CARA MENGATASI LAYAR ANDROID YANG BERGERAK SENDIRI

Cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri adalah hal yang paling banyak dicari jika ponsel anda mendapati layar ponsel anda beroperasi sendiri tanpa disentuh. Hal ini tentu mengganggu setiap pengguna ponsel yang mengalaminya. Karena selain membuat pengguna ponsel tersebut tidak nyaman, tentu saja akan mengganggu kinerja ponsel itu sendiri.

Hal semacam ini sering juga disebut sebagai ghost touch. Perlu diingat bahwa ghost touch ini tidak hanya terjadi pada smartphone android dari merk yang kurang terkenal, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada ponsel bermerk yang populer sekalipun.

Nah dibawah ini adalah penyebab dan cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri.

1. Kerusakan pada Charger

Saat sedang mengecas ponsel dan layarnya bergerak sendiri, mungkin terjadi kerusakan pada charger yang anda pakai. Segera cek keadaan charger anda agar tidak merusak ponsel jika terus menerus digunakan. Setiap membeli charger yang baru, usahakan beli charger yang original karena memang sesuai dengan kebutuhan ponsel anda.

2. Kerusakan pada layar atau LCD

Cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri bisa juga dengan mengecek apakah ada kerusakan pada layar atau LCD ponsel anda. Karena bisa saja layar ponsel anda terkena percikan air yang merembes ke dalam ponsel mengakibatkan layar bergerak dengan sendirinya. Jika sudah begini, sebaiknya ganti layar LCD anda agar tidak menyerang ke perangkat yang lainnya.

3. Kondisi pelindung layar/Screen Guard/Screen Protektor yang kotor

Jika pelindug layar ponsel anda kotor dan menyebabkan layar bergerak sendiri maka cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri adalah dengan melepaskam pelindung layar kemudian bersihkan layar dari berbagai kotoran yang menempel dan ganti pelindung layar dengan pelindung yang baru.

4. Kerusakan pada baterai ataupun baterai kehabisan daya


Karena kebanyakan ghost touch terjadi di saat-saat baterai di android mau habis, jadi cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri adalah dengan segera isi kembali baterai ponsel anda. Namun jika ghost touch masih terjadi, periksalah keadaan baterai. Jika baterai mengelembung, segera ganti baterai ponsel agar tak menambah kerusakan pada komponen lainnya.

5. Kondisi layar yang sedang panas

Layar touchscreen memiliki batas toleransi panas agar bekerja secara normal, biasanya di luar ponsel terasa agak panas, tetapi perangkat di dalam ponsel akan lebih panas. Hal ini juga yang terkadang menyebabkan terjadinya ghost touch pada ponsel android anda. Cara mengatasinya adalah dengan menghentikan pemakaian beberapa saat agar suhu kembali normal, atau cara lain yang sebenarnya tidak terlalu dianjurkan adalah dengan memasang spreader tambahan dari tembaga di bagian dalam casing hal tersebut untuk meredam panas.

6. Bugs pada Rom/software

Saat ponsel mengalami ghost touch karena disebabkan oleh bugs pada Rom atau software, maka cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri adalah dengan Upgrade romnya ke yang terbaru dan lebih stabil dan pastinya yang sesuai dengan smartphone sobat atau bisa juga dengan mencoba dulu factory data reset.

7. Cpu dan Ram bekerja secara berlebihan

Jika penyebab ghost touch pada ponsel anda karena Cpu dan Ram bekerja secara berlebihan, maka cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri yang tepat adalah dengan mengurangi multitasking, maksudnya jangan membuka aplikasi secara berlebihan di smartphone. Karena hal tersebut dapat membuat performa ponsel jadi tidak stabil dan mengakibatkan ghost touch.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "CARA MENGATASI LAYAR ANDROID YANG BERGERAK SENDIRI"

  1. jika masih gagal, coba jalur vcc ditambahin kapasitor ukuran 105 / 1000nf di dekat IC TS, dikabel Flexy-nya.

    dan ganti kapasitor lain yg ukuran faradnya lebih besar..

    ReplyDelete
  2. Mantap mas,, layar android saya juga gerak sendiri. Ternyata chargernya yang kurang cocok.

    ReplyDelete
  3. Jika layar android bermasalah minimal cek ke service center.

    ReplyDelete
  4. mending gw beli baru dah males mao bawa ke service center itupun hardwarenya yang bermasalah

    ReplyDelete
  5. Kemarin sempat jatuh touchscreennya retak tpi kondisi lcdnya tampilan masih baik,dicoba jg msh bisa cma dibagian retak aj susah dipencet,pas ganti touchsreen baru,justru jd aneh,ditekan lama gerak kmn kmn,pas ngetik jg kdg2 error sndiri,tanda kembali jg ditekan justru layar yg scrool... Apa ada kesalahan pas diservice ato apa ya.

    ReplyDelete