CARA MEMBUAT FITUR GESTURE DI ANDROID

Bahasan kita kali ini adalah mengenai cara membuat fitur gesture di Android. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam sebuah smartphone zaman sekarang, sudah terdapat berbagai fitur lengkap yang sangat berguna bagi para pengguna smartphone.

Salah satu fitur yang dapat membantu anda dalam mengoperasikan smartphone anda adalah fitur Gesture. Selain untuk mempermudah anda dalam menggunakan smartphone, fitur ini juga adalah fitur yang digunakan untuk mempercepat akses ke aplikasi. Bisa dikatakan pula, fitur gesture ini adalah jalan pintas bagi anda yang ingin mengakses suatu aplikasi pada smartphone.

Mengingat seru dan menariknya fitur ini, maka kami akan membagikan cara membuat fitur gesture di Android. Mengintip cara kerjanya, sebagai contohnya saat anda ingin  masuk ke sebuah aplikasi dalam smartphone, anda cukup mengukir garis ke kanan, kiri, atas, maupun bawah di layar smartphone saat kondisi terkunci.

Nah untuk dapat mengakses fitur ini, apabila smartphone anda belum didukung oleh fitur gesture bawaan, maka Android anda tersebut mesti di-root terlebih dahulu. Sebenarnya cara membuat fitur gesture di Android ini tergolong susah-susah gampang. Namun sekali lagi jangan khawatir, karena beberapa cara dibawah ini kemungkinan besar dapat membantu anda. Maka dari itu, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Langkah-Langkah Membuat Fitur Gesture di Smartphone Android
  • Yang pertama harus anda lakukan adalah anda memerlukan aplikasi root Android. Untuk itu gunakan Xposed Framework Installer. Namun apabila tidak berhasil, coba anda gunakan aplikasi ElementalX untuk opsi root lainnya.
  • Cara membuat fitur gesture di Android yang berikutnya adalah jika anda telah berhasil meng-install Xposed ke smartphone Android anda, silahkan ambil aplikasi Wake Gesture, dan instal.
  • Jika anda baru pertama kali menggunakan aplikasi Wake Gesture, maka aplikasi ini akan meminta akses ke Sueperuser. Oleh karena ini, langkah selanjutnya adalah pilih "Grant" pada popup yang muncul. Setelah itu, anda akan masuk ke menu utama aplikasi Wake Gestures.
  • Cara membuat fitur gesture di Android yang selanjutnya adalah anda akan melihat semua pilihan gesture yang tersedia. Silahkan pilih salah satu untuk mengkonfigurasi itu, kemudian sesuaikan gesture dengan apa yang akan anda gunakan nantinya.
  • Langkah terakhir adalah akan ada pilihan "Actions". Pilihan ini akan membuat anda untuk memilih beberapa opsi tindakan seperti Turn screen on, Toggle flashlight, Previous track, dan juga Next track. Selanjutnya, "Applications" memungkinkan anda untuk menentukan gerakan gesture untuk langsung masuk ke aplikasi. Dan pilihan ketiga ada "Shortcuts" yang untuk masuk layanan seperti kontak nama, panggilan langsung, dan lain sebagainya.
Selain dari beberapa pilihan diatas, masih ada beberapa pilihan lainnya. Seperti Pocket Detection yang berfungsi untuk menonaktifkan layanan saat smartphone Android anda sedang diletakkan di saku celana. Ada pula pilihan Power button disables yang memungkinkan anda untuk mematikan Wake Gestures dengan mengunci ponsel melalui tombol Power.

Nah demikianlah beberapa langkah sebagai cara membuat fitur gesture di Android yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya. Semoga berhasil

Subscribe to receive free email updates: