MACAM-MACAM RESOLUSI LAYAR SMARTPHONE ANDROID

Ada banyak macam-macam resolusi layar smartphone Android yang bisa anda jumpai di beberapa layar smartphone disekeliling anda. Anda juga mungkin sudah mendengar istilah Qhd, hd, Full HD, dan lain sebagainya. Di era yang semakin berkembang ini, anda pasti tahu bahwa dunia smartphone semakin nunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Salah satunya dari sisi layar.

Jika dulu identik dengan smartphone yang berbentuk mini dengan layar yang kecil, kini smartphone didominasi dengan ukuran layar yang luas dan memungkinkan untuk menatap layar yang lebih jernih. Dari sisi layar pula yang kini mulai menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen sehingga tertarik untuk membelinya.

Macam-macam resolusi layar smartphone Android memang berkenaan langsung dengan ketajaman layar pada smartphone itu sendiri. Hal ini juga tak ayal menjadi salah satu bahan pertimbangan konsumen tak hanya dari sisi ukurannya semata. Namun juga ketajaman atau resolusi layar dari masing-masing layar pun sangat bervariasi, mulai dari HD, Full HD, dan bahkan ada yang sudah memiliki resolusi UHD.

Namun bagi anda yang belum mengerti atau masih awam dengan hal ini atau belum mengetahui soal perbedaan dari istilah pada resolusi layar yang digunakan, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Resolusi qHD

Macam-macam resolusi layar smartphone Android yang pertama adalah Resolusi qHD. Yang perlu anda ingat adalah huruf “q” pada “qHD” ini menggunakan huruf kecil yang bisa diartikan sebagai quarter (seperempat) dari resolusi Full HD. Ukuran resolusi layar dari qHD ini adalah 960 x 540 pixel dengan rasio layar 16:9 (memanjang). Ini adalah resolusi paling rendah saat ini.

2. Resolusi HD

Yang kedua adalah Resolusi HD. Resolusi ini lebih tinggi dari qHD, resolusi layar HD (High Definition) biasa disebut juga sebagai 720p. Ia memiliki ukuran 1280 x 720 pixel dengan rasio layar 16:9. Resolusi ini umumnya kini banyak digunakan untuk smartphone .

3. Resolusi WXGA

Macam-macam resolusi layar smartphone Android yang berikutnya adalah Resolusi WXGA. Resolusi ini sedikit lebih tinggi diatas HD. Akan tetapi seringkali juga dianggap setara dengan resolusi HD. Ukuran dari WXGA adalah 1366 x 768 pixel. Resolusi ini kini lebih banyak digunakan untuk perangkat tablet. Penamaan yang sama juga digunakan pada layar yang memiliki resolusi 1280 x 800 pixel.

4. Resolusi FHD

Resolusi FHD atau yang juga diartikan sebagai resolusi Full HD ini sering kali disebut sebagai 1080p. Ukurannya adalah 1920 x 1080 pixel. Resolusi FHD ini sangat cocok dengan perangkat smartphone dengan bentang layar antara 5 hingga 5.5 inch. Sehingga akan menghasilkan gambar yang sangat jernih.

5. Resolusi QHD

Resolusi QHD (dengan huruf “Q” besar) merupakan salah satu dari macam-macam resolusi layar smartphone Android. Resolusi QHD ini adalah kependekan dari Quad HD, yang berarti ia memiliki total pixel 4 kali lebih banyak dari total pixel yang dimiliki oleh resolusi HD. Ukuran yang dimilikinya adalah 2560 x 1440 pixel dengan rasio layar 16:9.

Resolusi ini juga sering disebut sebagai layar 2K atau WQHD (Wide Quad HD), tujuannya sebenarnya untuk menghindari kesalahan dalam mengartikannya sebagai qHD (dengan huruf “q” kecil). Resolusi QHD banyak digunakan oleh perangkat smartphone flagship masa kini.

6. Resolusi UHD

Macam-macam resolusi layar smartphone Android yang terakhir adalah Resolusi UHD. Resolusi ini merupakan resolusi tertajam yang pernah dimiliki oleh smartphone sampai saat ini. Resolusi ini pula yang digunakan oleh smartphone Sony Xperia Z5 Premium. 


Kepanjangan dari UHD ini sendiri adalah Ultra HD yang memiliki ukuran 3840 x 2160 pixel. Jumlahnya ini memiliki 4x lebih banyak dari total pixel yang dimiliki oleh resolusi Full HD, dan biasa disebut juga sebagai resolusi 4K. Dan jangan ditanya soal ketajaman dan kejernihannya, jawabannya pasti sangat tajam dan sangat jernih.

Nah bagaimana penjelasan mengenai macam-macam resolusi layar smartphone Android. Sudah jelas bukan?.  Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MACAM-MACAM RESOLUSI LAYAR SMARTPHONE ANDROID"

Post a Comment