FITUR ANDALAN SMARTPHONE ANDROID 2016

Setiap tahunnya masing-masing vendor pasti punya fitur andalannya. Nah persaingan membuat beberapa fitur andalan smartphone android 2016 ini mulai disematkan pada smartphone berkelas saat ini. Karena masing-masing fitur ini memiliki fungsi dan kecanggihannya masing-masing.

Dengan adanya beberapa fitur canggih ini tentunya smartphone tersebut akan semakin berkelas. Tak hanya vendor-vendor besar Apple, Samsung, LG, dan lain sebagainya yang mengusung fitur-fitur ini. Namun banyak vendor lain yang siap menggempur industri teknologi khususnya gadget dengan senjata-senjata andalannya.

Maka tak heran jika fitur andalan smartphone android 2016 ini menjadi hal yang paling banyak diburu oleh para pengguna smartphone. Penasaran apa saja fitur andalan tersebut? Yuk lihat penjelasannya dibawah ini.

1. Layar Force Touch


Fitur andalan smartphone android 2016 yang pertama adalah layar Force Touch. Saat ini banyak yang sudah mulai membicarakan fitur canggih ini. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya yang pertama kali mengusung fitur ini adalah Huawei. Akan tetapi saat itu fitur ini belum direspon oleh para pengguna smartphone. Barulah setelah Apple menggunakannya pada Apple Watch dan iPhone 6s series, fitur ini mulai diperhatikan.

Force Touch ini membuat layar smartphone bisa menerima dan membedakan seberapa keras tingkat sentuhan tangan. Misalnya, menyentuh layar secara pelan untuk membuka aplikasi pesan, lalu menyentuhnya agak keras untuk melihat preview isi pesan, dan menekan layar lebih keras untuk melihat keseluruhan isi pesan. Dengan demkian, kekuatan sentuhan akan menentukan aplikasi apa yang terbuka.

2. Sensor fingerprint


Fitur andalan smartphone android 2016 yang berikutnya adalah sensor Fingerprint. Nah fitur ini adalah fitur yang paling populer kini. Sudah banyak smartphone yang memanfaatkan fitur ini sebagai fitur keamanan andalan saat ini. Setelah berhasil menarik minat banyak pengguna android, fitur ini pun kini bukanlah menjadi fitur langka lagi. Bahkan sudah sangat banyak smartphone kelas menengah yang menyematkan fitur ini. Nah dengan  populernya sensor fingerprint ini, diharapkan bahwa fitur ini akan menjadi fitur standar yang harus ada pada setiap smartphone di tahun 2016 ini.

3. USB Type-C


Berikutnya ada USB Type-C. Kini beberapa smartphone seperti Xiaomi Mi 4c, ZUK Z1, Google Nexus 6P, hingga Microsoft Lumia 950 sudah mulai menggunakannya. Salah satu fitur andalan smartphone android 2016 ini disematkan, selain karena dirasa lebih praktis karena bisa dicolokkan secara terbalik, port USB Type-C ini juga memiliki kecepatan transfer data dan daya lebih tinggi dibanding port microUSB biasa. Dan smartphone yang menyertakan port USB Type-C ini mulai menjadi buruan para pecinta android.

4. Sensor iris


Tak hanya sensor sidik jari yang menjadi fitur andalan smartphone android 2016, namun juga sensor iris (retina mata). Dengan adanya sensor ini maka pengguna smartphone dapat membuka lockscreen hanya dengan menatap kamera depan atau sensor terpisah yang disediakan di smartphone.

Cara kerjanya adalah sensor atau pemindai iris akan langsung mencocokkan mata si penatap dengan iris yang sudah didaftarkan sebelumnya. Pada dasarnya, sensor iris punya cara kerja yang mirip dengan sensor fingerprint. Dan sepertinya sensor ini baru akan digunakan di beberapa merk smartphone tertentu saja.

Subscribe to receive free email updates: