CARA MELINDUNGI SMARTPHONE DARI ANCAMAN HACKING

Kali ini kita akan membahas mengenai cara melindungi smartphone dari ancaman hacking. Anda pasti sudah mengenal istilah hacking, nah kini hal ini mulai merambat ke dunia smartphone. Maka dari itu, sebaiknya anda mengetahui hal ini lebih dalam agar dapat mencegah hal tersebut terjadi pada smartphone anda.

Memang smartphone ini memiliki banyak banyak fungsi lebih dari sekedar alat komunikasi. Nah dengan banyaknya fungsi tersebut, ditambah dengan koneksi internet yang terhubung ke dunia luar, semakin banyak pula ancaman yang mengintai smartphone anda, salah satunya ancaman dari para hacker.

Untuk itu untuk anda yang ingin menghidari terjadinya hal itu dan ingin meningkatkan keamanan smartphone anda, berikut ini adalah cara melindungi smartphone dari ancaman hacking. Mari simak penjelasannya.

1. Jangan simpan password

Hal yang paling sering dilakukan bahkan menjadi kebiasaan dari pengguna smartphone adalah menyimpan password pada peramban. Nah perlu anda ketahui bahwa kebiasaan ini merupakan cara yang kurang aman untuk dilakukan pada smartphone Android. Memang pada dasarnya, menyimpan password memang memudahkan anda saat hendak mengakses kembali akun yang dimiliki. Namun walaupun dapat menghemat waktu, hal ini sebaiknya dihindari karena hacker dapat dengan mudah mencuri password yang tersimpan tersebut. Apalagi jika password tersebut digunakan untuk akun penting seperti akun bank atau email kantor. Tentu saja hal ini adalah hal yang bahaya.

2. Proteksi aplikasi

Cara melindungi smartphone dari ancaman hacking yang kedua adalah dengan menggunakan proteksi aplikasi. Mungkin anda cukup kerepotan untuk melakukan login dan logout tiap kali memeriksa email. Hal ini memang terasa kurang praktis praktis. Dan perlu diingat kebiasaan untuk langsung menutup aplikasi tersebut tanpa melakukan proses logout membuat hacker lebih mudah mencuri data. Nah untuk melindungi hal tersebut, anda bisa menggunakan aplikasi pengunci agar lebih aman. Aplikasi ini akan memberikan password tambahan sehingga perlindungan menjadi lebih berlapis. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk ini adalah AppLock.

3. Hindari Free WiFi

Cara melindungi smartphone dari ancaman hacking yang berikutnya adalah sebaiknya hindari free WiFi. Jangan selalu tergiur dengan adanya kemudahan untuk mengakses free WiFi. Memang mungkin hal ini cukup sulit karena tiap orang menyukai akses internet gratis dari tempat yang menyediakan WiFi di area publik. Namun sayangnya, WiFi di area publik bisa sangat berbahaya, terutama untuk mengakses hal-hal yang bersifat rahasia, seperti masuk ke akun bank, memasukkan password email, nomor pin, atau data kartu kredit dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebaiknya tingkatkan kewaspaspadaan anda jika hendak menggunakan WiFi di tempat umum.

4. Lakukan backup

Melakukan backup pada ponsel menjadi hal yang wajib dilakukan sebagai cara melindungi smartphone dari ancaman hacking. Mengapa hal ini menjadi hal yang penting, karena ancaman demi ancaman siap mengintai ponsel anda. Maka untuk mencegah kehilangan data dalam smartphone sebaiknya lakukan back up terlebih dahulu. Lakukan backup dengan mencadangkannya secara cloud sehingga bisa diambil dengan lebih mudah dan aman. Jika ponsel Android telah di-root, ada baiknya menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Nandroid Backups yang memiliki kemampuan recovery yang bagus.

5. Matikan bluetooth

Cara melindungi smartphone dari ancaman hacking yang selanjutnya adalah sebaiknya matikan bluetooth jika sudah selesai digunakan. Hacker juga memanfaatkan koneksi bluetooth yang sedang aktif pada Android untuk meretas ponsel anda. Oleh karena itu, lebih aman jika mematikan fitur ini saat tidak digunakan agar anda terhindar dari ancaman hacker.

Ada beberapa cara melindungi smartphone dari ancaman hacking yang lainnya. Untuk itu kami akan mengulasnya di artikel yang selanjutnya ya. Sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates: