MENGATASI LCD SMARTPHONE TIBA-TIBA BLANK PUTIH

MENGATASI LCD SMARTPHONE TIBA-TIBA BLANK PUTIH
Jika secara tiba-tiba LCD Smartphone kita blank dan berwarna putih tentu akan membuat panik, memang dengan tampilnya warna putih polos akan mengganggu aktifitas kegunaan smartphone kita. Tapi dari kejadian itu apakah kita akan langsung menganggap LCD kita sudah rusak. Eits jangan terburu-buru memutuskan bahwa LCD smartphone kita yang blank tersebut rusak dan belum tentu ada kerusakan pada LCD tersebut bisa jadi ada hal lain yang menyebabkan LCD tersebut blank bewarna putih. 

Memang banyak sekali penyebab dari LCD blank putih oleh karena itu kita harus tenang dalam menyikapi masalah LCD blank tersebut. Alangkah baiknya jika kita  mengecek penyebabnya terlebih dahulu.
Contoh kasus pertama yang sering terjadi adalah misalnya sebuah smartphone baru dinyalakan maka langsung terjadi blank  putih dan tidak berbunyi. Langkah pertama sebaiknya coba test dengan miscall jika memang tidak ada reaksi seperti atau bergetar bisa kemungkinan smartphone Anda yang sedang ngehang. Hal ini biasanya disebabkan oleh kerusakan sistem operasi (Software) atau rangkaian HP itu sendiri.

Namun jika saat itu smartphone kita masih bisa dimiscall dan berbunyi kemungkinan benar adanya kerusakan pada LCD smartphone Anda. Tetapi kami berharap hal initidak  terjadi demikian pada LCD smartphone Anda. Mungkin Anda sebaiknya ikuti langkah-langkah kami terlebih dahulu dibawah ini dan mudah-mudahan langkah ini bisa mengembalikan lagi LCD Anda seperti semula.

1.       Flash Ulang 
Seperti yang kami bahas diatas mungkin jika smartphone memang benar terjadi kerusakan pada Sistem operasi atau OS pada smartphone Anda sebaiknya kami sarankan untuk melakukan flash ulang. Untuk mengenai caranya tentu kita butuh sebuah alat seperti PC, Kabel USB, Software/Aplikasi Flash yang khusus untuk memasukkan OS ke dalam HP dengan type sesuai smartphone Anda dan tentu prosesnya pun berbeda-beda tergantung merk dan tipenya.

2.       Bersihkan Rangkaian LCD 
Namun jika kerusakan pada bagian hardware smartphone Anda, mungkin Anda bisa memberanikan diri untuk memeriksa rangkaiaan smartphone Anda yaitu dengan cara membongkar dulu casing dan lihat bagian-bagian komponen yang terhubung ke LCD. Cek dengan seksama bila terdapat kotoran bisa Anda bersihkan dengan perlahan dengan kuas. Untuk mendapat hasil yang bagus gunakan cairan khusus untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut namun jangan langsung nyalakan smartphone Anda tetapi keringkan dulu cairan tersebut hingga benar-benar kering. Jika sudah selesai Anda bisa menyalakan kembali smartphone Anda. Mudahan-mudahan LCD Anda kembali seperti semula.

3.       Memperbaiki LCD atau menggantinya




LCD Blank putih bisa juga disebabkan adanya putus pada fleksibel LCD. Ya memang sama seperti cara diatas jika memang terdapat kerusakan pada rangkaian LCD seperti putusnya kabel Fleksibel penghubung antara LCD dengan mesin smartphone Anda kami menyarankan sebaiknya Anda membeli baru LCD karena untuk menyambungkan kabal flaksible tersebut sangat susah. Jika memang rangkaian kabel flaksible tersebut bisa diganti ya mungkin Anda bersyukur Anda hanya cukup membeli kabel tersebut saja, namun jika kabel tersebut memang menempel satu dengan LCD kemungkinan Anda harus mengganti LCD.

Mungkin itulah cara yang bisa kami berikan kepada Anda perihal masalah Layar LCD Blank putih pada smartphone Anda. Semoga bermanfaat mohon maaf jika terdapat kesalahan informasi yang kami berikan. Ingat berhati-hatilah dalam melakukan 3 langkah diatas karena kami hanya menyarankan saja karena jika Anda melakukan kesalahan fatal saat memperbaiknya seperti saat mengeflash, membongkar atau memasang rangkaian LCD Anda itu diluar tanggung jawab kami. Jika Anda ragu mungkin Anda bisa berikan kepada sang ahlinya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "MENGATASI LCD SMARTPHONE TIBA-TIBA BLANK PUTIH"