CARA MENGOBATI PENYAKIT KECANDUAN GAME HANDPHONE

Bermain game memang menjadi hal yang menyenangkan, terutama untuk menghilangkan kepenatan. Namun pada zaman tekhnologi seperti saat ini, nampaknya game dapat menimbulkan permasalahan tersendiri. Apalagi yang kini game mulai meracuni para anak-anak , remaja, hingga dewasa. Dampak yang ditimbulkan pun beragam, mulai dari mempengaruhi kesehatan fisik hingga kejiwaan. 

Kali ini kami akan memberikan beberapa cara mengobati penyakit kecanduan game handphone. Namun sebelumnya kami akan membahas mengenai beberapa ciri kecanduan game online. Mari simak ulasan lengkapnya dibawah ini. 

Ciri kecanduan game online yang harus diwaspadai, di antaranya:
  • Merasa tidak enak saat sedang jauh dari video game
  • Memikirkan video game favorit terus-menerus
  • Tidak ingin melakukan aktivitas lain selain bermain game
  • Merasa ingin menghabiskan waktu lebih dalam bermain game
  • Tidak bisa berhenti atau mengurangi jam bermain game
  • Selalu bermain game untuk obati suasana hati yang tak menentu.
  • Munculnya masalah di sekolah, pekerjaan, dan rumah akibat bermain game
  • Berbohong terhadap orang lain terkait lamanya waktu yang Anda habiskan untuk main game
  • Melakukan berbagai tindakan kriminal hanya untuk dapat bermain game.
  • Gangguan syaraf.
Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Apabila anda atau keluarga anda sudah kecanduan game online, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut :

1. Membatasi waktu bermain game

Cara mengatasi kecanduan game online yang pertama adalah dengan membatasi waktu bermain. Apabila Anda sering menghabiskan waktu terlalu lama untuk bermain game, cobalah untuk membuat jadwal bermain game dan beri batas waktu bermain, misalnya hanya 1 jam per hari.

Dengan jadwal yang teratur, mungkin saja dapat membantu Anda membagi waktu antara bermain game dan menyelesaikan kewajiban lain. Apabila perlu, Anda juga bisa membuat catatan pengingat atau alarm di ponsel agar tidak terlalu lama bermain game. Untuk awal mencoba, mungkin agak terasa sulit, namun dengan membiasakan diri, lama kelamaan akan terasa mudah dan terbiasa.

2.  Meletakkan perangkat game di luar kamar tidur

Jika anda memiliki kebiasaan bermain game di dalam kamar, maka hindarilah untuk membawa handphone anda ke dalam kamar. Karena bermain game di kamar tentu akan sangat nyaman. Hal itu yang pada akhirnya membuat anda betah berlama-lama bermain game.


3. Mencari hobi baru

Mencari hobi baru menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mengobati penyakit kecanduan game handphone. Pilihlah hobi yang mungkin anda sukai. Alihkan perhatian anda dari handphone. Jika anda suka berolahraga, akan lebih baik. Hobi berolahraga tentu akan membuat tubuh menjadi bugar dan dapat mengurangi aktivitas anda bermain game.

4. Menjalani psikoterapi

Apabila anda sudah melakukan berbagai cara diatas, namun belum berhasil, maka anda dapat melakukan cara ini yaitu dengan menjalani psikoterapi. Datanglah untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater. Salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan kecanduan game online adalah terapi kognitif perilaku atau cognitive behavioral therapy (CBT).

Mengapa anda perlu ke psikiater? Karena kecanduan game online merupakan salah satu masalah kesehatan mental. Kecanduan game online hingga mengganggu waktu istirahat, sekolah, atau pekerjaan sehari-hari, tentu harus mendapatkan penanganan yang tepat. Dan apabila sudah menjalar ke gangguan syaraf. maka anda perlu berkonsultasi dengan dokter ahli.

Nah demikianlah beberapa cara mengobati penyakit kecanduan game handphone. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat. Sampai jumpa di ulasan menarik berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGOBATI PENYAKIT KECANDUAN GAME HANDPHONE"

Post a Comment