dan pastikan tidak ada aliran daya ke port USB lain. Proses ini akan lebih cepat dibanding menggunakan satu port USB.

8. Pengaruh suhu

Menjauhkan smartphone anda dari kemungkinan mengeluarkan panas yang berlebih adalah salah satu cara agar baterai smartphone mengisi lebih cepat saat di cas. Contohnya adalah jangan meletakkan smartphone didekat komponen listrik lainnya atau terkena sinar matahari langsung. Baterai panas akan mengakibatkan penurunan kemampuannya dalam menyimpan energi. Semakin panas maka akan semakin boros dan semakin lama dalam saat mengisi baterai. Dan ini kemungkinan sangat beresiko meledaknya baterai smartphone.

9. Kalibrasi baterai

Hindari kondisi baterai yang habis hingga 0%. Karena baterai yang terlalu sering digunakan hingga 0% bisa memperpendek usia yang berakibat pada tidak sempurnanya pengisian baterai. Rawat baterai dengan segera mengisi minimal pada kondisi 5%. Dan sebaiknya lakukan kalibrasi baterai paling tidak sebulan sekali dengan cara menggunakannya hingga 0% dan isi hingga 100% dalam kondisi mati. Dengan cara ini baterai anda akan lebih awet dan tidak gampang rusak.

10. Ganti baterai

Cara agar baterai smartphone mengisi lebih cepat saat di cas yang terakhir adalah dengan mengganti baterai anda dengan yang baru. Cara ini ditempuh apabila memang baterai smartphone anda sudah benar benar bermasalah dan tak bisa lagi menampung daya. Mengganti baterai berkualitas yang baru, juga dilakukan agar tidak berpengaruh dan merusak komponen lainnya.

Subscribe to receive free email updates: