MEMPERBAIKI MASALAH SINYAL HANDPHONE LANGSUNG PADA BAGIAN ANTENE

Sinyal merupakan hal yang sangat penting bagi penggunaan mobile phone atau handphone kita, baik smartphone, blackberry, ataupun HP biasa. Kalau sinyal kita punya kendala seperti sinyal lemah, sinyal tidak stabil, bahkan sinyal tidak ada sama sekali yang diterima oleh handphone kita, kalau ini terjadi tentu kita tidak bisa melakukan aktifitas komunikasi kita seperti panggilan, sms, chatting ataupun menikmati layanan internet lainnya.

Jika kita analisa dengan logika memang ada kendala pada sinyal yang berasal dari operator,  terkadang handphone kita sudah disetting dengan pengaturan sinyal yang bisa diterima dengan baik namun sayang wilayah atau tempat tidak dijangkau oleh operator. Namun terkadang analisa kita salah kita juga sebaiknya harus patut mencurigai kondisi handphone kita, mungkin Anda sudah berada dilokasi atau wilayah yang sudah sangat baik cakupan sinyalnya namun sinyal juga tidak baik kita terima bahkan tidak ada sama sekali.

Setelah Anda melakukan pengaturan dengan seksama pada handphone namun masih belum juga berhasil mendapat sinyal Anda bisa mengecek langsung kondisi antene handphone Anda dengan cara membongkar handphone Anda. Namun perlu diperhatikan dalam membongkar sebuah handphone haruslah punya keyakinan dan menimal sedikit keahlian dan kehati-hatian, banyak komponen yang mudah rusak jika Anda melakukan kesalahan seperti kabal lcd yang mudah putus.

Jika Anda ragu untuk membongkarnya mungkin Anda bisa membawanya kekonter atau Anda minta bantu teman Anda yang sudah berpengalaman. Jika Anda yakin dan mampu, silahkan lakukan apa yang kami sarankan tadi.

Lepaskan cover batere dan lepaskan juga baterenya, simcard dan memory card pun harus Anda lepas, setelah itu bukalah baut pengunci pada setiap sisi handphone, gunakan obeng yang sesuai dengan lubang baut agar tidak merusak baut yang memang mudah aus. setelah itu buka chasing handphone Anda, dan langsung saja Anda melakukan pengecekan pada komponen antene handphone Anda. Biasanya terletak dibagian atas dekat lubang headset. (lihat gambar dibawah ini)


Jika Anda sudah menemukan beberapa komponen antene tersebut, perhatikanlah dengan seksama, apakah ada baut yang melekatkan kabel antene longgar, atau kabel koneksi antene terputus, dan mungkin ada masalah lain yang bisa Anda curigai sebagai penyebab gangguan sinyal handphone Anda.

Setelah melakukan pengecekan dan perbaikan, Anda harus melihat kondisi sinyal Anda dengan menghidupkan handphone Anda. Pasang kembali body handphone Anda pasang simcard dan batere namun tidak perlu memasang baut pengunci body dahulu agar jika masih ada kendala Anda tidak perlu repot-repot  untuk membongkarnya kembali. Setelah dirasa sinyal Anda sudah baik dan benar pasanglah baut pengunci handphone Anda. Semoga cara ini bisa membantu masalah sinyal Anda.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "MEMPERBAIKI MASALAH SINYAL HANDPHONE LANGSUNG PADA BAGIAN ANTENE "

  1. Kok punya saya kalo pakai headset sinyalnya malah lebih lemah??

    ReplyDelete
  2. Sinyal honor 4c kok turun ke Edge apa penyababnya

    ReplyDelete