JENIS-JENIS LAYAR YANG SERING DIGUNAKAN UNTUK SMARTPHONE

Ada berbagai jenis-jenis layar yang sering digunakan untuk smartphone. Karena memang saat ini jenis layar pada smartphone semakin beragam seiring dengan kemajuan teknologi. Karena memang seperti yang kita ketahui bahwa semakin canggih sebuah smartphone, maka akan semakin canggih pula jenis layar yang melengkapinya.

Mungkin anda sudah mendengar mengenai beberapa jenis layar pada smartphone. Jenis-jenis layar yang mungkin sering anda dengar dan sering anda jumpai dalam setiap spesifikasi sebuah smartphone adalah IPS LCD, AMOLED dan juga TFT. Namun tahukah anda mengenai perbedaan serta keunggulan dan kelebihan dari ketiga jenis layar tersebut?.

Dibawah ini adalah ulasan mengenai jenis-jenis layar yang sering digunakan untuk smartphone. Berikut penjelasannya.

1. Layar AMOLED

Jenis-jenis layar yang sering digunakan untuk smartphone yang pertama adalah jenis layar AMOLED. Jenis layar ini mungkin sudah familiar di telinga anda. Karena tak jarang smartphone yang mengusung layar ini di perankatnya. Nah sekarang apakah yang dimaksud dengan layar AMOLED.

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) adalah jenis layar yang menggunakan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode). Sedang OLED sendiri merupakan sebuah benda padat yang memiliki film yang sangat tipis yang mengandung molekul organik dan mampu menghasilkan cahaya apabila mendapat aliran listrik.

Teknologi OLED sendiri memiliki ketajaman layar yang tergolong tinggi namun memiliki daya yang tergolong rendah. Dengan AMOLED merupakan wujud transformasi dari OLED biasa yang mempu merubah setiap pixel secara langsung dan sangat efisien. Nah dibawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan layar AMOLED yang perlu anda ketahui.

Kelebihan Layar AMOLED
  • Memiliki kecerahan yang sangat tinggi.
  • Masih tetap terlihat jernih, meski digunakan saat berada dibawah sinar matahari langsung.
  • Mampu menghemat daya hingga 40%.
  • Teknologi AMOLED memiliki pengaturan warna RGB, sehingga hasil video serta foto tampak begitu stabil.
Kelemahan Layar AMOLED
  • Perangkat yang menggunakan jenis layar AMOLED pasti memiliki harga yang tergolong tinggi. Karena AMOLED merupakan jenis layar baru yang juga menggunakan teknologi baru.
Nah jika melihat berbagai keunggulannya tersebut, tak heran jika para produsen smartphone berlomba mengusung layar ini untuk digunakan pada teknologi terbaru mereka. Dan seperti yang sudah dikatakan tadi, jangan heran jika smartphone yang menggunakan layar ini dibanderol dengan harga yang tinggi.


2. Layar IPS LCD

Jenis-jenis layar yang sering digunakan untuk smartphone yang kedua adalah jenis layar IPS LCD. Jenis layar ini sering kali anda jumpai dalam berbagai smartphone kelas menengah atas. Mengenai layar IPS LCD ini sendiri, IPS (In Plane Swtiching) merupakan suatu panel teknologi LCD yang mampu menampilkan banyak perbedaan ketika dipandang mata secara normal.

Keunggulan layar dengan teknologi IPS ini sendiri menawarkan hasil gambar yang sangat bagus dan cocok untuk fotografi. Sedangkan untuk kelemahan dari layar yang menggunakan teknologi IPS LCD ini adalah konsumsi daya yang tergolong besar dan juga kecerahannya tidak bisa tampil sempurna. Maka tak heran jika layar ini banyak digunakan untuk smartphone kelas menengah keatas.

3. Layar TFT

Jenis-jenis layar yang sering digunakan untuk smartphone yang terakhir adalah layar TFT. Apa itu layar TFT?. TFT merupakan kepanjangan dari Thin Film Transistor yang merupakan jenis layar yang menggunakan teknologi LCD. Smartphone yang menggunakan layar ini mampu memberikan resolusi yang cukup baik dan lmampu menampilkan gambar yang mengusung berjuta warna pada smartphone. Layar dengan jenis TFT ini tergolong mahal dan juga mampu menyedot daya yang sangat besar.

Dengan demikian jelas sudah jika layar ini memiliki kelabihan dapat menampilkan layar yang tergolong tajam dan juga jenih serta mempu menerima respon sentuhan yang sangat cepat. Sedang untuk kekurangannya adalah smartphone anda akan boros baterai.

Itulah beberapa Jenis-jenis layar yang sering digunakan untuk smartphone. Bagaimana sudah paham kan sekarang? Semoga bermanfaat ya.

Subscribe to receive free email updates: