8 FITUR BAWAAN ANDROID YANG JARANG DIGUNAKAN

Jika membicarakan tentang fitur dalam smartphone android mungkin seakan tak ada habisnya. Namun tahukah anda jika ada 8 fitur bawaan Android yang jarang digunakan oleh pengguna. Seperti yang kita ketahui bahwa Android yang kini semakin canggih dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang juga semakin canggih.

Fitur-fitur ini tentunya memiliki fungsi yang baik untuk aktivitas pada smartphone anda. Karena berbagai fitur tersebut memang dirancang khusus untuk  membantu anda dalam mengoperasikan perangkat Android anda menjadi lebih mudah dan tepat guna. Biasanya Android juga menyertakan beberapa fitur bawaan yang langsung terdapat dalam smartphone.

Akan tetapi, dibalik fungsi dan manfaatnya tersebut, rupanya tak sedikit pula fitur yang disematkan di dalam smartphone Android itu jarang bahkan tidak pernah digunakan. Seperti 8 fitur bawaan Android yang jarang digunakan yang ada di bawah ini. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasannya berikut ini.

1. Multi User

Dalam Android ada yang namanya fitur Multi User. Fitur atau mode ini mulai bisa digunakan sejak diperkenalkannya Android Lollipop. Dengan menggunakan fitur ini pengguna Android dapat membuat mode khusus untuk pribadi dan untuk orang lain (guest mode). Dan nantinya semua aplikasi yang ada di mode pribadi tidak akan nampak di guest mode, begitu pula sebaliknya.

Sebenarnya fitur ini sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi pemilik smartphone untuk melindungi beberapa hal yang bersifat pivasi. Namun sayangnya fitur ini jarang digunakan oleh pengguna smartphone Android. 

2.  NFC

Salah satu dari 8 fitur bawaan Android yang jarang digunakan oleh pengguna adalah Near Field Communication (NFC). Fitur ini adalah metode transfer data yang intinya menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat pada jarak tertentu. Cara ini biasa digunakan untuk metode pembayaran di kartu kredit atau debit, serta kartu akses lainnya. Di smartphone NFC digunakan untuk transfer file dengan cepat, musik atau gambar. Hanya saja karena masih sedikit smartphone yang menggunakan NFC. Oleh karena itulah fitur ini menjadi jarang digunakan oleh para pengguna smartphone.

3. Enkripsi

Yang berikutnya adalah Enkripsi. Nah fitur ini adalah fitur yang mendukung keamanan pada smartphone Android. Walaupun fitur ini sangat bermanfaat untuk berjaga-jaga jika smartphone dicuri, namun pada kenyataannya saat enkripsi dilakukan ada beberapa kelemahan. Smartphone yang dienkripsi performanya menjadi berkurang atau bisa dikatakan menjadi lemot. Hal ini terjadi karena setiap proses pembacaan datanya harus menembus lapis enkripsi. Enkripsi Android hanya satu arah, jadi tidak bisa diubah jadi data normal lagi. Oleh adanya kelemahan itulah maka para pengguna smartphone Android menjadi jarang menggunakan fitur Enkripsi ini.

4. Live Wallpapaper

Live Wallpaper adalah salah satu dari 8 fitur bawaan Android yang jarang digunakan oleh pengguna Android. Fitur ini telah didukung oleh ROM AOSP atau ROM custom vendor. Dengan menggunakan fitur live wallpaper, tampilan Android anda akan terlihat lebih hidup dan tidak membosankan. Namun dibalik fungsinya yang menarik, ada sebuah kelemahan yaitu fitur ini akan cepat menguras baterai smartphone anda. Oleh karena itulah banyak orang yang malas menggunakan fitur ini.

5. Radio FM

Yang selanjutnya ada Radio FM. Pada eranya fitur ini sempat menjadi fitur andalan beberapa smartphone. Namun seiring dengan berjalannya waktu, fitur ini sepertinya sudah jarang digunakan oleh pengguna. Karena memang saat ini di eranya internet, banyak orang yang lebih memilih menggunakan layanan musik seperti JOOX atau Spotify. Namun memang bagi penyuka siaran radio mungkin masih mengguankan fitur ini sebagai hiburan.

6. Smart Lock

Salah satu dari 8 fitur bawaan Android yang jarang digunakan oleh pengguna adalah Smart Lock. Fitur ini berfungsi untuk menyesuaikan kapankah smartphone anda akan terkunci. Saat diaktifkan, anda bisa otomatis menon-aktifkan kunci smartphone saat di rumah, saat dekat dengan smartwatch, atau saat digenggam, bahkan hanya dengan mengucapkan "OK Google". Namun sayangnya saat ini fitur smart lock justru jarang digunakan oleh pengguna android. Karena mereka lebih memilih untuk meng-install aplikasi pengunci layar, seperti Hi Locker atau DroidLock. Padahal jika mau sedikit meluangkan waktu untuk mengaktifkan Smart Lock, anda akan jadi lebih mudah dan aman.

7. Face Unlock

Face Unlock adalah fitur menarik yang mulai bisa dinikmati oleh pengguna Android Kitkat. Akan tetapi di Android Lollipop, Face Unlock lebih dikenal sebagai Trusted Face, merangkap dengan Smart Lock. Dengan menggunakan fitur ini, maka smartphone anda akan dibuka hanya jika mengenali wajah anda saja. Namun banyak yang tidak menggunakan fitur ini sebab kelemahannya adalah fitur ini tidak efisien saat kondisi pencahayaan kurang memadai. Maka sering kali pengguna gagal menggunakannya saat cahaya yang ditangkap dirasa kurang.

8. Print

Print merupakan salah satu dari 8 fitur bawaan Android yang jarang digunakan. Sama seperti Smart Lock dan Multi user, Print juga merupakan fitur yang dibekalkan Google di Android Lollipop. Print memungkinkan anda untuk melihat dan mencetak dokumen langsung dari smartphone ke printer saat berada di jaringan WiFi yang sama. anda tidak perlu repot saat akan pindah dari smartphone ke komputer ketika ingin cetak dokumen PDF.

Namun mengapa fitur ini jarang digunakan? Penyebabnya adalah anda harus berada dalam jaringan yang sama saat menggunakannya. Maka dari itu saat ini orang lebih sering mengirimkan file lewat   e-mail saja.

Subscribe to receive free email updates: