CARA MENYELAMATKAN DATA SAAT LAYAR SMARTPHONE PECAH ATAU MATI

Cara menyelamatkan data saat layar smartphone pecah atau mati merupakan hal yang banyak dicari oleh netizen. Karena anda pasti mengalami kepanikan saat menemukan layar smartphone kesayangan anda pecah dan mati. Karena biasanya berawal dari layar yang mati tersebut, maka kemungkinan komponen smartphone anda akan ikut terganggu.

Dan perlu anda ketahui bahwa saat layar smartphone anda pecah ataupun retak, maka hal ini merupakan salah satu kerusakan yang tergolong parah. Mengapa begitu?. Seperti yang kita ketahui bahwa layar smartphone merupakan komponen terpenting dalam sebuah smartphone apalagi jika smartphone tersebut menggunakan layar sentuh. Maka bisa anda bayangkan bagaimana jadinya jika hal terpenting tersebut mengalami kerusakan parah.

Dan salah satu hal yang mungkin juga akan terjadi saat layar smartphone anda pecah adalah soal keamanan dari data-data anda. Oleh karena itu, dibawah ini kami akan membagikan cara menyelamatkan data saat layar smartphone pecah atau mati. Baikalah langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Cara menyelamatkan data jika layar pecah namun masih bisa menyala

Jika anda mengalami kondisi yang seperti ini, maka anda tak perlu terlalu khawatir. Karena apabila layar pecah namun masih bisa menyala, maka kemungkinan besar bahwa data yang tersimpan si memori internal masih bisa anda selamatkan. Karena anda masih bisa melihat layar meski tak sempurna lagi.

Cara menyelamatkan data saat layar smartphone pecah atau mati saat kondisinya masih menyala adalah ambil kabel USB OTG (On The Go) ataupun kabel data sejenisnya untuk menghubungkan ponsel ke komputer. Jika kedua perangkat tersebut sudah terhubung, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah segera lakukan proses pemindahan data (transfer) dari memori internal menuju HardDisk komputer. Kemudian salin semua data penting hingga tak sedikitpun tersisa.

Dan apabila ada tidak mempunyai komputer atau laptop untuk menyimpan data tersebut, anda bisa menggunakan kabel USB OTG untuk menghubungkan ponsel ke FlashDisk. Apabila anda juga tak memiliki kabel USB OTG, maka sebaiknya anda pindahkan data memori internal menuju memori eksternal microSD. Maka data akan aman dan berpindah tempat. Dan sekali lagi kami tekankan bahwa cara tersebut bisa anda lakukan jika layar smartphone anda masih menyala dan masih bisa berfungsi.

2. Cara menyelamatkan data jika layar pecah dan mati


Nah berbeda dari kejadian yang ada diatas, Cara menyelamatkan data saat layar smartphone pecah atau mati saat kondisi layar sudah tak mempunyai reaksi apapun atau dengan kata lain layar tersebut sudah mati, maka anda membutuhkan sebuah program untuk dapat melakukannya. Program VNC tersebut juga mudah anda dapatkan di toko aplikasi. Sebagai informasi bahwa VNC adalah sebuah program yang memindahkan antarmuka Android menuju komputer sehingga segala sesuatu bisa dikendalikan langsung dari layar desktop.

Nah jika anda ingin menjalankan salah satu program VNC, maka tentu saja anda harus mengunduh dan memasang terlebih dahulu ke komputer serta perangkat Android. Dan tak hanya tersedia dalam versi yang gratis, namun program ini juga tersedia dalam versi berbayar. Tentu saja yang versi berbayar memiliki keunggulan dibandingkan dengan versi yang gratis. Tak hanya memiliki fitur yang lebih canggih, namun versi berbayar juga memiliki cakupan pemakaian yang lebih luas dibandingkan dengan versi gratis.

Dan kini pertanyaannya adalah bagaimana jika cara penyelamatan tersebut ternyata gagal dilakukan. Nah solusi yang paling tepat adalah dengan memperbaiki layar tersebut. Dan sebaiknya anda lakukan di tempat terpercaya dan merupakan tempat servis smartphone resmi. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kejadian yang lebih fatal.

Itulah beberapa Cara menyelamatkan data saat layar smartphone pecah atau mati yang bisa kami sampaikan. Selamat mencoba dan semoga dapat membantu anda ya. Semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "CARA MENYELAMATKAN DATA SAAT LAYAR SMARTPHONE PECAH ATAU MATI"

  1. Ane coba dulu gan,layar ane pecah masih bisa nyala tapi di sentuh gak respon,Ane mau nyelametin data di notepad kira2 bisa ga ya
    mana paswod di situ semua lg

    ReplyDelete
  2. Mana bisa di instal di hp?? Kan layar hp atw layar sntuh.y juga sudah tidak berfungsi gan? Aneh2 aja ah,, kalo layar masih berfungsi mngkin ane gak prlu pake aplikasi apa2 bwt mindahin data..

    ReplyDelete
  3. admin goblok .. hp pecah ya mna.bisa install aplikasinya kecuali usb debuggingnya udah aktif . bru.bisa install ...

    ReplyDelete
  4. Mungkin maksud admin, pasang dulu apknya terus hpnya baru di pecahin...

    ReplyDelete
  5. fitur reportnya dimana yah ? kesel bat

    ReplyDelete
  6. kukira aku aja yg jengkel baca artikel ini :'D

    ReplyDelete