BERBAGAI MACAM SINYAL HANDPHONE DAN KECEPATANNYA

Jika anda ingin memakai jaringan internet di ponsel anda, tidak ada salahnya jika anda mengenal lebih dulu berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya. Karena tidak sedikit pula yang tidak mengetahui apakah arti dari simbol sinyal jaringan di pojok layar handphone seperti G, E, H, 3G, dan lain sebagainya.

Untuk itu, anda perlu memahami benar apa yang dimaksud dengan beberapa simbol tersebut. Karena masing-masing simbol memiliki kecepatan dan kekuatannya masing masing. Sebelumnya, lebih baik kita kenali dulu besaran data jaringan. Perbedaan antara Mbps dan MBps yaitu antara b (bits) dan B (byte). Walau ada awalan M untuk Mega, namun kedua indikator sinyal sangatlah berbeda daya transfer datanya. Sedang ps adalah singkatan per-second untuk kecepatan transfer. Sederhananya seperti ini : 8 bits = 1 byte 1000 bytes = 8 kilobits (kb) = 1 Kilobytes (KB) 1000 Kilobytes (KB) = 8 megabits (Mb) = 1 Megabyte (MB).

Nah berikut ini adalah berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya.

1. Sinyal G atau GPRS

Sinyal G atau GPRS adalah jaringan sistem data paket internet yang merupakan salah satu dari berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya. GPRS sendiri merupakan singkatan General Packet Radio Service.

Jaringan ini memiliki kecepatan data mencapai 35 - 171 Kilobits per-second (Kbps). Jika Anda menemui sinyal G di HP. Maka anda harus membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengakses internet, bahkan terkadang anda hanya akan mendapati website dengan simbol error karena sinyal yang tidak stabil

2. Sinyal E atau EDGE

Generasi di atas GPRS adalah E atau EDGE (Enhanced Data rate for GSM Evolution). Walau disebut 'Evolution' namun sinyal E tidak begitu cepat data transfernya. Salah satu dari berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya ini memiliki kecepatan data transfer antara 120 Kbps sampai dengan 384 Kbps. Meski masih tergolong lambat, namun setidaknya sinyal ini lebih baik dari sinyal GPRS.

3. Sinyal 3G Sinyal 3G

Berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya yang selanjutnya adalah Sinyal 3G. Mungkin beberapa tahun yang lalu dan hingga kini sinyal ini sedang menjadi andalan di Indonesia. Sinyal 3G sebenarnya turunan dari 2G atau GPRS.

3G sendiri adalah 3GPRS atau GPRS versi 3. Yang membedakan adalah protokol transfer data yang menggunakan UMTS (United Mobile Telecommunication Technology). Kecepatan datanya dimulai dari 384 Kbps sampai 2 Mbps. Untuk mengakses internet, jaringan ini sudah cukup baik. Namun sinyal yang diterima harus stabil agar internet dapat lancar dan tidak terputus.

4. Sinyal H atau HPSA/HSDPA


Generasi jaringan berikutnya adalah HSPA (High Speed Packet Access) atau kadang dikenal dengan 3,5G. Berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya yang satu ini sedikit lebih cepat dari sinyal 3G, transfer datanya antara 600 Kbps sampai 10 Mbps.

Walau sebenarnya hanya rata-rata 1-3 Mbps. Sedang sinyal HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau kadang H+ memiliki kecepatan mencapai 7,2 Mbps. Tentu saja jaringan ini tergolong sinyal yang sangat baik. Namun yang disayangkan adalah untuk beberapa daerah masih sulit mendapatkan sinyal dengan kekuatan yang demikian.

5. Sinyal 4G atau LTE

Salah satu dari berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya adalah sinyal 4G atau LTE. Sinyal 4G atau generasi ke 4 dari GPRS juga disebut LTE (Long Term Evolution) mampu menangkap kecepatan hingga 100 Mbps. Di Indonesia sendiri, provider telekomunikasi yang membesut sinyal 4G adalah pemegang merek Bolt.Meski sudah banyak smartphone yang mendukung jaringan sinyal ini, namun lagi-lagi berbagai daerah masih ada yang belum mendapatkan sinyal 4G.

6. Sinyal 5G

Jaringan sinyal yang sedang digarap Samsung, 5G atau mmWave Techonology mungkin datang beberapa tahun ke depan atau dengan kata lain, proses pengerjaan dan penyempurnaannya belum rampung benar. Kabarnya, sinyal ini mampu membesut kecepatan data transfer mencapai 1 Gbps, alias Gigabyte per-second. Tentu saja sinyal 5G akan mampu memuaskan anda dalam menjelajahi dunia internet.

Subscribe to receive free email updates: