LAYAR HANDPHONE TIDAK BISA DISENTUH SEBAGIAN

Ada banyak permasalahan saat menggunakan smartphone. Salah satu masalah yang sering ditemui dalam menggunakan smartphone adalah layar handphone tidak bisa disentuh sebagian. Masalah ini tentu saja akan sangat mengganggu ketika sedang memakai handphone. Karena saat ini sebagian besar smartphone sudah menggunakan layar sentuh. Maka jika tidak bisa disentuh, otomatis smartphone tidak bisa digunakan.

 Nah masalah semacam ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Untuk itu kami akan membahas mengenai penyebab layar handphone tidak bisa disentuh sebagian dan cara mengatasinya. Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Penyebab Layar Handphone Tidak Bisa Disentuh Sebagian :

1. Terjatuh

Benturan saat handphone terjatuh, bisa membuat layar sentuh menjadi tidak berfungsi secara tiba-tiba. Apalagi jika terkena layarnya langsung.

2. Terkena Air

Biasanya air masuk ke bagian tertentu pada layar, sehingga mengakibatkan touchscreen tidak bisa bekerja sebagian.

3. Umur Handphone

Jangan heran jika handphone lama tiba-tiba mengalami keluhan layar yang tidak berfungsi. Ini sering terjadi.

4. Tertekan Benda Berat

Jika HP tertekan benda berat, maka sangat mungkin merusak touchscreen-nya. Terutama kalau terkena bagian ujung layar.

5. Faktor Sistem

Misalnya karena RAM yang penuh, maka dampaknya kadang bisa membuat touchscreen tidak merespon.

6. Charger

Pemakaian charger yang salah juga bisa memicu munculnya masalah ini.

Sebelum memperbaiki layar handphone tidak bisa disentuh sebagian, ada baiknya Anda mengetahi lebih dulu bagian mana yang error dari layar tersebut. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda saat memperbaikinya nanti. Anda dapat mengeceknya dengan menggunakan aplikasi agar lebih praktis dan mudah.

Langkah-langkahnya adalah :
  1. Buka Playstore, cari aplikasi Touchscreen Test, kemudian unduh.
  2. Buka aplikasinya, kemudian klik Start Test.
  3. Silakan tes LCD HP Anda. Usahakan, cek mulai dari daerah sisi layar dulu.
Jika sudah, Anda bisa mengikuti beberapa Cara Mengatasi Layar Handphone Tidak Bisa Disentuh Sebagian yang ada dibawah ini.

1. Bersihkan Dulu Layar Handphone

Hal ini sebenarnya sepele, namun layar yang kotor biasanya dapat mempengaruhi kerja touchscreen. 

Untuk membersihkannya ikuti cara ini:
  • Untuk dasar Anda bisa mencoba menggunakan tissue lalu lap secara perlahan
  • Anda juga dapat menambahkan sedikit air pada tissue, lalu lap pelan-pelan. Tapi ingat, untuk tissuenya jangan terlalu basah, dan pastikan hanya mengenai touchscreennya saja.
  • Jika handphone Andan menggunakan screen protector (misalnya tempered glass) coba dilepas dulu.
2. Cek dan Bersihkan Pemakaian RAM Android

Masalah sistem dapat mempengaruhi kinerja dari touchscreen. Salah satunya adalah karena RAM yang penuh. RAM penuh dapat membuat respon sistem menjadi berkurang, sehingga dapat memunculkan suatu bug tertentu. Ada baiknya Anda mengecek pemakaian memori Anda. Caranya adalah :
  • Buka Setelan Android
  • Buka menu Memori
  • Kemudian cek pemakaian RAM
  • Bersihkan memori
3. Coba Tekan Layar Handphone

Cara ini bisa dipakai karena mungkin saja ada beberapa bagian layar yang longgar. Dengan begini, anda bisa mengencangkannya kembali. Caranya adalah dengan menjepit layar yang tidak berfungsimenggunakan jari telunjuk dan jempol. Atau bisa juga hanya menekan layarnya dengan menggunakan jari. Namun ingat, lakukan cara ini dengan hati-hati.

4. Matikan Handphone Anda Sementara Waktu


Mematikan HP di sini bertujuan untuk me-reset, serta ditujukan untuk HP yang sering mengalami panas berlebih. Nah, panas ini sangat berhubungan dengan layar sentuh. Beberapa layar HP Android, ada yang sensitif terhadap suhu HP. Jika suhunya terlalu panas, kadang sebagian permukaan layar tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
5. Ganti Charger Anda

Charger yang bermasalah dapat berakibat menghilangkan respon tertentu dari handphone. Hal ini dikarekan tegangan yang kurang sesuai, akibat penggunaan charger yang tidak tepat (biasanya karena terlalu tinggi). Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk mengganti charger tersebut dengan charger original.

6. Lakukan Factory Reset

Langkah berikutnya yang bisa anda lakukan saat layar handphone anda tidak bisa disentuh sebagian adalah dengan melakukan factory reset. Untuk cara mlakukannya, setiap smartphone memiliki tombol yang berbeda-beda. Namun sebelum melakukannya, disarankan untuk memback-up data terlebih dahulu. Karena cara ini daapt menghapus semua data yang anda miliki di handphone tersebut. Berikut cara melakukan factory reset :
  • Tekan tombol home diikuti dengan volume up / down
  • Kemudian cari Wipe Data atau Factory Reset dengan memakai pemberian tombol volume down/up. Jika sudah ketemu pilih dengan menekan tombol home.
  • Pilih "Yes delete all user" kemudian tunggu hingga proses selesai.
7. Ganti Touchscreen

Cara yang paling terakhir adalah dengan mengganti touchscreen handphone anda. Langkah ini ditempuh apabila semua cara mudah yang lainnya tidak berhasil membuat layar anda bisa disentuh lagi. Karena kemungkinan besar layar handphone anda memang benar-benar rusak.

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki layar handphone tidak bisa disentuh sebagian. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LAYAR HANDPHONE TIDAK BISA DISENTUH SEBAGIAN"

Post a Comment