CARA MEMAKSIMALKAN FITUR PADA KAMERA SMARTPHONE

Tak hanya menggunakan kamera DSLR, namun saat ini banyak penyuka dunia fotografi yang memanfaatkan kamera smartphone. Maka tak heran jika banyak yang mencari cara memaksimalkan fitur pada kamera smartphone. Karena di era yang sudah mengalami banyak kemajuan ini, tak sedikit vendor smartphone yang melengkapi smartphone andalannya dengan kamera beresolusi tinggi.

Jadi dapat dikatakan bahwa hasil foto yang diambil dengan menggunakan kamera smartphone tak kalah dengan kamera canggih lainnya. Bahkan dengan menggunakan kamera ponsel, hal ini dianggap lebih praktis dan ekonomis saat dibawa. Dengan dilengkapi beberapa fitur menarik, kamera smartphone anda tentunya dapat membuat anda menghasilkan foto yang lebih menarik.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara memaksimalkan fitur pada kamera smartphone. 

1. High Dynamic Range (HDR)

Kebanyakan smartphone sekarang ini sudah memiliki opsi atau fitur HDR. Ketika anda memakai fitur HDR, maka kamera anda sebenarnya sudah mengambil tiga foto dengan tiga exposure yang beda, yakni rendah, standard, dan tinggi. Kemudian program pada ponsel anda akan menyatukan tiga foto tadi dan menjadikan gambar yang lebih tajam.

Cara memaksimalkan fitur pada kamera smartphone dengan fitur HDR adalah saat pengambilan gambar landscape, Anda akan mendapat warna langit, gedung, atau rerumputan yang lebih kaya, dengan kualitas gambar yang lebih jernih. Dan dalam kondisi backlight. Ketika anda harus mengambil sebuah momen berharga, namun sinar matahari pada bagian belakang objek bersinar terlalu terang. Fitur ini dapat digunakan untuk memaksimalkan hasilnya.


2. Burst Mode

Cara memaksimalkan fitur pada kamera smartphone yang kedua adalah dengan menggunakan Burst Mode. Menentukan waktu yang tepat, tentunya akan menjadi suatu hal yang terbilang sulit dalam mengambil gambar. Tetapi hal ini dapat diakali dengan pemanfaatan fitur burst mode. Fitur ini sendiri telah tersedia pada setiap ponsel pintar yang beredar di pasaran saat ini.

Yang perlu diingat adalah setiap ponsel juga memiliki fungsi yang beda. Seperti pada smartphone iPhone, anda tinggal men-tap dan menahan tombol shutter selama yang anda butuhkan. Maka Semua foto tsb akan tersimpan dalam satu thumbnail.Sedangkan pada smartphone Android (tergantung model), anda harus masuk ke opsi mode dan memilih Burst Mode pada menu tersebut. Selanjutnya anda tinggal melakukan cara yang sama seperti pada remote shutter dan ponsel akan mengambil 20 gambar sekaligus secara langsung.

3. Remote Shutter

Cara memaksimalkan fitur pada kamera smartphone yang selanjutnya adalah dengan remote shutter. Di semua ponsel pintar, tombol shutter fisik sudah digantikan dengan tombol digital. Namun secara anda sadari atau tidak, tombol digital ini sebenarnya dapat digantikan dengan tombol fisik.

Pada Smartphone iOS dan Android umumnya dapat mengambil gambar dengan menekan tombol volume. Namun untuk Samsung Galaxy S4 dan LG G Flex, anda hanya perlu berkata “Chesse” untuk mengambil gambar, tanpa diharuskan menekan tombol sekalipun.

4. Mengunci fokus dan exposure


Cara memaksimalkan fitur pada kamera smartphone yang terakhir adalah dengan mengunci fokus dan exposure  sebuah gambar yang akan difoto. Memotret objek bergerak adalah salah satu tantangan berat dalam mengambil gambar memakai smartphone. Oleh karena itu fokus dari ponsel ini akan berubah, tergantung pada objek yang sedang bergerak. Namun ada satu cara yang terbilang bagus dan bisa membuat kamera ponsel kita untuk tetap fokus dan exposure tetap terkontrol. Caranya Anda tinggal men-tap layar dan tahan di satu objek saja. Sesudah itu, fokus dan exposure tidak akan berubah, meskipun objek yang anda bidik sedang bergerak.

Demikianlah beberapa Cara memaksimalkan fitur pada kamera smartphone yang bisa kami bagikan untuk anda. Selamat mencoba dan selamat menghasilkan foto yang baik dan berkualitas ya.

Subscribe to receive free email updates: