HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MEMILIH MEMORY CARD

Salah satu aksesoris penting dalam smartphone adalah Memory Card. Tak hanya kapasitasnya, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih memory card. Karena seiring dengan spesifikasi dan kemampuan smartphone ataupun gadget lainnya yang semakin meningkat, maka kebutuhan terhadap media penyimpanan seperti memory card pun secara otomatis akan meningkat. Hal ini juga berlaku terutama bagi mereka yang menggunakan smartphone dengan kapasitas internal memory yang kecil.

Mungkin dari fungsi sederhananya yaitu hanya sebagai media penyimpanan. Namun ternyata memory card juga dapat mempengaruhi kecepatan kinerja smartphone yang kamu punya. Jika memilih memory card yang kurang cocok dengan smartphone, maka bisa saja menurunkan kinerja dan membuat smartphone kamu menjadi lemot.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih memory card. Apa saja kira-kira? Mari simak ulasannya.

1. Ukuran fisik

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih memory card yang pertama adalah ukuran fisik dari memory card itu sendiri. Pada dasarnya memory card untuk smartphone ada dua jenis, yaitu mini SD yang berukuran 21,5×20 mm dan micro SD yang berukuran 11×20 mm. 

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli, ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu memory card jenis mana yang digunakan oleh smartphone kamu. Jangan memory card tersebut tidak sesuai dengan space yang tersedia di smartphone kamu. Sebaiknya belilah memory card yang dijual sepaket dengan adaptor SD card agar memudahkan kamu saat ingin men-transfer data ke perangkat lain seperti laptop.


2. Kapasitas penyimpanan data

Kapasitas penyimpanan data adalah hal yang perlu diperhatikan saat memilih memory card yang kedua. Jika dilihat dari spesifikasi dan kapasitas penyimpanan datanya, memory card untuk smartphone dibagi menjadi 3 jenis, yakni SD card (Secure Digital), SDHC (Secure Digital High Capacity) dan SDXC (Secure Digital Extended Capacity ). 

Penjelasannya adalah SD card merupakan jenis memory yang paling sering digunakan oleh para pengguna smartphone dan gadget lainnya. Didukung dengan format file FAT16, memory ini memiliki kapasitas penyimpanan data dari 32 MB hingga 2 GB.

Sedangkan untuk SDHC merupakan pengembangan dari SD card, dimana desainnya tetap sama, hanya saja kapasitas dan kecepatan kinerjanya yang berbeda. Menggunakan format file FAT32, SDHC memiliki kapasitas penyimpanan mulai dari 2 GB hingga 32 GB. 

Dan yang ketiga adalah SDXC yang merupakan jenis memory card terbaru yang memiliki kecepatan transfer dan kapasitas penyimpanan paling besar ini menggunakan format file ExFAT. Memory card ini sangat cocok untuk kamu yang gemar menyimpan banyak lagu, gambar dan menyimpan banyak aplikasi. Karena kapasitas penyimpanan datanya sendiri bisa mencapai 32 GB hingga 2 TB. Namun yang perlu diingat adalah tidak semua smartphone mendukung penggunaan SDXC ini.

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih memory card adalah jangan asal memilih memory card dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Karena kamu juga harus menyeimbangkan antara kebutuhan dan spesifikasi smartphone kamu. Karena jika spesifikasi smartphonenya rendah, penggunaan memory card dengan kapasitas besar justru akan membuat kecepatan kinerja smartphone kamu jadi menurun. Bahkan membuat smartphone menjadi lemot.

3. Kecepatan transfer data

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan saat memilih memory card adalah kecepatan transfer data. Saat memilih memory card, kamu juga harus memperhatikan label class yang menjadi penanda kecepatan baca dan tulisnya. Setiap jenis memory card pun memiliki kelas dan kecepatan yang berbeda-beda. 

Tingkat kecepatan memory card biasanya dikelompokkan dengan angka-angka, yang terdiri dari lima kelas yaitu Class 2, Class 4, Class 6, Class 8 dan Class 10. Class 2 memiliki kecepatan tulis minimum 2 MB/s atau kecepatan 13 kali, Class 4 memiliki kecepatan tulis minimum 4 MB/s dan kecepatan 26 kali, Class 6 memiliki kecepatan tulis minimum 6 MB/s atau kecepatan 30 kali, Class 8 memiliki kecepatan tulis minimum 8 MB/s atau kecepatan 40 kali, dan Class 10 memiliki kecepatan tulis minimum 10 MB/s atau kecepatan 66 kali.

4. Pilih merk berkualitas

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih memory card yang terakhir adalah sebisa mungkin pilihlah merk memory card yang berkualitas. Dimana-mana, merek dan harga memang dapat menjamin kualitas. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah brand-brand yang memang sudah terkenal di dunia memory card seperti SanDisk, Transcend, V-Gen dan sebagainya. 

Selain itu, merk yang berkualitas biasanya juga menyediakan garansi bagi memory card yang kamu beli. Namun yang perlu diingat adalah kamu harus jeli dalam memilih karena saat ini banyak memory card palsu yang beredar dan dilabeli dengan merek yang sudah terkenal. Salah satu tipsnya adalah jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Jika perbedaan harga sangat signifikasn, maka hati-hati dengan memory tersebut. Selain itu, pastikan juga kondisi memory card yang kamu beli, apakah masih bersegel dan kemasannya masih utuh atau tidak saat pertama kali membelinya.

Subscribe to receive free email updates: