CARA MENGUBAH KAMERA SMARTPHONE MENJADI CCTV

Cara mengubah kamera smartphone menjadi CCTV adalah hal yang menarik untuk dibicarakan. Karena sebenarnya membicarakan kecanggihan dan fungsi smartphone memang tak akan ada habisnya. Berbagai macam hal bisa kita lakukan dengan menggunakan smartphone. Salah satunya adalah memanfaatkan kamera smartphone sebagai CCTV.

Salah satu sistem keamanan ini banyak diminati masyarakat untuk memantau keadaan di suatu tempat yang penting, salah satunya adalah rumah. Untuk menjadikan kamera smartphone sebagai kamera pengintai, smartphone yang dipakai bisa dari segala jenis OS Android mulai dari Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich serta KitKat dan lain sebagainya. 

Cara mengubah kamera smartphone menjadi CCTV sendiri adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Salah satu developer telah mengembangkan sebuah aplikasi yang mampu mengirim rekaman video pada sebuah PC/ laptop secara langsung. Aplikasi tersebut bernama IPCam, dimana dengan aplikasi tersebut anda bisa memantau rumah anda hanya dengan duduk didepan laptop/PC. 

Dan sebelum mengetahui langkah-langkahnya, berikut ini adalah hal yang harus anda siapkan : 
  • Anda harus memiliki koneksi Wifi. Hal ini merupakan Salah satu syarat yang harus dilengkapi. Koneksi Wifi yang dipakai adalah Wifi dengan kecepatan 1 Mbps yang stabil. Hal tersebut bertujuan agar tayangan rekaman tidak mengalami putus-putus.
  • Kemudian, untuk perangkat Android minimal harus OS 2.2 atau yang lebih tinggi. Selain itu alat yang juga diperlukan adalah PC/Laptop.
Jika semua hal diatas sudah tersedia, maka berikut ini adalah beberapa langkah-langkah yang bisa anda lakukan sebagai Cara mengubah kamera smartphone menjadi CCTV :
  1. Ambil dan Install aplikasi IPCam pada Google Play Store langsung di Android anda. 
  2. Jika aplikasi sudah siap, aktifkan Tethering Wifi Sharing di Hp Android.
  3. Kemudian Buka aplikasi IPCam. Pilih gambar kunci, apabila anda ingin memberikan akses keamanan dengan menambah Password & Username.
  4. Cara mengubah kamera smartphone menjadi CCTV yang selanjutnya adalah atur setting quality dan size untuk gambar video. Setting ini dapat menyesuaikan dengan settingan yang sesuai keinginan anda.
  5. Berikutnya, Tekan pada gambar “IP” di bawah.
  6. Pada bagian port, isikan port “8000”, lalu Save
  7. Kemudian  nyalakan kamera. Lihat pada tulisan IP Address dan Port.
  8. Cara mengubah kamera smartphone menjadi CCTV yang berikutnya yaitu buka browser mozzila atau chrome pada Laptop/ PC anda.
  9. Tuliskan IP Address dan Port yang tertera tadi pada alamat browser di PC/ Laptop. Contoh format penulisan: http://IPADDRESS:PORT/
  10. Jika berhasil, maka anda akan masuk pada sebuah halaman browser bertuliskan Happy Droids IPCam
  11. Nah disini akan disediakan berbagai macam pilihan untuk menampilkan video cctv anda. Sebagai saran sebaiknya pilih yang Recommended.
Nah itulah Cara mengubah kamera smartphone menjadi CCTV yang bisa anda coba. Perlu diketahui bahwa cara diatas adalah cara termudah yang bisa anda lakukan. Selamat mencoba ya dan semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGUBAH KAMERA SMARTPHONE MENJADI CCTV"

Post a Comment