FITUR TERBARU OS ANDROID N DEVELOPER PREVIEW

Android N Developer Preview akhirnya resmi dirilis. Fitur terbaru OS Android N Developer Preview pun sudah dapat dinikmati. Namun untuk saat ini OS ini baru diperuntungkan bagi pengguna Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Nexus 9, dan Pixel C. Kemunculan dari OS terbaru besutan Google ini memang cukup mengejutkan publik. Sebab Google biasanya baru merilis sistem operasi Android terbaru setelah mengadakan acara Google I/O. Namun Namun kali ini tidak demikian.

Namun Google sendiri sebenarnya belum menyebutkan nama resmi dari Android N itu sendiri. Mengenai fitur, Android N akan terfocuskan pada kemampuan multitasking, peningkatan fungsionalitas notifikasi, serta peningkatan daya tahan baterai.

Untuk itu berikut ini adalah penjelasan mengenai Fitur terbaru OS Android N Developer.

1. Peningkatan Fitur Notifikasi 

Salah satu Fitur terbaru OS Android N Developer yang menarik adalah peningkatan Fitur Notifikasi. Dimana nantinya semua notifikasi mulai dari chating, sms, dan lain sebagainya, akan dibundle menjadi satu sehingga lebih simple dan terkesan lebih sederhana. 

Tak hanya itu, pengguna Android N juga bisa langsung membalas notifikasi yang masuk, karena Google sudah menggunakan API (Applications Programming Interface) yang sebelumnya mereka adaptasikan pada Android Wear, sehingga tak perlu lagi masuk ke aplikasi untuk membuka pesan yang masuk. Hal ini tentu akan mempermudah para pengguna Android dalam melihat notifikasi yang ada.

2. Fitur Split-screen multitasking


Fitur terbaru OS Android N Developer yang kedua dan sekaligus yang paling menarik adalah Fitur Split-screen multitasking. Sebenarnya fitur ini memang bukan sebuah fitur yag baru, karena sebelumnya Samsung telah mengadopsinya pada jajaran smartphone flagship buatannya. 

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa Google sedikit terlambat dalam mengadopsi fitur yang bisa menampilkan dua aplikasi atau lebih pada satu layar secara bersamaan ini. Meski begitu, dengan hadirnya fitur Split-screen multitasking, maka akan membuat semua smartphone yang mengadopsi Android N bisa merasakan kemudahan multitasking dalam menjalankan banyak aplikasi. Jadi kemudahan ini tak hanya menjadi milik Samsung saja.

3. Mendukung Pemograman Java 8 language

Fitur terbaru OS Android N Developer yang selanjutnya adalah mendukung pemrogaman Java 8. Hadirnya Java 8 juga sudah mendukung Android’s Jack compiler yang memiliki beragam fitur seperti default and static methods, streams, dan functional interfaces. Dengan demikian para pengembang kini dapat lebih bebas berkreasi dalam menghasilkan aplikasi Android terbaik.

4. Peningkatan Kemampuan Mode Doze and Project Svelte

Fitur terbaru OS Android N Developer yang terakhir adalah Fitur Doze. Sebelumnya fitur ini telah tersedia pada sistem operasi Android Marshmallow, namun dalam OS Android N kemampuannya ditingkatkan kembali agar semakin maksimal. 

Tujuan diberikannya fitur ini, agar daya tahan baterai semakin awet, karena secara otomatis akan meningkatkan kemampuan menghemat baterai dengan melakukan pengaturan notifikasi ataupun aplikasi yang berjalan pada background proces saat layar dimatikan atau ketika standby. Namun tak sampai disitu saja, Google juga meningkatkan kemampuan Project Svelte yang berguna untuk mengurangi pemakaian memori Ram, sehingga Android N bisa bekerja secara maksimal dan lebih efisien dalam urusuan daya tahan baterai serta managemen memori Ram. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kerja dari smartphone itu sendiri.

Nah untuk para calon pengguna OS ini, anda terlebih dahulu harus melakukan sign up ke akun Google agar mendapatkan pembaharuan sistem lewat update Over The Air (OTA). Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FITUR TERBARU OS ANDROID N DEVELOPER PREVIEW"

Post a Comment