CARA MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA TOUCHSCREEN YANG TIDAK BERFUNGSI

Pembahasan kita kali ini adalah tentang cara memberikan pertolongan pertama pada touchscreen yang tidak berfungsi. Layar merupakan salah satu hal utama yang harus berjalan dengan baik pada ponsel. Karena setiap aktivitas pada ponsel ini berpusat pada layarnya.

Maka jika bagian terpenting ini tidak bekerja dengan semestinya, tentu saja smartphone tidak akan bisa dioperasikan dengan baik seperti biasanya. Touchscreen memang sangat populer pada era gadget saat ini karena memang sangat simpel, praktis, dan lebih mudah digunakan.

Masalah yang sering muncul pada touchscreen adalah touchscreen mengalami respon yang lambat, terlalu sentitif, bahkan tidak menunjukkan respon sama sekali atau dengan kata lain tidak berfungsi. Masalah tersebut tentu saja disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk itu anda perlu mengetahui cara memberikan pertolongan pertama pada touchscreen yang tidak berfungsi. 

1. Restart Perangkat

Hal pertama yang bisa anda lakukan sebagai cara memberikan pertolongan pertama pada touchscreen yang tidak berfungsi adalah dengan melakukan restart pada perangkat. Tentu saja layar sentuh yang tidak berfungsi bisa saja terjadi karena ada sedikit masalah pada bagian dalam smartphone. Untuk itu, anda bisa menyegarkan kembali ponsel anda dengan mematikannya sejenak kemudian menyalakannya kembali. Jika memang dirasa perlu, lepas baterai pada perangkat selama beberapa menit agar ponsel anda beristirahat cukup lama.

2. Bersihkan RAM

Membersihkan RAM juga merupakan salah satu cara memberikan pertolongan pertama pada touchscreen yang tidak berfungsi. Karena RAM bisa menjadi salah satu faktor macetnya layar sentuh. RAM yang terlalu penuh tentu saja mengganggu kinerja smartphone sehingga tidak bisa berjalan seperti biasanya. 

Sebaiknya anda mengecek penggunaan RAM yang ada saat hal tersebut terjadi pada ponsel kesayangan anda. Selain itu hal yang bisa anda lakukan adalah memasang antivirus agar RAM tersebut terjaga dari serangan malware yang bisa merusak perangkat.

3. Kalibrasi Layar Perangkat

Cara memberikan pertolongan pertama pada touchscreen yang tidak berfungsi yang selanjutnya adalah dengan melakukan kalibrasi layar perangkat. Selain karena masalah hardware, layar sentuh yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh pengaturan layar tersebut yang memang tidak sesuai. Oleh karena itu anda bisa melakukan kalibrasi layar melalui menu pengaturan.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting


Hal berikutnya yang bisa anda lakukan sebagai cara memberikan pertolongan pertama pada touchscreen yang tidak berfungsi adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak penting. Karena jumlah aplikasi yang digunakan, juga berpengaruh pada kinerja layar sentuh perangkat. 

Saat ini para pengguna smartphone android dapat dengan bebas menginstal aplikasi yang tersedia di Play Store. Namun bebas bukan berarti anda bisa menginstall semuanya di ponsel anda. Karena sebaiknya anda harus membatasi jumlah aplikasi ini karena terlalu banyak aplikasi bisa membuat kinerja smartphone menjadi lelet dan menyebabkan error. Akan  lebih baik jika anda menyimpan aplikasi sesuai kebutuhan saja.

5. Cabut Memori Eksternal

Cara memberikan pertolongan pertama pada touchscreen yang tidak berfungsi yang kelima adalah menyabut memori eksternal. Karena tak hanya pada RAM, masalah juga bisa terletak pada memori eksternal yang digunakan. Tentu saja masalah ini akan terjadi jika memori terinfeksi oleh malware. Maka dari itu sebaiknya coba cabut memori eksternal anda dari ponsel dan bersihkan terlebih dahulu.

6. Bersihkan Layar

Cara memberikan pertolongan pertama pada touchscreen yang tidak berfungsi yang terakhir adalah dengan membersihkan layar ponsel anda. Karena permasalahan pada ponsel tak hanya terjadi karena software saja, bisa jadi memang layar anda bermasalah. Mungkin karena terkena debu atau kotoran lainnya.  Maka dari itu sebaiknya bersihkan layar smartphone anda dengan kain atau pembersih kacamata.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "CARA MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA TOUCHSCREEN YANG TIDAK BERFUNGSI"

  1. Ka kalo bagian bawah layar ga bisa di pencet knpa yah kek spasi gtu kadang juga mencet sendiri terus hp kembali sndiri hp ku samsung j2prime

    ReplyDelete